Skip to main content

Permendikbud No. 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar

Permendikbud No. 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013.


Permendikbud No. 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Permendikbud No. 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar

Quotes today - "Sebuah perubahan selalu melahirkan pro dan kontra. Namun perubahan diperlukan untuk memenuhi kebutuhan. Tak terkecuali di bidang pendidikan. Dulu kita mengenal KTSP dan sekarang Kurikulum 2013. Adalah hal yang pasti bahwa di masa yang akan datang, perubahan pada sistem pendidikan di Indonesia juga akan mengalami perkembangan sesuai dengan kebutuhan. "

Kembali ke topik utama sesuai dengan judul artikel ini!

Permendikbud No. 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar ini terdiri dari 59 lampiran. Berikut ini isi dari Permendikbud No. 24 Tahun 2016 Tentang KI dan KD pada pembelajaran Kurikulum 2013.

PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TENTANG KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PELAJARAN PADA KURIKULUM 2013 PADA PENDIDIKAN DASAR DAN PENDIDIKAN MENENGAH.


BAB I
UMUM

Pasas 1
  1. Kurikulum 2013 pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah mencakup Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA), dan Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK).
  2. Kurikulum 2013 pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) terdiri atas:
      1. a. kerangka dasar kurikulum; dan 
        b. struktur kurikulum.
  3. Pelaksanaan pembelajaran pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) dilakukan dengan pendekatan pembelajaran tematik-terpadu, kecuali untuk mata pelajaran Matematika dan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) sebagai mata pelajaran yang berdiri sendiri untuk kelas IV, V, dan VI.
  4. Pelaksanaan pembelajaran pada Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA), dan Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK) dilakukan dengan pendekatan pembelajaran sebagai mata pelajaran yang berdiri sendiri.

BAB II KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

Pasal 2
  1. Kompetensi inti pada kurikulum 2013 merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap tingkat kelas.
  2. Kompetensi dasar merupakan kemampuan dan materi pembelajaran minimal yang harus dicapai peserta didik untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan mengacu pada kompetensi inti.
  3. Kompetensi inti sebagaimana dimaksud pada ayat (1) terdiri atas:
      1. a. kompetensi inti sikap spiritual;
        b. kompetensi inti sikap sosial;
        c. kompetensi inti pengetahuan;
        d. kompetensi inti keterampilan.
  4. Kompetensi dasar pada kurikulum 2013 berisi kemampuan dan materi pembelajaran untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti.
  5. Kompetensi inti dan kompetensi dasar digunakan sebagai dasar untuk perubahan buku teks pelajaran pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.
Selengkapnya bisa dilihat di file PDF di bawah ini!



Untuk lampiran 59 file Permendikbud No. 24 Tahun 2016 .PDF belum diupload. Saya melihat ada beberapa blog yang sudah melampirkannya. Silahkan dikunjungi saja dan download di blog yang sudah tersedia.

Lihat juga Pembelajaran Tematik Terpadu

Demikianlah Permendikbud No. 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 untuk Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah.

  November 30, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close