Skip to main content

Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli Dan Secara Umum

Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli Dan Secara Umum - Filsafat adalah salah satu mata kuliah umum yang pasti dipelajari di universitas. Mendengar kata filsafat pasti kita akan langsung membayangkan tentang para pemikir cerdas Yunani seperti Socrates, Plato dan Aristoteles serta filsuf-filsuf lainnya. Tapi apa sih yang dimaksud dengan filsafat?

Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli Dan Secara Umum
Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli Dan Secara Umum

Bukan hanya pengertian filsafat, tapi ada juga istilah-istilah lainnya yang tidak kalah populer seperti apa itu ontologi, epistomologi dan aksiologi dalam ilmu filsafat? Namun pada kesempatan ini, akan lebih baik kalau kita belajar tentang pengertian filsafat menurut para ahli dan secara umumnya saja sebagai bentuk pengenalan yang selanjutnya mengantarkan kita untuk lebih berpikir kritis. "Karena aku berpikir maka aku ada".

Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli


Apa itu filsafat? Agar lebih mudah dipahami, berikut beberapa pendapat para ahli tentang arti filsafat.

1. Menurut Aristoteles


Pengertian filsafat adalah kewajiban menyelidiki sebab dan asas segala benda.

2. Menurut Plato


Menurut Plato, arti filsafat adalah suatu ilmu yang mencoba untuk mencapai pengetahuan tentang kebenaran yang sebenarnya.

3. Menurut Imanuel Kant


Pengertian filsafat adalah ilmu pengetahuan yang menjadi pokok dan pangkal dari segala pengetahuan yang di dalamnya juga mencakup hal-hal seperti metafisika, etika, agama, dan antropologi.

4. Menurut Johan Gotlich Fickte


Filsafat adalah ilmu dari ilmu-ilmu yang menjadi dasar dari segala ilmu untuk mencari kebenaran dari kenyataan.

5. Menurut Cicero


Pengertian filsafat menurut Cicero adalah ibu dari semua seni dan merupakan seni kehidupan.

6. Menurut Rene Descartes


Definisi filsafat adalah kumpulan dari semua pengetahuan bahwa Tuhan, manusia dan alam menjadi pokok dari penyelidikan.

Banyak sekali pendapat para ahli dan filsuf yang mengemukakan tentang arti filsafat. Tapi saya hanya ambil beberapa pengertian saja dari para filsuf paling populer di telinga saya.

Pengertian Filsafat Secara Umum


Filsafat berasal dari bahasa Yunani, yakni "Philein" atau "Philia" yang artinya mencintai dan juga "Sophos" atau "Shopia" yang artinya kebijaksanaan. Dalam bahasa Latin "Philosophia", dalam bahasa Arab disebut "Falsafah" dan dalam bahasa Inggris "Philosophy".

Dengan demikian, secara epistomologi, kata filsafat "Philosophia" bisa diartikan sebagai cinta kebijaksanaan atau love of wisdom.

Secara umum, filsafat adalah ilmu yang berusaha mencari sebab yang sedalam-dalamnya atas sebagai sesuatu berdasarkan pemikiran. Filsafat adalah pandangan hidup seseorang atau sekelompok orang yang menjadi konsep dasar mengenai kehidupan yang dicita-citakan.

Sejarah filsafat dimulai ketika orang-orang sudah mulai berpikir tentang hakekat suatu pengetahuan. Thales dari Miletus adalah orang Yunani pertama yang mendapat gelar filsuf. Selain Thales, tentu filsuf Yunani yang mendunia dan pemikirannya banyak mempengaruhi ilmu pengetahuan saat ini adalah Socrates, Plato dan Aristoteles. Perkembangan filsafat Yunani juga mempengaruhi filsafat Barat dan filsafat Timur.

Belajar filsafat harus dilakukan dengan cara berpikir kritis dan mendalam untuk mengkaji suatu ilmu tentang eksistensi, pengetahuan, logika, nilai, dan bahasa.

Dalam mengkaji filsafat, tidak dilakukan dengan eksperimen tetapi dengan mengemukakan masalah yang tepat dan mencari solusi berdasarkan alasan yang tepat juga yang mengedepankan logika berpikir dan logika bahasa.

Sebagai informasi, ciri-ciri filsafat adalah bersifat universal, tidak faktual, berhubungan dengan nilai dan arti suatu pengetahuan.

Sampai di sini saja dulu, intinya pada artikel ini kita sudah tahu apa itu definisi filsafat menurut para ahli dan secara umum serta asal katanya.

Lihat juga Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Demikianlah tentang pengertian filsafat menurut para ahli dan secara umum. Semoga bermanfaat!

  November 15, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close