Skip to main content

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit Yang Baik Dan Benar - Saat sekolah, kita terikat oleh tata tertib dan aturan yang berlaku di sekolah. Salah satunya kewajiban untuk hadir di sekolah dan mengikut mata pelajaran. Namun ada kalanya kita tidak bisa hadir di sekolah karena suatu urusan atau pun karena masalah kesehatan, sakit. Tanpa pemberitahuan, siswa akan absen dan kemungkinan besar akan terkena hukuman, terlebih jika sudah beberapa hari tidak masuk sekolah.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit
Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit

Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan membuat surat izin tidak masuk sekolah karena sakit. Yups, surat izin tidak masuk sekolah menjadi salah satu surat penting yang memberitahukan alasan-alasan siswa tidak masuk sekolah.

Alasan Siswa Tidak Masuk Sekolah


Sebelum kita belajar membuat surat izin sekolah, kita harus tahu beberapa alasan siswa tidak masuk sekolah. Banyak sekali alasan yang pernah saya gunakan dan temui saat masih duduk di SD, SMP dan SMA yang tidak semuanya patut untuk ditiru. Ya, banyak yang izin untuk keperluan lain tapi mengirim surat sakit ke sekolah.

Hal itu tentu saja adalah sebuah kebohongan yang konsekuensinya juga sangat beresiko karena di dunia pendidikan kebohongan sekecil apapun tidak ditolerir.

Berikut beberapa alasan tidak masuk sekolah yang dapat dibuatkan surat izin.
  1. Surat izin tidak masuk sekolah karena menghadiri wisuda kakak.
  2. Surat izin tidak masuk sekolah karena menghadiri pernikahan saudara.
  3. Surat izin tidak masuk sekolah acara keluarga.
  4. Surat izin tidak masuk sekolah berduka.
  5. Surat izin tidak masuk sekolah karena pulang kampung.
  6. Surat izin tidak masuk sekolah karena sakit.
Semua itu adalah alasan yang bisa membuat siswa tidak masuk sekolah. Namun pada dasarnya, tidak semua guru juga mengizinkan siswa untuk libur kecuali karena alasan berduka dan tentu saja sakit.

Namun sangat disarankan, dari pada berbohong dengan membuat surat izin tidak masuk sekolah karena sakit padahal sama sekali tidak sakit, maka siswa sangat diharapkan mendatangkan orang tua/wali untuk menghadap secara langsung ke sekolah. Besar kemungkinan guru akan mengizinkan siswa libur saat berhadapan dengan orang tua siswa itu sendiri. Karena pasti itu acara yang cukup penting sehingga orang tua turun tangan langsung.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit


Jika kamu sakit, maka dari pada absen tanpa pemberitahuan, lebih baik kamu belajar membuat surat izin tidak masuk sekolah karena sakit.

Adapun bagian-bagian penting dalam surat izin tidak masuk sekolah adalah sebagai berikut.
  1. Tempat dan tanggal pembuatan surat yang meliputi nama tempat dan diikuti oleh tanggal, bulan dan tahun pembuatan surat yang terletak di sudut kanan paling atas.
  2. Tujuan surat yang ditulis Kepada Yth. yang kemudian dibaris selanjutnya Bapak/Ibu Guru Wali Kelas dan diteruskan pada baris selanjutnya nama sekolah.
  3. Salam pembuka dengan kata Dengan Hormat.
  4. Setelah itu, menulis pembuka dan isi surat singkat, jelas, dan padat yang menerangkan alasan siswa tidak masuk sekolah. Kalau sakit, tulis sakit kalau izin karena urusan keluarga, juga tidak masalah. Tapi pastikan, urusan keluarga tersebut benar-benar penting karena ada yang suratnya ditolak kalau acara keluarga tersebut tidak terlalu penting di mata guru.
  5. Penutup surat yang berisi permintaan dan terima kasih atas kerjasama dan pengertian penerima surat, dalam hal ini Guru Wali Kelas.
  6. Tanda tangan siswa dan juga orang tua/wali murid.
  7. Amplot surat yang baik dan benar. Beberapa kesalahan siswa dalam menulis surat sakit sendiri adalah dengan membuatnya dari amplop kertas yang bahkan tidak lengkap dan dibuat sedemikian rupa yang sama sekali tidak seperti surat dinas, melainkan surat pribadi. Karena itu, pastikan menggunakan amplot yang benar-benar amplot. Hhe... hhe...
Berikut ini beberapa contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit.

Muktitama, 5 September 2019
Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas IX-A
SMPN 3 Baebunta

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini adalah orang tua/wali murid dari:

Nama: Kurnia
Siswa: Kelas IX-A SMPN 3 Baebunta
Alamat: Salulemo

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut di atas tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Kamis 5 September 2019 karena kesehatannya terganggu (sakit influenza).

Dengan surat ini, kami mohon Bapak/Ibu Guru Wali Kelas IX-A untuk memberikan izin.

Demikianlah surat izin ini kami sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu Guru kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
Orang tua/Wali murid


Lince

Lihat juga Contoh Surat Izin Sekolah Karena Sakit Untuk SD, SMP, dan SMA

Demikianlah contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit. Ternyata tidak sulit untuk membuat surat izin sekolah karena sakit ya? Sampai jumpa di contoh surat berikutnya!

  September 05, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close