Skip to main content

Weakness Adalah

Pengertian Weakness Adalah


Weakness Adalah
Weakness Adalah

Apa itu weakness? Dalam bahasa Inggris, weakness artinya kelemahan atau kekurangan. Istilah weakness adalah salah satu istilah yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari dan merupakan salah satu bagian penting dari analisis SWOT.

Apa itu SWOT? SWOT adalah salah satu metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis perusahaan (id.wikipedia.org/wiki/Analisis_SWOT).

Analisis SWOT inilah yang menjadi pertimbangan sebuah perusahaan atau individu dalam melakukan riset seputar dunia bisnis tentang seberapa besar peluang suksesnya proyek yang akan dikerjakan.

Ada banyak faktor-faktor internal dan eksternal dalam analisis SWOT tapi tidak akan habis jika semuanya dibahas dalam materi weakness ini. Jadi, hari ini kita fokus pada bagian W-nya saja, yaitu weakness.

Contoh Weakness


Saat seseorang ingin berbisnis, baik seorang diri maupun kelompok, mereka dituntut untuk melakukan analisis SWOT diri sendiri. Kita akan mengambil salah satu contoh analisis SWOT dari segi weakness. Contohnya adalah kelemahan industri produk kerajinan. 

Secara umum, beberapa contoh weakness dalam bisnis produk kerajinan dan produk lainnya adalah keterbatasan sumber daya, bisa berupa SDM, informasi, fasilitas, finansial dan lain sebagainya. 

Contoh weakness produksi produk kerajinan adalah sumber daya manusia yang terbatas sehingga harus dilakukan pelatihan, informasi yang kurang mengenai target pasar, fasilitas yang tidak memadai dalam menciptakan kerajinan dan terbatasnya keuangan.

Selain itu, contoh weakness yang juga sangat mengganggu dan dapat menghambat kinerja adalah keterbatasan dalam kemampuan manajemen. Contoh weakness ini bukan hanya berlaku pada produk kerajinan tapi juga produk produk makanan, produk fashion, dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Weakness 


Analisis SWOT adalah sebuah  strategi yang dapat menjadi pedoman bagi individu dan perusahaan. Mereka yang mengetahui kemampuan dirinya sendiri melalui analisis SWOT dapat dengan mudah belajar dan memprediksi serta menghindari kegagalan di masa depan.

Analisis SWOT dari segi weakness ditujukan agar kelemahan-kelemahan yang ada bisa diatasi dengan baik. Dan yang perlu untuk diketahui adalah semakin banyak kelemahan semakin besar ancaman.

Karena itu, cara pertama dalam mengatasi weakness adalah dengan mengetahui weakness itu sendiri. Jika kita tahu kelemahan bisnis yang akan kita lakukan, tentu kita juga sudah bisa mempertimbangkan ancaman yang akan kita hadapinya nantinya.

Dan yang tidak kalah penting adalah cara meminimalisir weakness tersebut sehingga mengurangi ancaman yang ada. Dengan demikian, tujuan kita terhadap suatu hal bisa tercapai dengan mudah.

Analisis SWOT bagi sebuah perusahaan adalah hal yang mutlak dan harus dilakukan. Analisis SWOT tidak menjadi kesuksesan tapi dapat menjadi hitung-hitungan yang bermanfaat.

Weakness adalah kelemahan dan itu harus disingkirkan agar ancaman berkurang. Karena itu, mulailah dari mengenal weakness yang ada pada diri kita.

Lihat juga Berpikir Kreatif Adalah

  October 15, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close