Skip to main content

Opportunities Adalah

Apa itu Opportunities?


Dalam bahasa Indonesia, opportunity atau opportunities memiliki arti kesempatan atau peluang. Opportunities adalah salah satu unsur pembentuk analisis SWOT, yaitu sebuah teknik manajemen perencanaan dalam suatu usaha atau bisnis.

Opportunities Adalah
Opportunities Adalah

Secara umum, analisis SWOT merupakan metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weakness), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis.

Analisis SWOT pertama kali diperkenalkan oleh Albert Humphrey yang memimpin proyek riset di Stanford University pada sekitar tahun 1960-an dan 1970-an dengan menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.

Opportunities Adalah


Seperti penjelasan di atas, analisis SWOT adalah suat cara identifikasi berbagai faktor internal dan eksternal secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan dalam mencapai suatu tujuan. Sementara opportunities adalah salah satu dari 4 unsur yang harus dianalisis jika menggunakan metode SWOT.

Maksud opportunity dalam analisis SWOT sendiri adalah kesempatan yang dapat dijadikan sebagai peluang yang menguntungkan.

Opportunity dalam kewirausahaan atau suatu perusahaan adalah hal yang sangat penting. Banyak usaha dan perusahaan (startup) lahir dan bertahan karena mereka bisa melihat peluang yang ada.

Selanjutnya, bagaimana bisa melihat peluang atau opportunities itu sendiri?

Untuk dapat melihat dan memanfaatkan peluang, maka sebuah perusahaan atau seorang pengusaha harus memulai dari melihat kebutuhan konsumen. Kebutuhan konsumen menjadi faktor yang paling utama dalam melihat ukuran sebuah peluang.

Setelah kita tahu opportunities-nya, tiba saatnya untuk menganalisis ukuran peluangnya. Pesaing yang masih rendah bukan berarti peluangnya besar. Bisa jadi karena kurang diminati maka persaingan juga rendah. Karena itu, ada baiknya kita memperhatikan pertumbuhan pasar.

Jangan juga karena faktor banyaknya pesaing maka kita sebut itu sebagai opprotunities yang pantas untuk digarap. Bisa jadi itu menjadi misi impossible jika kita tidak memiliki kekuatan untuk berkompetisi di dalamnya.

Jika memang peluang usaha tersebut cukup terbuka dari segi opportunities dalam analisa SWOT, maka saatnya untuk melihat strengths dan weakness diri sendiri. Caranya adalah dengan memahami kekuatan dan kelemahan diri sendiri dengan mengamati pesaing-pesaing yang ada. Contohnya adalah melihat kekuatan diri sendiri dari kemampuan melakukan produksi, fasilitas, dan finansial sehingga juga muncul weakness yang menjadi ancaman saat mengambil opportunities tersebut.

Namun sebelum sampai ke tahap analisis SWOT yang lebih dalam, tentu kita harus memulainya dari mencari peluang yang cukup menjanjikan untuk digarap.

Berikut ini beberapa tips menemukan opportunities yang bisa menjadi pedoman dalam menemukan peluang usaha.
  • Kebutuhan konsumen akan peluang
  • Pertumbuhan pasar.
  • Tingkat persaingan usaha. Semakin banyak pesaing semakin besar target pasar tapi bukan berarti ada peluang untuk masuk ke dalamnya. Karena itu, gunakan ukuran analisis SWOT untuk mengevaluasi sebaik-baiknya.
  • Inovasi-inovasi baru yang bisa dilakukan dari sebuah produk atau layanan yang sudah ada.
Dalam dunia wirausaha, kemampuan melihat dan menciptakan peluang adalah hal yang mutlak. Namun tanpa kerja, maka peluang tersebut sama sekali tidak berguna.

"Kalau bukan kita siapa lagi" merupakan filosofi kuno yang tidak boleh menjadi acuan dalam memulai sebuah usaha. Kalau bukan kita masih banyak orang di luar sana yang siap mengambil dan menciptakan peluang. Karena itu, teruslah bergerak saat ini juga.

Lihat juga Kepanjangan SWOT

Itulah sedikit pengertian opportunies dalam analisis SWOT dan tips melihat peluang. Semoga bermanfaat!

  October 16, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close