Skip to main content

Pengertian Penelitian Kuantitatif Dan Contoh Judul Skripsi

Penelitian Kuantitatif - Penelitian adalah suatu kegiatan atau usaha untuk menemukan, mengembangkan atau membuktikan suatu teori ilmu pengetahuan. Bagi mahasiswa yang baru memulai menyusun skripsi, pasti juga harus melakukan penelitian. Namun sebelum melakukan penelitian, ada dua metode penelitian yang harus dipahami, yaitu jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif.

Penelitian Kuantitatif
Penelitian Kuantitatif

Sebelumnya kita sudah membahas tentang perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Dalam artikel tersebut, sudah banyak dijelaskan tentang perbedaan kualitatif dan kuantitatif. Karena itulah, pada hari ini kita hanya akan fokus pada materi penelitian kuantitatif sebagai pelengkap.

Pengertian Penelitian Kuantitatif


Apa itu penelitian kuantitatif?

Penelitian kuantitatif adalah penelitian ilmiah yang sistematis terhadap bagian-bagian dan fenomena serta hubungan-hubungannya. Dari definisi tersebut, kita juga bisa mengetahui bahwa penelitian kuantitatif juga disebut sebagai penelitian ilmiah.

Tujuan penelitian kuantitatif adalah mengembangkan dan menggunakan model matematis, teori-teori dan hipotesis yang berkaitan dengan fenomena alam. Atau dengan kata lain, menentukan hubungan antara variabel dalam suatu populasi melalui suatu riset terstruktur dimana variabel dapat diidentifikasi dan diukur dengan alat-alat objektif dan baku.

Penelitian kuantitatif bersifat konfirmasi dan deduktif. Konfirmasi artinya penelitian kuantitatif digunakan untuk menguji hipotesis dari suatu teori yang sudah ada dan dikatakan deduktif karena penarikan kesimpulan dilakukan dari sesuatu yang bersifat umum ke sesuatu yang bersifat khusus.

Metode penelitian kuantitatif menitikberatkan proses penelitian pada pengukuran hasil objektif menggunakan analisis statistik data numerik. Karena itulah, metode penelitian kuantitatif lebih sistematis dan terencana, jelas dari awal hingga akhir penelitian.

Dari awal penelitian, peneliti telah merumuskan hipotesis yang berasal dari teori relevan yang sudah dipilih. Hasil akhirnya, hasil penelitian akan mendapatkan kesimpulan apakah akan menerima teori atau menolaknya.

Jika pada penelitian kualitatif lebih menekankan pada kedalaman informasi responden, maka pada penelitian kuantitatif lebih banyak melibatkan responden. Namun meskipun demikian, penelitian kuantitatif biasanya mengumpulkan data dari sampel bersifat representatif atau perwakilan yang diperoleh dari rumus, presentase, atau tabel populasi sampel.

Proses penelitian kuantitatif dilakukan secara terstruktur mulai dari penetapan variabel, pengumpulan data sampai penarikan kesimpulan. Hasil penelitian kuantitatif berupa angka atau tabel yang telah dianalisis secara statistik.

Definisi Penelitian Kuantitatif Menurut Para Ahli


Penelitian kuantitatif adalah pendekatan ilmiah yang memandang suatu realitas itu dapat diklasifikasikan kongkrit, teramati, dan terukur, hubungan variabelnya bersifat sebab akibat dimana data penelitiannya berupa angka-angka dan mengunakan analisis statistik (Sugiyono, 2008)

Penelitian kuantitatif adalah suatu proses menemukan pengetahuan yang menggunakan data berupa angka sebagai alat menganalisis keterangan mengenai apa yang ingin diketahui (Kasiram, 2008).

Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang melakukan pendekatan terhadap kajian empiris untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menampilkan data dalam bentuk numerik dari pada naratif (Robert Donmoyer dalam Given, 2008: 713).

Metode penelitian kuantitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu. Teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan (Sugiyono, 2012: 7).

Dari pengertian penelitian kuantitatif menurut para ahli, dapat disimpulkan bahwa penelitian kuantitatif menggunakan variabel yang dapat diukur sehingga menempatkan peneliti secara terpisah dengan objek yang diteliti. Hal ini berbeda dengan penelitian kualitatif dimana peneliti terlibat secara emosional dengan subjek penelitian.

Karakteristik Penelitian Kuantitatif


Adapun ciri-ciri penelitian kuantitatif adalah sebagai berikut.
  1. Proses penelitian kuantitatif bersifat statis dan mengikuti prosedur secara sistematis sesuai dengan rencana penelitian.
  2. Proses pengumpulan data menggunakan instrumen tertruktur seperti kusioner, survei atau polling.
  3. Hasil analisis terhadap sampel adalah representasi dari populasi.
  4. Penelitian kuantitatif menggunakan data numerik, angka atau statistik.
  5. Analisis data dilakukan setelah semua data terkumpul.
  6. Hasil penelitian berupa generalisasi dan prediksi, lepas dari konteks waktu dan situasi.
  7. Hasil akhir penelitian kuantitatif berupa klasifikasi, perhitungan, atau rekonstruksi model statistik untuk menjelaskan hasil penelitian.

Tahapan Penelitian Kuantitatif


Dalam melakukan penelitian kuantitatif, semua tahapan dan prosedur sudah ditetapkan sejak awal. Berikut ini adalah garis besar langkah-langkah penelitian kuantitatif.
  1. Identifikasi permasalahan.
  2. Melakukan studi literatur.
  3. Pengembangan kerangka konsep.
  4. Menentukan tujuan penelitian.
  5. Identifikasi dan definisi variabel, hipotesis.
  6. Mengajukan pertanyaan terkait penelitian.
  7. Pengembangan desain penelitian.
  8. Teknik sampling.
  9. Pengumpulan dan kuantifikasi data.
  10. Analisis data yang telah terkumpul.
  11. Interpretasi dan komunikasi hasil penelitian.
Setelah melakukan pengujian hipotesis, kita sampai pada hasil penelitian kuantitatif, yaitu penolakan atau penerimaan teori.

Contoh Judul Penelitian Kuantitatif


Berikut ini kumpulan contoh judul penelitian kuantitatif skripsi pendidikan.
  1. Hubungan Antara Minat Baca Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Kelas V
  2. bungan Antara Kemampuan Berbicara Dengan Hasil Belajar Siswa SD Kelas V Se Kecamatan…
  3. Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Guru Dengan Minat Belajar Siswa SD Kelas V Se Kecamatan…
  4. Hubungan Antara Media Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Siswa SD Kelas V Se Kecamatan…
  5. Hubungan Antara Manajemen Berbasis Sekolah Dengan Hasil Belajar Siswa SD Kelas V Se Kecamatan…
  6. Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dan Intelegensi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah
  7. Korelasi Antara Model Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Siswa SD Kelas V Se Kecamatan…
  8. Korelasi Antara Metode Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Siswa SD Kelas V Se Kecamatan…
  9. Korelasi Antara Lingkungan Belajar Anak Dengan Hasil Belajar Siswa SD Kelas V Se Kecamatan…
  10. Pengaruh Kurikulum, Media Pendidikan, Dan Kualitas Guru Terhadap Kualitas SDm Yang Dihasilkan Suatu Sekolah Di Kabupaten…
  11. Pengaruh Kompetensi Guru Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Kelas V Se Kecamatan…
  12. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Kelas V Se-Kecamatan…
  13. Pengaruh IQ Dan Kualitas Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Kelas V Se Kecamatan…
Lihat juga Penelitian Kuantitatif

Demikianlah sedikit materi tentang pengertian penelitian kuantitatif dan contohnya. Semoga bermanfaat!

  October 19, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close