Skip to main content

Segregasi Adalah

Apa itu Segregasi?


Pengertian segregasi Adalah - Apa itu segregasi? Segregasi adalah pemisahan kelompok ras atau etnis secara paksa dengan upaya membentuk pelembagaan diskriminasi dalam struktur sosial. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), segregasi adalah pemisahan (suatu golongan dari golongan lainnya); pengasingan; pengucilan.

Segregasi Adalah
Segregasi Adalah

Pengertian segregasi adalah pemisahan sebuah golongan tertentu dari golongan yang lain. Salah satu contoh segregasi yang paling sederhana adalah ada seorang guru yang pindah dari sebuah sekolah di kota dan lebih memilih mengajar di pedesaan terpencil. Cmiiw, karena contoh guru tersebut bisa jadi bukanlah segregasi karena pindah dari kota ke desa merupakan pilihannya, kecuali jika dipindahkan secara paksa karena pilihan politik yang salah :).

Segregasi telah melahirkan berbagai masalah kehidupan sosial di masyarakat. Contoh segregasi yang paling terkenal adalah praktik politik apartheid di Afrika Selatan yang membuat orang kulit hitam terusir.

Selain di Afrika, segregasi juga terjadi di Amerika Serikat dimana masyarakat kulit hitam jadi korban. Kasus-kasus segregasi tersebut telah melahirkan sejumlah tokoh pejuang HAM (Hak Asasi Manusia) seperti Nelson Mandela dan Martin Luther King.

Segregaso bisa terjadi kapan saja dan merupakan ancaman yang serius. Ada banyak contoh segregasi dalam kehidupan sehari hari yang berawal dari diskriminasi dan rasisme.

Karena itu, segregasi kehidupan sosial sebuah golongan ras dan etnis tidak boleh terjadi dan harus dicegah dengan selalu menanamkan nilai-nilai toleransi dalam kehidupan masyarakat majemuk.

Lihat juga Pengertian HAM (Hak Asasi Manusia)

  October 14, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close