Skip to main content

Tugas Administrasi Keuangan Dan Tanggung Jawabnya

Tugas Administrasi Keuangan Dan Tanggung Jawabnya - Mengatur keuangan perusahaan menjadi bagian yang sangat vital dalam suatu perusahaan. Tidak sedikit usaha, bisnis dan startup yang akhirnya jatuh karena masalah finansial. Karena itulah, dibutuhkan staff-staff handal bagian keuangan yang bisa mengatur dan berperan baik dalam pekerjaan sebagai administrasi keuangan.

Tugas Administrasi Keuangan Dan Tanggung Jawabnya
Tugas Administrasi Keuangan Dan Tanggung Jawabnya

Tentu saja tugas dan tanggung jawab administrasi keuangan dalam suatu perusahaan tidaklah mudah. Banyak tugas dan tantangan yang harus dihadapi, terutama yang baru terjun ke dunia kerja. Karena itulah, bagi kamu yang tertarik dengan profesi sebagai administrasi keuangan, kamu sebaiknya memahami job deskripsi agar dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebaik mungkin.

Pengertian Administrasi Keuangan


Apa itu administrasi keuangan? Secara umum, administrasi keuangan adalah salah satu bidang dalam suatu perusahaan yang memiliki tugas dan tanggung jawab terhadap masalah finansial perusahaan yang berkaitan dengan penyusunan anggaran belanja, pembukuan dan laporan keuangan.

Administrasi keuangan memiliki peran dan fungsi yang sangat penting dalam suatu perusahaan. Staff keuangan memiliki tugas seperti menyusun anggaran dan cara penggunaan anggaran yang telah ditetapkan perusahaan.

Tugas Administrasi Keuangan Dan Tanggung Jawabnya


Adapun tugas dari staff administrasi keuangan cukup banyak dan membutuhkan tenaga kerja yang bisa bekerja maksimal dan teliti. Berikut ini beberapa tugas administrasi keuangan di perusahaan.
  1. Membuat perencanaan keuangan perusahaan yang meliputi anggaran belanja seperti pengeluaran untuk pembayaran dan peminjaman maupun pemasukan.
  2. Merancang kebijakan anggaran keuangan sesuai kebutuhan perusahaan.
  3. Mengatur kas perusahaan dan membuat catatan transaksi harian terkait dengan pemasukan dan pengeluaran.
  4. Mengatur kredit perusahaan.
  5. Membuat arsip faktur, nota dan laporan.
  6. Membuat laporan keuangan harian dan bulanan.
  7. Membuat laporan pertanggung jawaban keuangan per semester atau tahunan.
Seorang staff administrasi keuangan memiliki tanggung jawab terhadap Kepala Staf Administrasi. Bisa dikatakan, tugas administrasi keuangan ini cukup sentral dan harus mampu berkomunikasi dengan setiap lini karena dana dan anggaran adalah penunjang operasional perusahaan. Jika dikelola secara tidak cermat, maka perusahaan bisa berada dalam kesulitan finansial.

Kualifikasi Staff Administrasi Keuangan


Jika dalam organisasi-organisasi kecil, tugas administrasi keuangan ini seperti seorang bendahara. Mereka yang mengatur semua masalah belanja dan pengeluaran organisasi.

Bagi kamu yang tertarik dengan staff administrasi keuangan, ada baiknya kamu tahu kualifikasi dan syaratnya. Namun syarat-syarat di bawah ini merupakan syarat umum yang mana di setiap perusahaan bisa saja berbeda.

Berikut ini adalah kualitafikasi staff administrasi keuangan secara umum.
  1. Bertanggung jawab, teliti dan jujur merupakan hal yang sangat penting.
  2. Memahami dengan baik administrasi keuangan.
  3. Bisa menggunakan komputer (Microsoft Word dan Microsoft Excel)
  4. Bisa membuat laporan keuangan secara cermat dan teliti.
  5. Tanggung jawab yang tinggi terhadap pekerjaan.
Syarat lainnya seorang administrasi keuangan seperti:
  1. Minimal diploma 3 manajemen keuangan/akuntasi.
  2. Memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun di bidang staff finance dan administrasi.
Sekali lagi, itu tergantung dari perusahaan itu sendiri.

Dengan memahami tugas dan tanggung jawab staff administrasi keuangan, maka jenjang karirmu sebagai administrasi keuangan akan positif.

Dan yang terakhir adalah pertanyaan "berapa sih gaji staff finance?" Tentu saja tergantung perusahaan atau instansi tempat kamu bekerja. Semakin tinggi pengalaman kerjamu maka gaji juga umumnya akan mengikuti.

Lihat juga Tugas Dan Tanggung Jawab Administrasi Gudang

Demikianlah tugas administrasi keuangan dan tanggung jawabnya. Semoga bermanfaat!
  September 16, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close