Skip to main content

10 Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif - Penelitian sangat identik dengan para ahli, mahasiswa, siswa dan pakar. Sebagai mahasiswa sendiri, penelitian ditujukan sebagai laporan dalam penyusunan skripsi. Nah, dalam penelitian sendiri, ada yang disebut penelitian kualitatif dan kuantitatif.

10 Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif
10 Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Apa itu penelitian kualitatif dan kuantitatif serta perbedaannya? Baik penelitian kualitatif maupun kuantitatif, merupakan sama-sama sebuah metode penelitian. Namun banyak yang belum bisa membedakan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif. Tidak sedikit yang memandang penelitian kualitatif berkaitan dengan kata dan penelitian kuantitatif berkaitan dengan angka. Untuk itu, berikut penjelasan lebih lengkap terkait perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif.

Pengertian Penelitian Kualitatif


Penelitian kualitatif adalah suatu penelitian yang menggunakan pendekatan deduktif induktif yang berasal dari suatu kerangka teori, gagasan para ahli, maupun pemahaman dan pengalaman peneliti sendiri yang dikembangkan menjadi permasalahan beserta pemecahannya yang diajukan untuk mendapatkan pembenaran didukung data empiris di laporan.

Penelitian kualitatif bersifat realita yang berasal dari hubungan antara peneliti yang apa yang diteliti yang penekanannya pada proses dan makna yang tidak dikaji secara ketat atau dengan kata lain belum diukur secara pasti.

Secara sederhana, penelitian kualitatif adalah suatu metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yang tidak dapat diukur dengan angka yang biasanya digunakan untuk memperoleh pemahaman teoritis berupa pendapat dan alasan.

Pengertian Penelitian Kuantitaf


Penelitian kuantitatif adalah sebuah penelitian yang bertujuan untuk mengungkapkan gejala secara holisik dan konstektual melalui pengumpulan data dari latar alami dengan memanfaatkan diri peneliti sebagai instrumen kunci.

Secara sederhana, penelitian kuantitatif adalah suatu metode pengumpulan data yang diukur dengan angka dan persentase yang dapat diolah lebih lanjut menggunakan model, teori, dan rumus matematika dan hasilnya dapat diambil kesimpulan.

Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif


Penelitian kualitatif jelas berbeda dengan penelitian kuantitatif sehingga jenis data yang dihasilkan pun berbeda.

Menurut Williams (1988), ada 5 pandangan yang menjadi dasar perbedaan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif, yaitu:
  1. Bersifat realitas, pendekatan kuantitatif melihat realitas sebagai tunggal, konkrit, teramati, dan dapat difragmentasi. Sebaliknya pendekatan kualitatif melihat realitas ganda (majemuk), hasil konstruksi dalam pandangan holistik. Sehingga peneliti kuantitatif lebih spesifik, percaya langsung pada obyek generalis, meragukan dan mencari fenomena pada obyek yang realitas.
  2. Interaksi antara peneliti dengan obyek penelitiannya, pendekatan kuantitatif melihat sebagai independen, dualistik bahkan mekanistik. Sebaliknya pendekatan kualitatif melihat sebagai proses interaktif, tidak terpisahkan bahkan partisipasif.
  3. Posibilitas generalis, pendekatan kuantitatif bebas dari ikatan konteks dan waktu (nomothetic statements), sedangkan pendekatan kualitatif terikat dari ikatan konteks dan waktu (idiographic statements).
  4. Posibilitas kausal, pendekatan kuantitatif selalu memisahkan antara sebab riil temporal simultan yang mendahuluinya sebelum akhirnya melahirkan akibat-akibatnya. Sedangkan pendekatan kualitatif selalu mustahilkan usaha memisahkan sebab dengan akibat, apalagi secara simultan.
  5. Peranan nilai, pendekatan kuantitatif melihat segala sesuatu bebas nilai, obyektif dan harus seperti apa adanya. Sebaliknya pendekatan kualitatif melihat segala sesuatu tidak pernah bebas nilai, termasuk si peneliti yang subyektif.

10 Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif


Untuk lebih jelasnya, berikut ini 10 perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif:

1. Model desain penelitian


Desain penelitian kualitatif lebih bersifat umum (general) dan menyeluruh sehingga lebih fleksibel dan dinamis yang dalam proses pengembangannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Sedangkan penelitian kuantitatif lebih bersifat khusus, detail dan terperinci serta fokus pada desain awal yang sudah diuraikan sehingga bersifat statis.

2. Jenis Data


Penelitian kualitatif menghasilkan data dalam bentuk deskriptif hasil penggambaran dari fenomena atau fakta yang diteliti.

Sedangkan penelitian kuantitatif menghasilkan data yang berbentuk angka persentase atau statistik dimana data sudah dikelompokkan dalam kategori yang sudah ditentukan di awal penelitian.

3. Subjek Penelitian


Perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif selanjutnya adalah dari segi subjek penelitian.

Penelitian kualitatif mengangkat narasumber sebagai subjek penelitian karena metode yang digunakan berupa studi kasus melalui wawancara oleh peneliti.

Sedangkan penelitian kuantitatif menggunakan responden pertanyaan peneliti sebagai subjek penelitian karena metode yang digunakan berupa eksperimen dan survey.

4. Pengumpulan Data


Penelitian kualitatif berfokus pada sesuatu yang tidak dapat diukur kebenarannya karena sifatnya yang abu-abu sehingga peneliti harus menggali informasi dan data sedalam-dalamnya terkait fakta tersebut. Hal inilah yang menyebabkan penelitian kualitatif lebih mementingkan sumber informasi yang spesifik dari pada banyaknya informasi.

Sedangkan penelitian kuantitatif melakukan pengumpulan data dengan menggunakan serangkaian instrumen penelitian seperti tes/kusioner. Hasil data tersebut akan dikategorikan berdasarkan kriteria tertentu yang sudah ditetapkan sebelumnya. Karena itu, penelitian kuantitatif dipengaruhi oleh banyaknya responden yang terlibat.

5. Memandang Fakta atau Kebenaran


Hasil penelitian kualitatif memandang suatu kebenaran berdasarkan pandangan peneliti. Karena itu, interpretasi peneliti sangat menentukan hasil penelitian yang menggunakan pendekatan metode kualitatif.

Hal ini disebabkan oleh adanya hal-hal kompleks yang sulit dijelaskan dengan angka, contohnya perasaan manusia.

Sedangkan penelitian kuantitatif memandang kebenaran berdasarkan objek yang diteliti dimana berlaku ketentuan seorang peneliti harus bersifat netral sehingga apapun yang dihasilkan di lapangan adalah fakta yang harus disajikan.

Sederhananya, penelitian kuantitatif berangkat dari teori yang kemudian dibuktikan dengan data-data.

6. Representasi Data


Penelitian kualitatif akan menghasilkan laporan yang bersifat deskriptif karena merupakan hasil dari interpretasi atau pandangan peneliti terhadap fenomena yang telah ditelitinya.

Berbeda dengan penelitian kuantitatif yang hasil penelitiannya disajikan dalam bentuk perhitungan berupa angka dan persentase. Karena itulah, hasil penelitian kuantitatif memiliki tingkat kebasahan data yang validitasnya sudah terkonfirmasi sebagai fakta.

7. Metode Penelitian


Perbedaan kualitatif dan kuantitatif berikutnya adalah dari segi metode yang digunakan.

Penelitian kualitatif menggunakan metode fenomenologi (studi terhadap fenomena yang terjadi), etnografi (studi mengenai deskripsi bangsa-bangsa), studi kasus untuk menguji hipotesis, dan historis (studi untku merekonstruksi masa lalu secara sistematis dan obyektif), serta grounded theory.

Sedangkan metode penelitian kuantitatif menggunakan eskperimen, survei, korelasi, regresi dan analisis jalur.

8. Tujuan Penelitian


Inilah yang juga paling penting dalam melakukan sebuah penelitian. Terkadang kita sering salah menggunakan metode penelitian yang digunakan karena tidak tahu tujuan penelitian itu sendiri.

Penelitian kualitatif bertujuan untuk mencapai suatu pemahaman mengenai sebuah kasus secara mendalam sehingga dapat mengembangkan teori yang sudah ada dengan menyajikan fakta dari hasil penelitian dengan cara mendeskripsikan realitas dan kompleksitas global.

Sedangkan penelitian kuantitatif bertujuan untuk menjelaskan keterkaitan antar variabel yang diteliti dengan menguji suatu kebenaran teori yang kemudian disajikan dalam bentuk angka.

9. Analisis Data


Analisis data pada penelitian kualitatif berpatokan pada keadaan dan fenomena yang benar-benar terjadi selama proses penelitian. Penelitian kualitatif dimulai dari rumusan masalah sehingga interpretasi peneliti sangat mempengaruhi hasil akhir penelitian.

Sedangkan analisis data dalam penelitian kuantitatif dilakukan di akhir penelitian untuk menjawab hipotesis penelitian. Data kuantitatif yang berhasil dikumpulkan akan dianalisis melalui analisis statistika yang akan menghasilkan nilai mutlak sehingga kesimpulannya adalah menerima hipotesis atau menolak hipotesis.

10. Dampak Implikasi Hasil Riset


Hasil penelitian kualitatif memiliki dampak atau akibat yang terbatas pada fenomena atau situasi tertentu sehingga tidak bisa digeneralisasi dalam semua situasi.

Sedangkan hasil penelitian kuantitatif memiliki dampak berupa fakta atau teori yang berlaku secara umum (generalized) sehingga fakta penelitian tersebut berlaku dimanapun dan kapanpun.

Contoh Penelitian Data Kualitatif

  • Pendapat masyarakat tentang masalah pengangguran di Indonesia
  • Tingkat stres mahasiswa kedokteran
  • Pandangan masyarakat tentang kinerja pemerintahan daerah
  • Kepuasan pelanggan terhadap pelayanan ojek online

Contoh Penelitian Data Kuantitatif

  • Persentase tingkat pengangguran di Indonesia di tahun 2019
  • Tingkat kelulusan mahasiswa kedokteran
  • Banyaknya masyarakat yang puas terhadap kinerja pemerintah daerah
  • Banyaknya pelanggan yang puas terhadap pelayanan ojek online

Kesimpulan Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif


Secara sederhana, perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif adalah penelitan kualitatif digunakan untuk meneliti sebuah kebenaran atau fenomena. Sedangkan penelitian kuantitatif digunakan untuk membuktikan teori yang sudah ada.

Itulah 10 perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif yang penting diketahui sebelum memulai sebuah penelitian ilmiah seperti skripsi. Semoga bermanfaat!

Lihat juga Penelitian Kualitatif

Referensi

https://afidburhanuddin.wordpress.com/2013/09/24/perbedaan-penelitian-kualitatif-dan-kuantitatif/

  October 18, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close