Skip to main content

Macam-macam Metode Pembelajaran Terbaru

Apa itu metode pembelajaran? Pengertian metode pembelajaran (learning methods) adalah suatu teknik yang digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik. Juga menurut beberapa ahli, pengertian metode pembelajaran adalah suatu strategi dalam proses pembelajaran yang digunakan oleh pendidik untuk menyampaikan materi secara sistematis untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Macam-macam Metode Pembelajaran Terbaru
Macam-macam Metode Pembelajaran Terbaru

Mungkin selama ini kita lebih sering belajar dengan metode ceramah dan diskusi. Ternyata ada banyak sekali jenis metode pembelajaran. Di sini akan dijelaskan 13+ macam metode pembelajaran terbaru yang dapat diterapkan di sekolah. Tapi sebelumnya, mari kita mulai dari pengenalan pengertian strategi pembelajaran dan metode pembelajaran yang umum digunakan.

Metode Pembelajaran Menurut Para Ahli


Agar lebih jelas, berikut beberapa pendapat para ahli tentang maksud dari metode pembelajaran.

Menurut Abdurrahman Ginting, pengertian metode pembelajaran adalah cara atau pola khas dalam memanfaatkan berbagai prinsip dasar pendidikan serta berbagai teknik dan sumber daya terkait lainnya supaya terjadi proses pembelajaran pada diri siswa.

Ahli lain yang mengemukakan pendapat tentang pengertian metode pembelajaran adalah Hasby Ashydiqih yang mengemukakan bahwa metode pembelajaran adalah seperangkat cara yang dilakukan guna mencapai tujuan tertentu dalam proses pembelajaran.

Macam-macam Metode Pembelajaran


Setelah mengetahui pendekatan pembelajaran yang harus dilakukan, maka guru juga harus memahami tentang metode pembelajaran yang sebaiknya diterapkan. Biasanya metode pembelajaran ini juga yang akan menentukan arah model pembelajaran dalam proses belajar mengajar.

Untuk itu, berikut dijelaskan macam-macam metode pembelajaran adalah sebagai berikut.

1. Metode Ceramah (Preaching Method)


Metode ceramah adalah sebuah metode mengajar dengan menyampaikan informasi dan pengetahuan secara lisan kepada peserta didik yang terjadi secara pasif. Metode pembelajaran ceramah termasuk model yang paling tradisional namun sangat praktis dilakukan oleh guru dalam mengajar.

Kelebihan dari metode ceramah adalah lebih mudah dilaksanakan dan guru lebih menguasai kelas. Selain itu, materi yang disampaikan juga akan lebih banyak dan tidak dipengaruhi oleh sedikit banyaknya peserta didik.

Namun kekurangan dari metode pembelajaran ceramah adalah membuat siswa menjadi pasif. Bukan hanya itu, metode ceramah juga sering membosankan terlebih jika pendidik tidak terlalu menguasai bahan ajaran dan juga informasi yang disampaikan cenderung bukan informasi baru.

2. Metode Diskusi (Discussion Method)


Dibandingkan dengan metode ceramah, metode diskusi jauh lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami konsep dan pemecahan masalah. Dalam metode diskusi, peserta didik juga akan jauh lebih aktif dalam dapat bertukar informasi dan menyampaikan pikiran secara kritis.

Namun ada beberapa kelemahan dari metode diskusi, yaitu seperti tidak cocok diterapkan dalam kelompok belajar yang besar dan umumnya diskusi hanya terjadi di antara peserta didik yang berani berbicara. Karena itu, guru dalam menerapkan metode diskusi harus menuntun anak untuk berani mengemukakan pendapat dan berusaha membuat semua peserta diskusi aktif.

3. Metode Demonstrasi (Demonstration Method)


Metode demonstrasi erat kaitannya dengan media pembelajaran. Tujuan dari metode pembelajaran demonstrasi ini adalah untuk memperagakan alat, kejadian, atau aturan kepada peserta didik agar lebih mudah diaplikasikan.

Kelebihan metode pembelajaran demonstrasi adalah siswa lebih mudah memahami dan melakukan materi yang disampaikan karena menggunakan contoh yang lebih konkret.

Namun dalam metode demonstrasi, guru dituntut untuk menguasai materi dan media pembelajaran yang digunakan agar tujuan demonstrasi tercapai.

4. Metode Ceramah Plus


Metode pembelajaran jenis ceramah plus adalah gabungan dari beberapa metode pembelajaran. Untuk lebih jelasnya, berikut contoh metode pembelajaran plus:
  1. Metode pembelajaran ceramah plus tanya jawab dan tugas
  2. Metode pembelajaran ceramah plus diskusi dan tugas.
  3. Metode pembelajaran ceramah plus demonstrasi dan latihan.
Setiap metode pembelajaran ceramah yang dikombinasikan dengan metode lainnya harus dapat diterapkan oleh pendidik secara tepat. Jika berhasil, maka peserta didik akan lebih tertantang dalam belajar sehingga tujuan pembelajaran menjadi lebih mudah dicapai.

5. Metode Resitasi (Recitation Method)


Metode resitasi adalah sebuah metode mengajar yang mengharuskan siswa atau peserta didik membuat resume dengan kalimatnya sendiri. Kelebihan dari metode resitasi adalah siswa lebih memiliki konsep dari hasil belajar sendiri yang bersifat awet dan mudah diingat. Selain itu, siswa juga akan lebih terdorong dalam mengambil inisiatif dan lebih bertanggungjawab.

Adapun kelemahan dari metode resitasi adalah sebaliknya. Jika kurang pengawasan, maka seringkali orang lain yang mengerjakan tugas siswa tersebut atau pun mengerjakan tugas berdasarkan pekerjaan temannya.

6. Metode Percobaan (Experimental Method)


Sesuai dengan namanya, metode percobaan adalah metode yang memberi kesempatan kepada anak didik, baik individu maupun kelompok untuk menguji coba suatu proses. Karena itu, metode percobaan umumnya dilakukan tidak hanya sekali.

Kelebihan dari metode percobaan adalah membuat siswa lebih percaya kepada informasi yang diperoleh karena berdasarkan penelitian mereka sendiri. Selain itu, dalam proses uji coba juga membuat siswa lebih dapat mengekplorasi ilmu dan teknologi yang sedang dipelajari.

Kekurangan dari metode percobaan adalah alat yang terbatas sehingga tidak semua siswa mendapatkan kesempatan untuk melakukan eksperimen. Satu lagi, tidak semua materi pembelajaran cocok menggunakan metode eksperimental.

Menurut Schoenherr (1996) yang dikutip oleh Palendeng (2003:81) metode eksperimen adalah metode yang sesuai untuk pembelajaran sains, karena metode eksprimen mampu memberikan kondisi belajar yang dapat mengembangkan kemampuan berfikir dan kreativitas secara optimal. Siswa diberi kesempatan untuk menyusun sendiri konsep-konsep dalam struktur kognitifnya, selanjutnya dapat diaplikasikan dalam kehidupannya.

Umumnya metode eksperimen lebih sering diterapkan pada sebuah kasus atau masalah yang harus dipecahkan dengan prosedur dan prinsip metode ilmiah.

7. Metode Karya Wisata


Metode karya wisata adalah suatu metode mengajar yang dirancang terlebih dahulu oleh pendidik dan hasil akhirnya siswa diberi tugas untuk membuat laporan yang akan didiskusikan bersama dengan peserta didik di bawah pengawasan pembimbing.

Metode karya wisata dikategorikan sebagai metode pembelajaran dengan prinsip pembelajaran modern yang melibatkan lingkungan yang nyata. Hal ini membuat materi pelajaran lebih relevan dengan kenyataan sehingga merancang kreativitas anak.

Kekurangan metode karya wisata adalah membutuhkan persiapan yang matang dan itu pun harus melibatkan berbagai pihak. Selain itu, biasanya tujuan pembelajaran beralih ke rekreasi sehingga hasil belajar tidak maksimal.

Metode karya wisata ini cocok untuk mengembangkan potensi siswa di luar sekolah. Namun dalam penerapannya, tentu guru dan sekolah menjadi pihak yang bertanggung jawab atas keselamatan peserta didik.

Metode field trip atau karya wisata menurut Mulyasa (2005:112) adalah suatu perjalanan atau pesiar yang dilakukan oleh peserta didik untuk memperoleh pengalaman belajar, terutama pengalaman langsung dan merupakan bagian integral dari kurikulum sekolah. Meskipun karya wisata memiliki banyak hal yang bersifat non akademis, tujuan umum pendidikan dapat segera dicapai, terutama berkaitan dengan pengembangan wawasan pengalaman tentang dunia luar.

8. Metode Latihan Keterampilan (Drill Method)


Metode latihan keterampilan adalah suatu metode mengajar dimana siswa diajak ke tempat latihan untuk melihat bagaimana cara kerja dan proses sesuatu. Dengan ini, siswa dapat belajar cara membuat, manfaat dan tujuannya.

Kelebihan metode latihan keterampilan adalah dapat memperoleh kecakapan motoris seperti menulis dan menggunakan alat-alat. Selain itu, kecakapan mental siswaw juga lebih terbentuk. Contohnya dalam pelajaran Matematika dasar penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.

Namun metode pembelajaran latihan keterampilan juga memiliki kekurangan. Seperti dapat menghambat bakat dan inisiatif siswa karena lebih banyak diarahkan. Dan kadang-kadang, latihan yang dilakukan secara berulang-ulang bisa menjadi hal yang monoton sehingga cenderung membosankan.

9. Metode Mengajar Beregu (Team Teaching Method)


Metode mengajar beregu adalah sebuah metode mengajar yang melibatkan lebih dari satu pendidik dengan tugasnya masing-masing. Satu pendidik bertugas sebagai koordinator. Cara pengujian dilakukan dengan setiap pendidik membuat soal kemudian digabung. Jika ujian secara lisan, maka setiap siswa akan diuji berhadapan langsung dengan tim pendidik.

10. Metode Mengajar Sesama Teman (Peer Teaching Method)


Sesuai dengan namanya, metode pembelajaran jenis ini dibantu oleh temannya sendiri.

11. Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving Method)


Peserta didik diberikan soal-soal lalu mencari jawabannya sendiri untuk memecahkan masalah.

12. Metode Perancangan (Project Method)


Metode perancangan adalah suatu metode mengajar dimana pendidik harus merancang suatu proyek yang akan diteliti sebagai obyek kajian. Metode ini dapat merombak pola pikir siswa sehingga menjadi lebih luas dan menyeluruh dalam memandang suat masalah sehingga pemecahannya lebih mudah ditemukan.

Metode ini juga membuat siswa lebih terbiasa menerapkan pengetahuan, sikap dan keterampilan terpadu secara praktis dalam kehidupan sehari-hari.

Kekurangan metode perancangan adalah memerlukan keahlian khusus dari guru dan dalam pemilihan topik harus sesuai dengan kebutuhan anak didik. Dalam pelaksanaannya juga membutuhkan fasilitas dan sumber-sumber belajar yang cukup.

Dalam kurikulum yang berlaku di sekolah saat ini, belum dapat menunjang metode pembelajaran peracangan ini.

13. Metode Discovery Learning


Metode Discovery menurut Suryosubroto (2002:192) diartikan sebagai suatu prosedur mengajar yang mementingkan pengajaran perseorangan, manipulasi obyek dan lain-lain, sebelum sampai kepada generalisasi.

Sekolah-sekolah maju saat ini telah banyak menerapkan metode belajar discovery learning. Hal ini karena metode pembelajaran ini membuat siswa lebih aktif dalam menemukan dan menyelidiki sendiri materi yang diberikan. Tidak hanya itu, siswa menjadi lebih mudah dalam menguasai dan mentransfer pengetahuan dalam berbagai situasi dan kondisi.

Metode discovery learning memadukan komponen berupa praktik melalui proses belajar yang aktif yang dilakukan atas inisiatif sendiri dan lebih berorientasi pada proses.

Masih banyak metode-metode pembelajaran yang dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar. Yang perlu dilakukan oleh guru adalah meningkatkan kompetensi profesionalnya sehingga mampu menerapkan berbagai pendekatan, model, dan metode pembelajaran tersebut.

Lihat juga Macam-macam Model Pembelajaran

Demikianlah macam-macam metode pembelajaran terbaru. Semoga bermanfaat!

  October 03, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close