Skip to main content

Kumpulan Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit dan Pergi

Kumpulan Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit dan Pergi Acara Keluarga - Selamat datang di blog Soksimon.com, sebuah situs yang kini juga telah membahas seputar contoh-contoh surat. Senang rasanya bisa membuat sebuah label blog baru lagi dengan tema yang lebih spesifik tentang dunia persuratan di Indonesia. Pada postingan pertama ini, kita akan membahas tentang cara membuat surat izin tidak masuk sekolah dengan berbagai alasan.

Kumpulan Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit dan Pergi
Kumpulan Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit dan Pergi

Hayo, apa alasan yang paling sering kamu gunakan saat tidak ke sekolah? Mari kita buatkan surat izinnya. Entah itu karena alasan sakit, ada acara keluarga yang tidak bisa ditinggalkan, atau malas. Eh malas tidak termasuk. Nanti saya dijewer gurunya kalau mengajarkan membuat surat izin tidak masuk sekolah karena malas.

Cara Menulis Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Yang Baik dan Benar


Menulis surat izin tidak masuk sekolah tidak boleh sembarang. Ini karena surat izin sekolah termasuk surat dinas semi resmi yang memiliki kerangka dan tata bahasa yang formal. Salah sedikit, bisa jadi surat kamu tidak akan diterima oleh pihak guru.

Bahkan dulu sempat ada teman saya yang panjang urusannya hanya karena salah membuat surat sakit. Bukannya menulis surat sakit untuk wali kelas, tapi dia malah menulis surat cinta untuk temannya. Hadeh... Just kidding! Dia memang menulis surat sakit untuk wali kelas tapi envelope (amplotnya) tidak sopan menurut guru karena terbuat dari kertas yang sudah disederhanakan. You know lah!

Agar tidak salah-salah dalam membuat surat izin sekolah, berikut ini hal-hal yang harus ada dalam contoh surat dinas semi resmi agar di-ACC oleh guru.

1. Tempat dan tanggal pembuatan surat


Yang paling pertama dan terletak di pojok kanan atas adalah nama tempat dan tanggal pembuatan surat. Baru ingat, perbedaan surat izin tidak masuk sekolah dengan surat dinas resmi terletak pada Kop Surat (kepala surat) dimana pada surat sakit tidak perlu memakai Kop Surat.

2. Tujuan pengiriman surat


Aneh juga kan kalau membuat surat tapi tidak tahu harus dikirim kemana. Ini banyak saya temui di zaman SMP dulu. Beberapa teman yang menulis surat sakit memberikan surat sakit ke teman yang bukan sekelasnya. Hasilnya, guru jadi bingung kok surat izin sakit ini bisa nyasar gitu.

Karena itu, sangat penting untuk menulis tujuan pengiriman surat yang jelas pada bagian amplot surat agar tidak salah tujuan. Dari pada menulis "Bapak/Ibu di Sekolah" lebih baik menulis "Bapak/Ibu Wali Kelas IX-A" di amplot agar lebih jelas tujuannya.

3. Salam Pembuka


Karena surat izin sakit sekolah ini termasuk surat resmi yang formal, maka sangat penting untuk memberi salam pembuka yang juga formal. Jangan menggunakan salam seperti pada surat pribadi. Pasti akan ditolak. Kalimat yang umum digunakan pada surat sakit adalah "Dengan hormat".

4. Isi Surat


Dalam surat izin sekolah, untuk alasan apapun, isi surat harus ditulis dengan singkat, padat dan jelas. Mampu menjelaskan maksud dan tujuan penulisan surat dan pesannya dapat dimengerti oleh orang yang dituju.

5. Penutup Surat


Pada bagian penutup surat izin, biasanya berisi permohonan maaf dan ucapan terima kasih serta permintaan kepada yang dituju. Ya berupa kebijaksanaan gitu. Dulu saya sering membuat surat sakit dengan kalimat terakhir "harap maklum". Tapi belakangan saya pikir, ternyata kata-kata itu kurang tepat aja karena seperti sedikit memaksa.

6. Tanda Tangan Penulis Surat


Di bagian akhir surat, terdapat nama penulis surat dan tanda tangan. Bisa siswa itu sendiri, namun lebih baik lagi kalau ada siswa yang meminta izin dan juga orang tua/wali murid. Agar lebih meyakinkan gitu kalau kamu memang benar-benar izin dan atas pengetahuan orang tua.

Untuk lebih jelasnya, berikut contoh-contoh surat izin tidak masuk sekolah dengan berbagai alasan yang bisa menjadi referensi Anda.

Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit


Izin tidak masuk sekolah karena sakit adalah alasan yang paling umum membuat siswa-siswi tidak masuk sekolah. Begitu pentingnya pendidikan sehingga hanya sakit yang membuat seorang pelajar dan guru tidak bisa berbuat apa-apa untuk menentang alasan tersebut.

Bahkan di perusahaan pun, karyawan swasta atau pabrik yang sakit tentu tidak akan mendapat masalah karena izin sakit. Bedanya, saat sekolah biasanya tidak terlalu ketat dengan surat keterangan sakit dari dokter. Berbeda saat bekerja di perusahaan, biasanya surat sakit harus dilengkapi dengan surat keterangan dari dokter.

Contoh Surat Sakit 1


Berikut ini adalah contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit yang baik dan benar.

Masamba, 8 September 2019

Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas IX-A
SMP Negeri 2 Baebunta

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini, saya selaku orang tua dari:

Nama : Alex Espargaro
Siswa : Kelas IX-A SMPN 2 Baebunta
Alamat : Desa Marannu (Teteinduk)

Memberitahukan bahwa anak kami tersebut di atas tidak dapat mengikut pelajaran seperti biasanya di sekolah karena kesehatannya terganggu (sakit influenza). Karena itu, kami memohon kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas IX-A agar memberikan izin.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan, atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu Guru kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
Orang tua/Wali murid


Valentino Rossi

Contoh Surat Sakit 2


Berikut ini termasuk contoh surat sakit sekolah yang umum digunakan.

Masamba, 1 Juni 2020

Kepada Yth.
Bapak Guru Wali Kelas VIII-A
SMP Negeri 1 Masamba

Assalamualaikum Wr. Wb.

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Marc Marques
Kelas : Kelas VIII-A SMP Negeri 1 Masamba
Alamat : Kappuna

Dengan ini memohon izin kepada Guru Wali Kelas VIII-A karena tidak dapat hadir di sekolah mengikuti beberapa mata pelajaran karena kondisi yang tidak memungkinkan (sakit).

Demikian surat izin ini saya buat, atas kebijaksanaan dan izin yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

Wasalamualaikum Wr. Wb.

Hormat Saya,


Marc Marques

Orang Tua/Wali Murid,


Valentino Rossi

Contoh Surat Sakit 3


Berikut ini termasuk contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit sederhana yang biasanya digunakan pada saat SD.

Marannu, 17 Agustus 2020

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas 6
SD 039 Marannu

Dengan hormat,
Ringkas saya sampaikan bahwa hari ini anak kami yang bernama Dani Pedrosa tidak dapat mengikuti pelajaran di sekolah karena kesehatannya terganggu (sakit). Oleh karena itu, kami memohon Bapak/Ibu Wali Kelas untuk memberikan izin.

Demikianlah surat ini saya sampaikan. Atas kebijaksanaan dan izin yang diberikan, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat kami,
Orang Tua/Wali Murid


Valentino Rossi

Contoh Surat Sakit 4


Berikut ini adalah contoh surat sakit sekolah dengan alasan sedang dirawat di rumah sakit sehingga tidak bisa ke sekolah.

Palopo, 31 Desember 2019

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas X-A
SMA Negeri 6 Palopo

Dengan hormat,
Saya selaku orang tua dari siswa:

Nama : Andrea Dovisiozo
Kelas : X-A
NIK : 1234567890
Alamat : Jl. Tandipau, Palopo

Dengan ini memberitahukan bahwa anak saya sedang sakit dan harus di rawat di rumah sakit Sawerigading sejak hari ini 31 Desember 2019. Oleh sebab itu, saya memohon kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas agar anak saya diberi izin.

Demikianlah surat ini saya buat, atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu Guru kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
Orang Tua/Wali Murid


Valentino Rossi

Contoh Surat Sakit 5


Berikutnya adalah contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit dengan keterangan dari dokter terlampir.

Battang, 1 Mei 2020

Perihal : Surat Izin Sakit
Lampiran : 1

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII-B
SMA Negeri 2 Palopo

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, orang tua dari :

Nama : Niki Hydan
Kelas : XII-B
Alamat : Battang (Jalan Poros Palopo - Toraja)

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut di atas, tidak dapat mengikuti pelajaran di sekolah karena sedang sakit dan dirawat di rumah sakit. Adapun surat keterangan sakit dari dokter dilampirkan.

Demikianlah surat ini kami buat, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Orang tua Siswa,


Valentino Rossi

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Pergi


Izin tidak masuk sekolah karena pergi biasanya dialami oleh anak SD yang masih kecil. Misalnya saja ada acara keluarga yang mengharuskan semua anggota keluarga untuk keluar kota atau pun juga izin untuk periksa ke dokter. Periksa ke dokter bukan karena sakit aja ya.

Contoh Surat Izin 1


Toraja, 17 Agustus 2019

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas 3
SDN 049 Lara IV

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini selaku orang tua dari:

Nama : Cristiano Ronaldo
Kelas : 3
Alamat : Muktitama

Memohon kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas 3 SDN O49 Lara IV untuk memberik izin kepada anak saya di atas karena tidak masuk sekolah pada 17 Agustus 1945 karena ada acara keluarga dimana anak saya tidak bisa tinggal sendiri di rumah.

Demikian surat ini saya buat, atas perhatian dan izin yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
Orang Tua/Wali Murid


Ronaldo Brazil

Contoh Surat Izin 2


Toraja Utara, 18 Agustus 2020

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI-A
SMAN 2 Toraja

Dengan hormat,

Dengan surat ini, saya selaku orang tua dari:

Nama : Lionel Messi
Kelas : XI-A
Alamat : Toraja Utara

Memberitahukan bahwa anak saya di atas tidak dapat mengikuti pelajaran di sekolah karena sedang periksa ke dokter terkait gejala sakit mata yang dialami. Oleh karena itu, kami memohon kepada Bapak/Ibu Guru untuk memberi izin.

Demikian surat ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian dan kebijaksanaan dari Bapak/Ibu Guru, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
Orang Tua/Wali Murid


Diego Maradona

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Acara Keluarga


Berikutnya adalah contoh surat izin tidak masuk sekolah karena ada acara keluarga yang penting. Misalnya saja meninggal dunia atau pun pernikahan saudara.

Baebunta, 17 September 2018

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI-A
SMA Negeri 2 Baebunta

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya selaku orang tua dari siswa:

Nama : Bambang Pamungkas
Kelas : XI-A
Alamat : Marannu

Memberitahukan kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI-A bahwa anak saya tersebut di atas, tidak bisa mengikuti pelajaran pada hari Senin, 21 Desember 2019 dikarenakan ada acara pernikahan keluarga. Karena itu, kami memohon kepada Bapak/Ibu Guru untuk memberikan izin.

Demikian surat izin ini saya disampaikan. Atas perhatian dan kebijaksanaannya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Orang Tua/Wali Murid


Alfred Riedl

Contoh Surat Izin Sekolah Untuk Kegiatan


Berikutnya adalah contoh surat izin sekolah untuk mengikuti kegiatan mulai dari tingkat SD, SMP sampai SMA yang baik dan benar.

Contoh Surat Izin Sekolah SD


Baebunta, 1 Mei 2021

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas 5
SDN 049 LARA 4
Muktitama

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya selaku orang tua dari siswa:

Nama : Susi Susanti
Kelas : 5
Alamat : Dusun Lasumba, Desa Muktitama

Memberitahukan kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas 5 bahwa anak saya tersebut di atas, tidak bisa mengikuti pelajaran pada hari Senin, 1 Mei 2021 dikarenakan ada kegiatan gereja yang harus diikuti. Karena itu, kami memohon kepada Bapak/Ibu Guru untuk memberikan izin.

Demikian surat izin ini saya disampaikan. Atas perhatian dan kebijaksanaannya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Orang Tua/Wali Murid


Daniel S.

Contoh Surat Izin Sekolah SMP


Baebunta, 1 Januari 2020

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas IX-C
SMA Negeri 3 Baebunta
Salulemo

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya selaku orang tua dari siswa:

Nama : Jojo
Kelas : XI-C
Alamat : Bumi Harapan

Memberitahukan kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI-C bahwa anak saya tersebut di atas, tidak bisa mengikuti pelajaran pada hari Senin, 1 Januari 2020 dikarenakan sedang mengikuti kegiatan Seleksi PBSI Kabupaten. Karena itu, kami memohon kepada Bapak/Ibu Guru untuk memberikan izin.

Demikian surat izin ini saya disampaikan. Atas perhatian dan kebijaksanaannya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Orang Tua/Wali Murid


Taufik Hidayat

Contoh Surat Izin Sekolah SMA


Palopo, 20 Agustus 2020

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas IPS XII-A
SMA Negeri 2 Baebunta

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya selaku orang tua dari siswa:

Nama : Bruce Lee
Kelas : IPS XII-A
Alamat : Marannu

Memberitahukan kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas IPS XII-A bahwa anak saya tersebut di atas, tidak bisa mengikuti pelajaran pada hari Senin, 20 Agustus 2020 dikarenakan sedang mengikuti Kejuaraan Karate Tingkat Provinsi. Karena itu, kami memohon kepada Bapak/Ibu Guru untuk memberikan izin.

Demikian surat izin ini saya disampaikan. Atas perhatian dan kebijaksanaannya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Orang Tua/Wali Murid


Ip Man

Itulah beberapa contoh surat izin tidak masuk sekolah dengan berbagai alasan. Sebenarnya membuat surat izin terutama surat sakit sendiri itu sangat mudah. Tidak perlu mengarang cerita dan cukup sampaikan sesuai dengan keadaan sebenar-benarnya.

Namun mengingat surat sakit sekolah termasuk surat resmi, maka harus ditulis dengan bahasa yang formal dan tata bahasa Indonesia yang baku, baik dan benar.

Lihat juga Contoh Surat Undangan Rapat Sekolah

Demikianlah artikel tentang kumpulan contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit dan pergi ke acara keluarga. Semoga bermanfaat!

  October 02, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close