Skip to main content

Pengertian Perspektif Global

Pengertian Perspektif Global - Saat masih SD (sekitar 9 tahun yang lalu), guru-guru saya selalu bilang bahwa kita harus bersiap menghadapi arus globalisasi, sebuah era yang menuntut semua individu untuk siap berkompetisi. bukan hanya dengan teman sekolah tapi juga orang dari seluruh dunia. Dan benar saja, saat ini Asean Economic Community (MEA) telah dimulai yang menandakan kompetisi global di negara-negara ASEAN sedang berlangsung.

Pengertian Perspektif Global
Pengertian Perspektif Global

Saat ini kita sudah ada di era globalisasi dimana setiap orang harus siap berkompetisi. Namun sebelum terjun ke lapangan, tentu kita harus tahu cara menghadapi globalisasi dulu. Salah satu caranya adalah dengan berpikiran global atau biasa disebut "perspektif global".

Pengertian Perspektif Global


Apa itu perspektif global? Perspektif global adalah cara pandang terhadap suatu kejadian dengan mengedepankan kepentingan global. Atau dengan kata lain, perspektif global adalah sebuah cara pandang secara menyeluruh dan mendunia.

Secara etimologi, perspektif global terdiri atas 2 kata, yaitu perspektif dan global. Perspektif bisa didefinisikan sebagai suduh pandang atau cara melihat dan global (berasal dari kata globe) yang artinya dunia. Dengan demikian, pengertian perspektif global bisa juga diartikan sebagai suatu cara pandang menyeluruh terhadap suatu kejadian atau masalah secara utuh dari berbagai aspek secara global.

Bagi kamu yang kuliah di fakultas pendidikan pasti tidak asing dengan istilah perspektif global ini. Perspektif global adalah salah satu mata kuliah dalam Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Tujuan dari mata kuliah ini adalah agar mahasiswa memahami konsep perspektif global yang dapat dimanfaatkan dalam metode pembelajaran.

Contoh perspektif global adalah masalah global warming. Sebagian orang yang berpikiran tertutup melihat masalah pemanasan global sebagai tanggung jawab suatu negara tertentu. Namun bagi mereka yang berpikiran global memiliki kesadaran bahwa isu dan masalah global warming menjadi tanggung jawab setiap manusia karena dampaknya bagi seluruh dunia.

Pentingnya Perspektif Global


Memahami konsep perspektif global memberikan banyak manfaat. Salah satunya adalah membuat seseorang memiliki wawasan yang lebih luas karena mampu berpikiran terbuka sehingga dapat melihat secara lebih utuh dan menyeluruh.

Di era industri 4.0, dimana globalisasi bukan lagi isu tapi benar-benar telah nyata membuka batas bahkan melunturkan batas-batas, maka sangat penting untuk berpikiran secara terbuka dengan perspektif global.

Cara sederhana untuk dapat melihat dari sudut pandang global adalah dengan mampu melihat dari berbagai arah atau sudut. Orang-orang yang mampu melihat suatu kejadian atau masalah dari berbagai sudut pandang akan dapat memahami secara utuh dan menarik kesimpulan dari suatu kejadian.

Jika tidak bisa melihat dari perspektif global, maka seseorang tidak akan siap berkompetisi sehingga akan jauh tertinggal.

Era globalisasi adalah sebuah era dimana seseorang tidak bisa lagi melihat hanya ke dalam dirinya tapi juga lingkungannya, bukan hanya sekitar tapi dunia secara umum. Arus globalisasi begitu cepat sehingga seseorang harus berubah dan terus berkembang. Mereka yang tidak siap berkompetisi dan berfokus pada dirinya sendiri akan jauh tertinggal dan pada akhirnya akan terlindas.

Oleh karena itu, sangat penting untuk dapat melihat dari perspektif global. Globalisasi itu pasti dan tidak bisa ditolak. Dan tak seorang pun dapat menghentikan globalisasi. Satu-satunya yang perlu dilakukan adalah mengikuti arus global sehingga tidak terlindas. Tidak ada cara lain selain berpikiran terbuka dan siap memandang dari berbagai arah, perspektif global.

Lihat juga Pengertian Segregasi Adalah

  October 15, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close