Skip to main content

Pengertian Model Pembelajaran

Pengertian Model Pembelajaran Menurut Para Ahli - Pernah dengar tentang model pembelajaran discovery learning? Yups! Model pembelajaran penemuan tersebut adalah salah satu dari berbagai macam model pembelajaran yang biasa diterapkan di kelas. Tapi apa sih sebenarnya maksud dan definisi dari model pembelajaran?

Pengertian Model Pembelajaran
Pengertian Model Pembelajaran

Ada berbagai pengertian model pembelajaran dan ada begitu banyak ahli yang mengemukakan pendapatnya. Namun hampir setiap ahli memiliki pandangan yang sama terkait pengertian model pembelajaran. Untuk lebih jelasnya tentang model pembelajaran, simak materi yang bisa jadi acuan jurnal berikut ini!

Pengertian Model Pembelajaran


Model pembelajaran adalah seluruh rangkaian penyajian materi ajar yang meliputi segala aspek sebelum, sedang dan sesudah pembelajaran yang dilakukan guru serta segala fasilitas yang terkait yang digunakan secara langsung atau tidak langsung dalam proses belajar mengajar (Wikipedia - Model Pembelajaran).

Amin Suyitno juga berpendapat bahwa model pembelajaran adalah suatu pola atau langkah-langkah pembelajaran tertentu yang diterapkan guru agar tujuan atau kompetensi dari hasil belajar yang diharapkan akan cepat dapat dicapai dengan lebih efektif dan efisien.

Sementara menurut Dahlan, model pembelajaran adalah suatu rencana atau pola yang digunakan dalam menyusun kurikulum, mengatur materi pengajaran dan memberi petunjuk pada pengajar di kelas dalam mengatur pengajaran atau lainnya. Setiap model mengajar yang dipilih haruslah mengungkapkan berbagai realitas yang sesuai dengan situasi kelas dan macam pandangan hidup, yang dihasilkan dari kerjasama guru dan murid.

Jadi, secara sederhana dapat didefinisikan bahwa model pembelajaran adalah sebuah rencana dan pola sistematis yang diterapkan dalam proses belajar mengajar dengan tujuan utama mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan kurikulum.

Dalam menerapkan model belajar yang baik dan tepat untuk peserta didik, guru harus mampu mengorganisasi bahan ajar sehingga lebih mudah dalam menerapkannya saat proses mengajar. Yang paling penting dari model pembelajaran adalah teknik penyajian materi, baik dengan metode pembelajaran ceramah, diskusi, dan sebagainya.

Selengkapnya bisa dilihat di Macam-macam Metode Pembelajaran

Fungsi Model Pembelajaran


Model pembelajaran berfungsi sebagai pedoman bagi guru dalam mengadakan proses belajar mengajar. Model pembelajaran menjadi konsep utama agar proses transfer pengetahuan dan mengembangkan pola pikir dapat terjadi.

Model pembelajaran dapat menentukan cara interaksi di dalam kelas, baik antar siswa maupun siswa dengan guru. Karena itu, penting juga untuk melakukan pendekatan pembelajaran sehingga lebih mudah dalam memilih model belajar mengajar yang cocok diterapkan pada peserta didik.

Tujuan model pembelajaran adalah agar target belajar tercapai, yaitu memahami materi dan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Ciri-ciri Model Pembelajaran


Model pembelajaran memiliki makna yang lebih luas daripada strategi, metode atau prosedur karena memiliki ciri-ciri:
  1. Rasional teoritik yang logis, disusun oleh para pencipta atau pengembangnya;
  2. Landasan pemikiran tentang apa dan bagaimana siswa belajar (tujuan pembelajaran yang akan dicapai);
  3. Tingkah laku mengajar yang diperlukan agar model tersebut dapat dilaksanakan dengan berhasil;
  4. Lingkungan belajar yang diperlukan agar tujuan pembelajaran itu dapat tercapai (Kadir dan Nur, 2009:0).

Cara Memilih Model Pembelajaran Yang Efektif


Ada begitu banyak model belajar yang efektif menurut pakar pendidikan tetapi tidak semua dapat diterapkan secara langsung. Kondisi dan ketersediaan fasilitas juga menjadi pertimbangan utama dalam memilih model pembelajaran yang cocok untuk siswa.

Contoh di paragraf awal di atas, yakni model discovery learning (pembelajaran penemuan) hanya salah satu dari sekian banyak model pembelajaran.

Silahkan lihat dalam macam-macam model pembelajaran

Di artikel tersebut terdapat jenis model pembelajaran yang dapat diterapkan di kelas dengan langkah-langkahnya dan berbagai kelebihan serta kekurangannya.

Metode pembelajaran seperti diskusi lebih banyak menarik minat belajar siswa daripada ceramah. Dan saat ini, yang lebih menarik adalah dengan menggunakan media-media pembelajaran kreatif yang relevan dengan materi pelajaran.

Guru memiliki peran sentral dalam memilih model pembelajaran yang efektif. Penerapan model pembelajaran harus dapat dilaksanakan secara kooperatif agar siswa dapat menikmati proses belajar mengajar sehingga tujuan pembelajaran lebih mudah dicapai.

Lihat juga Standar Profesionalisme Guru

Demikianlah materi tentang pengertian model pembelajaran. Semoga bermanfaat!
  October 04, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close