Skip to main content

Model Pembelajaran Example Non Example

Model Pembelajaran Example Non Example - Masih banyak guru yang menggunakan metode pembelajaran konvensional seperti ceramah dan tanya jawab. Tentu teknik pembelajaran seperti itu tidaklah salah. Tapi ada baiknya, guru lebih kreatif dan inovatif dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Salah satunya dengan berkreasi menggunakan model-model pembelajaran seperti contohnya example non example yang akan kita bahas hari ini.

Model Pembelajaran Example Non Example
Model Pembelajaran Example Non Example

Model example non example adalah salah satu model pembelajaran aktif yang dapat mendorong siswa untuk berpikir kritis untuk memecahkan suatu masalah. Model pembelajaran example non example adalah model pembelajaran yang menggunakan gambar, diagram, atau tabel sebagai media pembelajaran. Untuk lebih jelasnya, simak materi tentang model pembelajaran example non example berikut ini.

Pengertian Model Pembelajaran Example Non Example


Apa itu model pembelajaran example non example?

Untuk dapat memahami model pembelajaran ini, mari kita simak pendapat para ahli tentang model pembelajaran example non example:

Examples non examples merupakan model pembelajaran dengan mempersiapkan gambar, diagram, atau tabel sesuai materi bahan ajar dan kompetensi, sajian gambar ditempel atau memakai LCD/OHP, dengan petunjuk guru siswa mencermati sajian, diskusi kelompok tentang sajian gambar tadi, presentasi hasil kelompok, bimbingan penyimpulan, evaluasi, dan refleksi (Roestiyah, 2001: 73).

Model Examples Non Examples merupakan salah satu pendekatan group investigation dalam pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan meningkatkan perolehan hasil akademik. Tipe pembelajaran ini dimaksudkan sebagai alternatif terhadap model pembelajaran kelas tradisional dan menghendaki siswa saling membantu dalam kelompok kecil dan lebih dicirikan oleh penghargaan kooperatif daripada individu (Hamdani, 2011 : 3).

Examples non Examples merupakan model pembelajaran dengan mempersiapkan gambar, diagram atau table sesuai materi bahan ajar dan kompetensi. Sajian gambar ditempel atau memakai OHP, dengan petunjuk guru siswa mencermati gambar, lalu diskusi kelompok tentang sajian gambar tadi, persentasi hasil kelompok, bimbingan penyimpulan, evaluasi, dan refleksi (Suyatno, 2009 : 73)

Dari beberapa pendapat di atas, secara sederhana dapat dikatakan bahwa model pembelajaran example non example adalah sebuah teknik pembelajaran yang menyajikan materi dengan menggunakan contoh-contoh yang relevan dengan tujuan pembelajaran dengan media pemebelajaran seperti gambar, diagram, tabel dan lain sebagainya.

Langkah-langkah Model Pembelajaran Example Non Example


Langkah-langkah penerapan model pembelajaran example non example menurut (Agus Suprijono, 2009 : 125), yaitu:
  1. Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran. Dalam pembelajaran menulis puisi, guru mempersiapkan gambar yang sesuai dengan contoh puisi yang diberikan guru.
  2. Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan lewat OHP (Overhead Projector), usahakan gambar yang ditempel berukuran besar sehingga siswa yang duduk di belakang juga dapat melihat dengan jelas.
  3. Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan kepada siswa untuk memperhatikan/ menganalisis gambar, dalam tahap ini guru juga menjelaskan sedikit tentang materi pembelajaran.
  4. Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisis gambar tersebut dicatat pada kertas, dalam hal ini siswa berkelompok dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru kemudian menuliskan hasil pekerjaannya.
  5. Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya, perwakilan dari setiap kelompok maju dan membacakan hasil pekerjaannya di depan kelas.
  6. Mulai dari komentar/ hasil diskusi siswa, guru menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai.
  7. Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah dilakukan.

Kelebihan dan Kekurangan Model Pembelajaran Example Non Example


Setiap model pembelajaran memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tidak terkecuali model pembelajaran example non example yang dalam penerapannya juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus dipahami guru sehingga proses pembelajaran tetap dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan berdasarkan kurikulum.

Kelebihan model pembelajaran example non example:
  1. Siswa lebih berpikir kritis dalam menganalisa contoh kasus yang diberikan.
  2. Siswa mendapat lebih banyak kesempatan untuk mengeksplorasi karakteristik dari sebuah konsep.
  3. Siswa lebih mudah memahami cara pengaplikasian materi dengan media pembelajaran berupa contoh-contoh yang lebih relevan dengan masalah yang sesungguhnya.
Kelebihan model pembelajaran example non example:
  1. Tidak semua materi cocok untuk disajikan dengan media pembelajaran gambar.
  2. Memerlukan waktu yang lebih lama dalam menyiapkan bahan dan materi untuk proses pembelajaran.
  3. Dibutuhkan kreatifitas guru dalam menggunakan contoh-contoh yang relevan agar tetap menarik dan mencapai tujuan pembelajaran.
Daftar Pustaka

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Relajar.

Lihat juga Model Pembelajaran Tematik Terpadu

Demikianlah langkah-langkah model pembelajaran example non example. Semoga bermanfaat!
  October 07, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close