Skip to main content

Perkembangan Pendidikan di Indonesia dan Tantangannya

Tantangan Pendidikan di Indonesia Era Globalisasi


Perkembangan pendidikan di Indonesia dari masa ke masa tentu telah melahirkan sebuah sistem pendidikan yang semakin baik dan berkualitas. Meskipun demikian, kita tidak bisa menutup mata terhadap tantangan pendidikan di era globalisasi yang semakin nyata ini.

Perkembangan Pendidikan di Indonesia dan Tantangannya
Perkembangan Pendidikan di Indonesia dan Tantangannya

Dari semua tantangan dunia pendidikan, setidaknya tantangan yang paling besar dan umum dihadapi dalam dunia pendidikan adalah masalah kurikulum dan fasilitas pendidikan.

Penetapan kurikulum masih menjadi pembahasan yang paling utama dan krusial dalam mencapai tujuan pembelajaran. Saat ini, pendidikan di Indonesia menggunakan Kurikulum 2013 yang mulai diterapkan 2014 secara perlahan di daerah-daerah di Indonesia.

Meskipun Kurikulum 2013 bisa dikatakan yang terbaik saat ini, tapi kita harus tetap belajar dari K13 untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Karena bukan tidak mungkin Kurikulum 2013 akan berubah jauh lebih cepat mengikuti kebutuhan dan perkembangan dunia.

Sementara masalah fasilitas sebagai penunjang berjalannya proses pembelajaran yang masih tidak merata membuat kesenjangan di dunia pendidikan. Hal ini ditandai dengan melekatnya predikat sekolah unggulan dan kurang unggulan di setiap daerah di Indonesia.

Namun saat ini, banyak kebijakan-kebijakan yang mulai diterapkan untuk memaksimalkan sistem pendidikan di Indonesia, terutama dalam penerapan kurikulum sesuai dengan kebutuhan akan pendidikan saat ini dan juga fasilitas pendukung.

Selain masalah kurikulum dan fasilitas belajar mengajar, yang menjadi tolak ukur utama dan jauh lebih penting adalah kualitas pendidik. Standar profesional guru harus menjadi perhatian serius dalam menerapkan sistem pendidikan yang mampu mendorong kemajuan bangsa ini, bukan hanya di masa depan tapi mulai saat ini.

Jika 3 hal ini, yakni penerapan kurikulum dan fasilitas belajar mengajar yang didukung oleh guru profesional yang berkualitas menjadi prioritas utama dunia pendidikan, maka perkembangan pendidikan di Indonesia kedepannya pasti akan jauh lebih maju dari yang sekarang.

Perkembangan pendidikan di Indonesia memiliki banyak tantangan terutama di era globalisasi ini. Salah satu yang paling nyata saat ini adalah perkembangan teknologi modern digital. Hadirnya internet dan smartphone memberikan kemudahan akses informasi bagi siswa, tapi juga bisa menjadi boomerang ketika teknologi modern tersebut hanya digunakan untuk hiburan seperti game dan media sosial.

Karena itu, penerapa kurikulum dan fasilitas pendidikan harus disinergikan dengan tantangan perkembangan pendidikan terkait kemajuan dan pemanfaatan teknologi. Bukan berarti membatasi penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan. Namun justru memanfaatkan teknologi modern untuk memajukan pendidikan.

Untuk mencapai hal tersebut, dibutuhkan guru yang berkualitas dan profesional dalam menerapkan proses belajar mengajar yang mampu memanfaatkan teknologi untuk kemajuan dunia pendidikan.

Lihat juga Pembelajaran Tematik

Dengan demikian, tantangan pendidikan di Indonesia era globalisasi bukan menjadi ancaman. Namun sebaliknya, menjadi kekuatan untuk menerapkan sistem pendidikan masa depan yang lebih baik.

  October 14, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close