Skip to main content

Pengalaman Belanja Di Ebay Refund Dana Lewat Paypal

Pengalaman Belanja Di Ebay Refund Dana Lewat Paypal 100% Sukses - Siapa sih yang tidak tahu dengan Ebay? Ebay adalah salah satu situs belanja online internasional yang aman, terpercaya dan murah. Selain itu, keunggulan Ebay adalah metode pembayaran yang mudah via Paypal.

Namun ternyata belanja online di Ebay tidak semudah yang dipikirkan. Tampilan toko online Ebay yang merupakan saingan Amazon ini ternyata cukup merepotkan bagi mereka yang baru pertama ke Ebay. Ya, jika dibandingkan dengan Aliexpress dari China, tampilan Ebay butuh adaptasi bagi pembeli baru.

Mengapa Belanja Online di Ebay?


Seperti yang saya katakan di atas, Ebay termasuk situs belanja online terbaik di dunia seperti Amazon dan Aliexpress dari Alibaba. Alasan saya membeli di Ebay adalah untuk mencoba bagaimana sistem pembayarannya dan juga karena suatu alasan lain, termasuk ada saldo Paypal sedikit.

Jadi selama ini saya biasa belanja di Aliexpress untuk belanja produk dari luar negeri. Hal ini karena selain barangnya murah, metode pembayaran via DOKU atau pun bank transfer membuat pembeli dari Indonesia mudah bertransaksi.

Tapi berhubung saya mau beli powerbank yang ternyata harganya sangat mahal di Aliexpress, maka saya cari toko online lain, termasuk toko online di Indonesia. Sebenarnya di Aliexpress murah untuk harga produknya, tapi untuk powerbank sendiri biaya shippingnya yang sangat mahal khusus untuk beberapa produk, termasuk powerbank yang niatnya saya mau beli.

Datang ke Ebay, eh ternyata sellernya juga banyak dari China, mungkin beberapa juga ada yang jualan di Aliexpress. Untungnya di Ebay, biaya pengiriman barangnya lebih murah bahkan tidak jarang untuk barang powerbank.

Pengalaman Belanja Di Ebay Refund Dana Lewat Paypal


Tapi ternyata belanja di Ebay tidak mudah. Ada 2 pilihan barang yang dapat diorder, yang pertama bid atau lelang dan yang kedua buy it now.

Awalnya saya bingung dengan produk yang murah-murah di Ebay. Niat beli, eh ternyata lelang produk ya, dimana mereka yang penawarannya paling tinggi sampai batas waktu yang ditentukan harus membeli produk tersebut.

Tapi lupakan tentang bid-bid di Ebay. Sebagai pemula, saya langsung ingin membeli powerbank langsung aja di Ebay.

Saya cari produk powerbank yang paling murah, bayar menggunakan Paypal dan kemudian hubungi si seller. Perlu diketahui bahwa metode pembayaran di Ebay lebih diutamakan pakai Paypal Selain mudah juga prosesnya lebih cepat.

Jadi belum ada metode pembayaran transfer bank lokal atau Indomaret seperti di Aliexpress.

Tapi apa balasan si seller?

Ternyata produk mereka bermasalah ketika pengiriman dan sekarang mereka tidak memiliki pemasok produk. Hasilnya, saya harus minta refund. Si sellernya sih cukup ramah dan bilang silahkan tunggu aja 48 jam.

FYI, harga powerbank tersebut sekitar Rp148.000 dengan mata uang GDP kalau tidak salah. Bisa kok bayar pakai Paypal yang saldonya dolar karena langsung diproses berdasarkan nilai mata uang saat membeli.

Nah, karena si seller tidak bisa mengirim produk yang mereka punya, maka statusnya hanya seperti di bawah ini.

Pengalaman Belanja Di Ebay Refund Dana Lewat Paypal
Pengalaman Belanja Di Ebay Refund Dana Lewat Paypal

Tidak ada proses pengiriman barang. Saya banding ke si seller dan bilang sabar. Mau banding ke Ebay belum tahu caranya, banding ke Paypal ditolak mentah-mentah. Tapi saya gak khawatir sih, karena yakin pasti uang akan kembali 100%.

Dan benar saja, refund dananya 100% sesuai dengan pembayaran yang dilakukan dan itu kurang dari 48 jam.

Tips Belanja di Ebay yang Aman


Agar terhindar dari penipuan, beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui saat belanja di Ebay adalah sebagai berikut.
  1. Untuk membeli produk langsung, maka cari produk yang buy it now.
  2. Kalau belum paham, jangan coba-coba bid tanpa pengetahuan seputar lelang produk di Ebay.
  3. Belanja di toko yang memiliki feedback positif dan memiliki label Top Rated Seller.
  4. Cari produk yang free shipping di Ebay, artinya pengiriman gratis ongkir. Untuk stimasi produk sampai ke rumah tidak beda jauh dengan Aliexpress.
  5. Pembayaran yang dilakukan sebaiknya lewat Paypal karena lebih mudah dan aman.
  6. Sebelum melakukan pembayaran produk, ada baiknya kamu chat seller terlebih dahulu untuk memastikan apakah produknya bisa dikirim ke Indonesia.
  7. Cara belanja di Ebay tanpa pajak bea cukai adalah dengan membeli produk dengan harga di bawah $75 kalau tidak salah. Silahkan cari informasi tersebut tentang biaya pajak belanja dari luar negeri.
Itu adalah beberapa tips penting belanja online di Ebay yang aman, terpercaya dan pembayaran mudah lewat Paypal. Jadi, Ebay adalah situs toko online luar negeri kedua yang saya gunakan setelah Aliexpress.

Sekedar informasi aja, banyak di Aliexpress umumnya seller hanya dari China. Namun jika di Ebay, hampir seluruh dunia menjual di Ebay. Mulai dari Asia seperti Taiwan, Hongkong, China, Singapore sampai Swiss, Jerman, dan negara Eropa lainnya.

Lihat juga Pengalaman Belanja di Aliexpress Gratis Ongkir

Demikianlah pengalaman belanja di Ebay refung dana lewat Paypal 100% sukses. Semoga bermanfaat!

  September 10, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close