Skip to main content

Pengertian Penelitian Kualitatif Dan Prosedurnya

Definisi Penelitian Kualitatif


Apa itu penelitian kualitatif? Penelitian kualitatif adalah penelitian yang memberikan penjelasan terkait suatu fenomena atau pun menemukan dan merekontruksi suatu teori terkait fenomena yang diteliti secara mendalam tentang suatu permasalahan.

Penelitian Kualitatif

Penelitian kualitatif adalah penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dan lebih menonjolkan proses dan makna.

Tujuan penelitian kualitatif adalah untuk menjelaskan suatu fenomena atau kejadian secara mendalam dan detail.

Pengertian Penelitian Kualitatif Menurut Ahli


Untuk lebih memahami tentang penelitian kualitatif, berikut beberapa penjelasan ahli terkait definisi penelitian kualitatif.

Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang digunakan untuk menyelidiki, menemukan, menggambarkan, dan menjelaskan kualitas atau keistimewaan dari pengaruh social yang tidak dapat dijelaskan, diukur atau digambarkan melalui pendekatan kuantitatif (Saryono, 2010).

Penelitian kualitatif adalah penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek alamiah, dimana peneliti merupakan instrumen kunci (Sugiyono, 2005).

Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dll secara holistic, dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah (Moleong, 2005).

Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif


Ada penelitian kualitatif dan ada juga penelitian kuantitatif.

Nah, apa sih perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif?

Salah satu perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif yang paling mendasar adalah penelitian kualitatif dimulai dari data dan teori yang sudah ada sebagai penjelas untuk menemukan teori baru atau mengembangkan teori. Sedangkan penelitian kuantitatif berangkat dari teori menuju data untuk membuktikan kebenaran suatu teori yang berakhir pada penerimaan atau penolakan teori yang digunakan.

Selain itu, penelitian kualitatif juga lebih terbatas dalam meneliti objek. Hasil penelitian kualitatif sangat dipengaruhi oleh kedalaman analisis dari peneliti sendiri.

Dalam penelitian kualitatif juga, objek yang diteliti tidak tergantung pada kuantitas objek tapi pada kedalaman kualitas informasi yang diberikan oleh objek penelitian.

Selengkapnya di perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif

Karakteristik Penelitian Kualitatif


Adapun ciri-ciri atau karakteristik penelitian kualitatif adalah sebagai berikut.
  1. Sumber data diperoleh dari lingkungan alamiah.
  2. Rancangan penelitian bersifat fleksibel dan dinamis artinya rancangan bisa berkembang selama proses penelitian.
  3. Sifat penelitian yang bersifat deskriptif dan analisis.
  4. Lebih menitikberatkan pada proses dibandingkan hasil.
  5. Bersifat induktif, yaitu empiris rasional yang menghasilkan teori dasar dari data dan bukan merupakan hipotesis seperti pada penelitian kuantitatif.

Jenis-jenis Penelitian Kualitatif


1. Etnografi


Jenis penelitian kualitatif etnografi menggunakan study yang sangat mendalam terkait perilaku yang terjadi secara alami di sebuah budaya atau kelompok sosial tertentu untuk memahami sudut pandang pelakunya.

Jenis ini juga disebut sebagai penelitian lapangan karena dilakukan di lapangan dengan latar alamiah. Contoh penelitian etnografi adalah penelitian tentang pendidikan di sekolah-sekolah pinggiran dan lainnya.

2. Studi Kasus


Studi kasus adalah penelitian kualitatif yang meneliti individu, kelompok tertentu, suatu program, dan sebagainya secara mendalam dalam waktu tertentu. Dalam studi kasus, peneliti mengamati perilaku atau fenomena suatu kejadian secara berkala.

3. Studi Literatur


Studi literatur adalah sebuah studi terhadap bahan tertulis untuk dikaji dengan menitikberatkan pada analisis dan interpretasi sumber. Karena itu, penting bagi peneliti untuk menggunakan sumber data yang memiliki kredibilitas yang tinggi.

4. Observasi Alamiah


Observasi alamiah adalah penelitian kualitatif yang melakukan observasi secara menyeluruh terhadap suatu latar tanpa mengubahnya. Dalam proses penelitian, peneliti menggunakan instrumen tersembunyi untuk mengamati obyek yang diteliti dan sama sekali tidak diketahui oleh obyek.

Jenis penelitian kualitatif lainnya adalah wawancara terpusat, fenomenologi, grounded theory dan historical research.

Fenomenologi adalah penelitian yang mendalam melalui wawancara terhadap obyek penelitian dengan memperhatikan fokus fenomena yang diteliti dengan melihat aspek subyektif dari perilaku obyek.

Metode penelitian kualitatif yang paling umum adalah wawancara dan observasi.

Langkah-langkah Penelitian Kualitatif


Prosedur atau tahapan penelitian kualitatif secara garis besar adalah:
  1. Merumuskan masalah sebagai fokus penelitian.
  2. Mengumpulkan data di lapangan menggunakan metode penelitian kualitatif wawancara dan observasi.
  3. Menganalisis data yang telah diperoleh.
  4. Merumuskan hasil studi.
  5. Menyusun rekomendasi untuk pengambilan keputusan.

Kesimpulan Tentang Penelitian Kualitatif


Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bertujuan untuk memahami, mencari makna, menemukan kebenaran secara logis berdasarkan data-data yang dianalisis yang diperoleh dari obyek yang diteliti.

Obyek yang diteliti bukan berdasarkan kuantitas tapi berdasarkan kualitas dan kedalaman informasi yang diberikan oleh obyek penelitian. Dan perspektif partisipan sangat diutamakan dan dihargai oleh peneliti.

Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian kualitatif berupa deskripsi dan interpretasi yang sangat dipengaruhi oleh kedalaman analisis dan sudut pandang peneliti.

Yang tidak kalah penting dalam penelitian kualitatif adalah kode etik penelitian. Dalam penelitian kualitatif, identitas informan atau objek yang diteliti dapat dibuka atau tertutup sesuai dengan kesepakatan antara peneliti dan informan.

Lihat juga Pembelajaran Tematik

Demikianlah sedikit materi tentang penelitian kualitatif. Semoga bermanfaat dan bisa membantu dalam proses penyusunan makalah ataupun skripsi penelitian kualitatif!

  October 19, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close