Skip to main content

5+ Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja PNS (Dengan Berbagai Alasan)

5+ Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja PNS (Dengan Berbagai Alasan) - Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah salah satu pekerjaan yang banyak diminati dari usia mudah sampai yang sudah cukup berumur. Siapa sih yang gak mau digaji walau sudah tidak kerja (pensiun)? Yaa, meskipun harus diakui bahwa tidak sedikit generasi milenials yang sudah tidak mau jadi PNS lagi, termasuk kakak saya. Tapi bukan berarti berkurang lho yang ingin jadi PNS. Buktinya setiap ada pendaftaran CPNS, gak pernah sepi yang mendaftar dan gak mudah lolos.

5+ Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja PNS (Dengan Berbagai Alasan)
5+ Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja PNS (Dengan Berbagai Alasan)

Saat menjadi PNS, kita harus ke kantor setiap hari untuk kerja. Tapi tergantung instansi juga sih. Ada PNS yang kerja dari Senin sampai Jumat ada juga yang kerja lebih dari itu dan tidak hanya di kantor atau sekolah saja seperti guru. Karena ternyata, yang termasuk Pegawai Negeri Sipil itu juga ada yang berprofesi dokter, TNI (Tentara Nasional Indonesia), Polri (Polisi Republik Indonesia), kerja di bea cukai, perhubungan, pariwisata, dan lain sebagainya.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja PNS


Di tengah-tengah pekerjaan dan rutinitas sebagai PNS, ada saja hal dan penyebab yang membuat kita tidak bisa masuk kerja. Mulai dari sakit, acara keluarga, sampai menikah dan punya anak, bisa membuat seorang PNS mengambil cuti kerja.

Ternyata tidak boleh sembarangan juga. Sebagai seorang pekerja, meskipun tidak sesulit bekerja di perusahaan swasta seperti pabrik, PNS tetaplah sebuah pekerjaan yang memiliki aturan yang berlaku. Saat tidak bisa masuk kerja, maka PNS harus membuat surat izin tidak masuk kerja PNS.

Untuk itu, hari ini saya akan berbagi contoh-contoh surat izin tidak masuk kerja PNS yang baik dan benar dengan berbagai alasan.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja PNS Karena Sakit


Pertama-tama dari semua contoh surat izin adalah cara membuat surat sakit tidak masuk kerja. Dalam membuat surat permohonan ijin tidak masuk kerja dengan alasan sakit biasanya ada 2 jenis yang paling utama, ada yang menggunakan surat keterangan sakit dari dokter dan ada juga yang tanpa surat keterangan. Tanpa surat keterangan dari dokter bukan berarti tidak sakit ya, karena tidak setiap sakit kita ke rumah sakit. Beberapa penyebab sakit bisa saja karena kurang istirahat dan terlalu lelah sehingga harus istirahat.

Biasanya yang tidak membutuhkan surat sakit ini kalau tidak masuk kerja hanya 1 hari. Sementara yang tidak masuk kerja selama 2 hari inilah yang biasanya diwajibkan menggunakan surat ketarangan sakit dari dokter.

FORMULIR TIDAK MASUK KERJA

Kepada Yth,
Bapak Kepala Dinas Perhubungan
Kabupaten Luwu Utara
Di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Vovo Leno
NIP : 900190
Jabatan : Staff Administrasi
Pangkat/Gol : Golongan III B
Unit Kerja : Dinas Perhubungan Kabupaten Luwu Utara

Bahwa pada hari Senin, 18 Agustus 2020 tidak dapat masuk kerja karena sedang dalam keadaan sakit dan sedang dirawat di rumah sakit Andi Djemma Masamba.

Atas perhatian Bapak Kepala Dinas, saya ucapkan terima kasih.

Masamba, 18 Agustus 2020
Hormat Saya,


Vovo Leno

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja PNS Tulisan Tangan


Sekali lagi saya mohon maaf, karena sebenarnya surat izin yang satu ini sudah ditulis tangan. Tapi setelah ditulis di komputer jadi begini deh hasilnya. Satu lagi, karena saya tidak menyimpannya di database, maka kau tidak bisa mendownload contoh surat izin ini. Satu-satunya solusi adalah dengan melakukan copy paste contoh di bawah ini dan bawah ke Microsoft Word.

Hal : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja
Lampiran : -

Kepada Yth.
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Toraja Utara
Di Tempat

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama Lengkap : Justin Katto
N I P : 10203050
Pangkat/Gol : Golongan III / B
Jabatan : Staff Administrasi Dinas Perundustrian Toraja Utara
Alamat : Makale, Toraja Utara

Bersama dengan surat ini saya memohon maaf dan meminta izin tidak masuk kerja pada tanggal 21 Juli 2020 dikarenakan ada kepentingan keluarga yang mendesak.

Demikian surat izin ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian dan izin yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

Makale, 21 Juli 2020
Hormat saya,


Justin Katto

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja PNS DOC


Lagi, ini contoh surat izin tidak masuk kerja PNS DOC.

Hal : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja
Lampiran : 1

Kepada Yth.
Kepala Dinas Perindustrian Luwu Utara
Di Tempat

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama Lengkap : Deddy Mirzah
N I P : 1234567890
Pangkat/Gol : Golongan III / B
Jabatan : Staff Manajemen Arsip Dinas Perundustrian Luwu Utara
Alamat : Baebunta, Luwu Utara

Dengan ini memberitahukan bahwa pada hari Senin, 17 Agustus 2020 sampai 18 Agustus 2020 tidak bisa masuk kerja dikarenakan sakit. Oleh dokter, saya diharuskan istirahat total selama 2 hari. Untuk keterangan lebih lanjut, saya sudah melampirkan surat ketarangan sakit dari dokter.

Demikian surat izin ini saya sampaikan. Atas perhatian dan izin yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

Masamba, 17 Agustus 2020
Hormat saya,


Deddy Mirzah 

Contoh Surat Izin Guru Tidak Masuk Mengajar


Karena guru juga bisa jadi PNS, maka di sini juga diberikan contoh surat izin tidak masuk kerja/mengajar karena sakit. Bagi Bapak/Ibu Guru yang masih honorer, full respect kami persembahkan. Semoga ada seleksi CPNS lagi dan Anda bisa terangkat segera.

Toraja Utara, 21 Juli 2020

Kepada Yth,
Bpk. Kepala Sekolah
SMA Negeri 2 Toraja
Di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Idea Lina, S.Pd., M.Pd.
NIP : 12121223
Jabatan : Guru Bahasa Inggris

Bersama surat ini saya memberitahukan bahwa pada hari Senin, 19 Agustus 2020 tidak bisa masuk mengajar karena sedang dalam keadaan kelemahan tubuh (sakit demam). Oleh karena itu, saya memohon diberikan izin untuk tidak masuk mengajar di sekolah seperti biasanya.

Demikianlah surat izin ini saya buat dengan sebenar-benarnya, atas perhatian dan izin dari Bapak, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,


Idea Lina, S.Pd., M.Pd.
NIP. 12121223

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja PNS Karena Acara Keluarga


Masih dengan alasan keluarga nomor 1, maka surat izin tidak masuk kerja PNS jenis ini layak dipertimbangkan oleh Kepala Dinas atau kepala sekolah.

Hal : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja
Lampiran : 1

Kepada yang terhormat,
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Toraja
Di Tempat

Nama Lengkap : Lukas Batik
N I P : 123123123
Pangkat/Gol : Golongan III / B
Jabatan : Staff Bidang Adminstrasi
Alamat : Rantepao, Toraja

Bersama dengan surat ini, saya memberitahukan bahwa pada hari Kamis, 7 Maret 2020 tidak dapat masuk kerja karena ada kepentingan keluarga yang penting untuk dihadiri. Sehubungan dengan hal tersebut, saya bermaksud memohon izin kepada Bapak Kepala Dinas untuk diberi izin.

Demikian surat permohonan izin ini saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Rantepao, 7 Maret 2020
Hormat saya,


Lukas Batik

Itulah beberapa contoh surat izin dinas PNS, surat ijin untuk tidak masuk kerja. Alasan tidak masuk kerja di atas dapat disesuaikan dengan keadaan yang sebenarnya. Misalnya surat izin tidak masuk kerja karena sakit, surat izin tidak masuk kerja PNS karena anak sakit, menikah, melahirkan dan cuti-cuti kerja lainnya. Untuk contoh surat izin ke luar negeri bagi PNS tidak saya izinkan. Opps!

Lihat juga Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Demikianlah kumpulan contoh surat izin tidak masuk kerja PNS yang baik dan benar terbaru dengan berbagai alasan lengkap sekali. Semoga bermanfaat!

  October 03, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close