Skip to main content

Kepanjangan SWOT

Apa sih itu SWOT? Pasti pernah dengan dong tentang istilah SWOT ini. Mungkin kita tahu apa itu analisis SWOT dan bagaimana manfaatnya dalam kehidupan, secara khusus di bidang usaha dan bisnis.

Kepanjangan SWOT
Kepanjangan SWOT

SWOT adalah sebuah akronim yang memiliki kepanjangan:

S (Strengths) atau kekuatan
W (Weakness) atau kelemahan
O (Opportunities) atau peluang
T (Threats) atau Ancaman

Itulah 4 unsur kerangka yang membentuk SWOT sebagai sebuah metode analisis dan manajemen yang berguna dalam berbagai bidang kehidupan. Pemanfaatan analisis SWOT banyak ditemukan saat akan memulai sebuah bisnis atau usaha. Contohnya dalam proses menyusun proposal PKM mahasiswa, juga tidak lepas dari analisis SWOT.

Cara Membuat Analisis SWOT


Seperti disebutkan di atas, manfaat analisis SWOT adalah untuk mencapai tujuan yang spesifik. Bisa dikatakan, analisis SWOT bertujuan untuk menyusun strategi untuk memperbesar peluang dengan kekuatan dan meminimalisir kelemahan agar memperkecil ancaman.

Secara sederhana, kita bisa melakukan analisis SWOT diri sendiri atau pun sebuah usaha. SWOT diri sendiri bisa dijadikan sebagai life hack untuk hidup yang lebih produktif. Sementara analisis SWOT sebuah usaha untuk mengukur seberapa besar tingkat kesuksesan dan apa saja yang akan dihadapi dalam mengembangkan usaha tersebut.

Cara membuat analisis SWOT sebenarnya sederhana. Hanya saja, sesuai dengan namanya, analisis maka dibutuhkan upaya dalam berpikir kritis dan mendalam agar strategi mencapai tujuan berhasil. Selain mempertimbangkan faktor internal, juga analisis SWOT tidak boleh menyepelehkaan faktor eksternal.

Untuk lebih jelasnya, kita bisa mengambil contoh analisis SWOT diri sendiri.

Menurut saya sendiri, analisis SWOT bisa dimulai dari unsur apa saja. Entah itu kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman.

Tapi saya sering memulai analisis SWOT dari segi peluang (opportunities). Setelah itu baru mempertimbangkan tentang kekuatan (strengths) untuk bekerja. Bersamaan dengan itu, akan muncul berbagai kelemahan (weakness) yang bisa menjadi ancaman (threats).

Lihat juga Weakness Adalah

Seperti itulah cara membuat analisis SWOT dan apa kepanjangan dari SWOT itu sendiri. Semoga bermanfaat!

  October 16, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close