Skip to main content

Analisis SWOT

Analisis SWOT - Apa itu SWOT? SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Analisis SWOT pertama kali diperkenalkan oleh Albert S Humphrey pada tahun 1960-an ketika memimpin proyek riset di Standford Research Institute dengan menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.

Analisis SWOT
Analisis SWOT

Ada begitu banyak pertanyaan-pertanyaan tentang analisis SWOT. Mulai dari apa itu analisa SWOT, langkah-langkahnya, sampai pada contoh kasus analisis SWOT dari tahap pencarian peluang sampai produksi dan pemasaran produk. Karena itu, artikel ini dibuat dengan tujuan dapat menjawab setiap pertanyaan yang ada secara sederhana.

Langkah-langkah Analisis SWOT


Sebelum belajar cara membuat analisis SWOT, kita harus tahu apa saja komponen yang harus dianalisis dalam jika menggunakan teknik SWOT.

Metode analisis SWOT meliputi:

Strengths (Kekuatan)


Strengths adalah karakteristik diri sendiri atau organisasi berkaitan dengan kekuatan yang menjadi keuntungan untuk melaksanakan proyek.

Weakness (Kelemahan)


Weakness berkaitan dengan kelemahan-kelemahan yang dimiliki yang bisa menjadi ancaman dalam melaksanakan tugas atau proyek.

Opportunities (Peluang)


Opportunities adalah peluang yang menguntungkan dan harus dimanfaatkan untuk bisa dikembangkan di kemudian hari sehingga memberikan dampak yang positif bagi organisasi atau perusahaan.

Threats (Ancaman)


Threats adalah ancaman yang menjadi faktor penghambat saat melaksanakan proyek.

Cara Memulai Analisis SWOT


Analisis SWOT bersifat fleksibel, artinya analisis ini bisa digunakan untuk life hack diri sendiri, organisasi atau perusahaan untuk mencapai suatu tujuan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini contoh cara memulai dan menggunakan analisis SWOT dalam kehidupan.

Strength (Kekuatan)

  1. Apa kelebihan yang kita miliki?
  2. Apa yang menjadi keunggulan kita?
  3. Apa yang bisa kita lakukan untuk dapat bersaing dengan kompetitor?

Weakness (Kelemahan)

  1. Apa yang menyebabkan kita sulit berkembang?
  2. Apa yang menyebabkan kita kehilangan konsumen?

Opportunities (Peluang)

  1. Bagaimana kita bisa melihat peluang?
  2. Bagaimana kita bisa memanfaatkan produk/layanan yang sudah ada untuk berinovasi?
  3. Bagaimana kita bisa menjadikan peluang tersebut menjadi keuntungan yang berkelanjutan?

Threats (Ancaman)

  1. Apa yang menghambat kita dalam berinovasi?
  2. Seberapa cepat pesaing kita berubah?
  3. Seberapa hebat kita dalam menghadapi perkembangan teknologi?

Contoh Analisis SWOT


Untuk langkah-langkah analisis SWOT yang lebih pasti, berikut ini salah satu contohnya:

1. Strength (Kekuatan)

  • Bahan baku mudah didapatkan dari petani kakao di lapangan.
  • Harga coklat bar yang kami tawarkan cukup terjangkau sesuai dengan kualitas.
  • Coklat batang tanpa pengawet sehingga dapat menjamin kesehatan konsumen.

2. Weakness (Kelemahan)

  • Membutuhkan modal usaha yang cukup besar serta kerja keras.
  • Ketahanan produk tidak terlalu lama karena tanpa menggunakan bahan pengawet.
  • Produk sejenis bertebaran di mana-mana dengan berbagai kualitas.
  • Harga bahan baku yang tidak stabil karena harga biji coklat mengikuti harga dari pedagang yang dipengaruhi oleh harga BBM.

3. Opportunity (Peluang)

  • Produk coklat bar banyak dibutuhkan oleh para pelaku usaha kuliner rumahan.
  • Semua kalangan menyukai coklat sehingga permintaan coklat bar dari usaha kuliner rumahan akan selalu ada.
  • Belum ada usaha yang benar-benar menjalankan usaha ini kecuali agen bisnis franschise yang memasarkan produk coklat bar mereka.
  • Lokasi pemasaran memiliki jangkauan yang cukup luas.

4. Threats (Ancaman)

  • Banyaknya kompetitor di bidang yang sama yang memasarkan produk dari luar daerah Sulawesi yang lebih murah. Untuk mengatasi masalah ini, kami akan memberikan kualitas coklat terbaik di atas coklat yang banyak beredar dengan menggunakan metode promosi yang menarik. Harga yang kami berikan juga akan menyesuaikan dengan harga di pasaran namun tetap mengutamakan kualitas yang mempengaruhi harga produk.
  • Mengingat mudahnya mendapat bahan baku biji kakao di Luwu Utara maka kemungkinan lahirnya kompetitor di bidang pembuatan coklat bar dengan meniru sistem yang kami gunakan juga sangat besar. Untuk mengatasi masalah ini, kami akan selalu bergerak dan berinovasi sebelum kompetitor berkembang dan melebihi kami.
  • Daya beli masyarakat Indonesia secara online masih rendah, terutama untuk produk makanan seperti coklat bar. Untuk mengatasi masalah ini, tahap pertama pemasaran akan menyasar para pelaku usaha kuliner di sekitar lokasi usaha dengan melakukan promosi offline.
  • Metode B2B yang dikombinasikan dengan promosi online tidak akan berhasil tanpa adanya testimoni dan rating yang positif dari para pelanggan lainnya. Target pasar B2B memiliki kecenderungan untuk menyelidiki secara mendalam produk sebelum mereka memutuskan untuk melakukan pembelian sebuah produk. Untuk mengatasi masalah ini, kami memanfaatkan solusi terhadap ancaman sebelumnya. Feedback yang positif dari para pelaku usaha kuliner yang telah memakai produksi coklat bar kami melalui promosi offline dapat menjadi daya tarik para target pasar online. Kami tidak akan meminta mereka untuk memberikan komentar berlebihan terhadap produk kami. Namun kami akan memastikan bahwa mereka mendapatkan kepuasan atas penggunaan coklat bar hasil produksi kami.

Mengapa Analisis SWOT?


Manfaat analisis SWOT bagi sebuah perusahaan tentu sangat besar dan dampaknya sangat berpengaruh. Dengan menggunakan analisis SWOT, kita lebih memahami tentang cara memproduksi produk sampai cara pemasarannya dan ancaman-ancaman apa saja yang harus dihindari sehingga tujuan dan target bisa terpenuhi.

Sekali lagi, analisis SWOT bisa digunakan dalam berbagai bidang kehidupan. Secara khusus, banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk terus berkembang dan bertahan. Bahkan startup-startup dan berbagai perusahaan teknologi pasti juga menggunakan analisis SWOT.

Tidak terkecuali usaha-usaha UKM seperti dunia kuliner/makanan, produk kerajinan, sampai layanan jasa juga tidak lepas dari analisis SWOT. Karena itu, bagi kamu yang baru siap terjun ke dunia usaha, pastikan mulai dengan jeli melihat peluang kemudian lakukan analisis SWOT.

Lihat juga Opportunities Adalah

Demikianlah sedikit materi tentang apa itu analisis SWOT, contohnya dan langkah-langkahnya. Semoga bermanfaat!

  October 16, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close