Skip to main content

3 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah Paling Umum Mahasiswa

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah - Bagi sebagian mahasiswa, tidak masuk kuliah adalah hal yang biasa. Asal tidak lebih dari tiga kali bolos kuliah tidak ada masalah. Karena itu, banyak mahasiswa yang menganggap enteng pada poin absensi dan tidak belajar membuat surat izin tidak masuk kuliah.

3 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah Paling Umum Mahasiswa
3 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah Paling Umum Mahasiswa

Bisa ditebak pada akhirnya tidak sedikit juga yang protes pada dosen karena nilai yang kurang memuaskan. Padahal, pada kontrak perkuliahan memang tidak masuk kuliah adalah masalah yang serius. Yups! Perlu diketahui, berbeda saat sekolah di mana guru akan mencari siswanya yang tidak hadir, saat kuliah kecil kemungkinan dosen mencari mahasiswanya yang bolos. Untuk itu, penting bagi mahasiswa untuk membuat surat izin tidak masuk kuliah agar tidak bolos begitu saja.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah Yang Baik Dan Benar


Ada berbagai alasan mahasiswa tidak masuk kuliah seperti ikut organisasi, ada acara keluarga, sakit atau pun lagi malas untuk masuk kuliah. Meskipun dalam kuliah hanya ada dua jenis absensi, yaitu hadir dan tidak hadir, tapi surat izin bisa menjadi pertimbangan sendiri bagi dosen saat memberikan penilaian nantinya.

Namun membuat surat izin tidak masuk kuliah untuk dosen sama berbahayanya dengan masuk ke perangkap macan tanpa pentung jika tidak teliti dan hati-hati. Dosen yang memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi, terlebih juga pernah kuliah pada dasarnya memiliki kemampuan untuk menganalisa kejujuran mahasiswa. Karena itu, setiap pemilihan kata yang terucap dan tertulis harus benar-benar matang karena tidak dapat ditarik kembali. Satu kata yang salah, maka surat izin yang dibuat bisa berakibat buruk.

Berikut ini beberapa contoh surat izin tidak masuk kuliah karena berbagai alasan.

Contoh Surat Izin Kuliah Karena Sakit


Sakit adalah alasan yang paling masuk akal untuk tidak mengikuti kuliah. Karena itu, besar kemungkinan tidak akan ada masalah saat izin tidak masuk kuliah karena sakit. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya tentu saja dosen itu sendiri.

Ada saja dosen yang tidak percaya dengan surat izin mahasiswa. Karena itu, ada baiknya dalam surat disampaikan jenis penyakit yang sedang dialami. Jika ada keterangan hasil pemeriksaan dari dokter, maka sebaiknya dilampirkan sebagai bukti bahwa kamu benar-benar sakit.

Palopo, 5 September 2019

Yang terhormat,
Bapak Mahfud, S.Kom., M.Pd.
Jurusan Komputer, Fakultas Teknik Informatika
Di Universitas ...
Palopo

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Simon Santoso
NIM : 732211
Kelas : B2 Semester 5
Program Studi: Teknik Informatika
Fakultas : Komputer

memberitahukan bahwa hari ini, Kamis, 5 September 2019 saya izin tidak bisa hadir mengikuti kuliah Jaringan Komputer karena sakit (keterangan hasil pemeriksaan dari dokter terlampir).

Demikian surat permohonan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas kerjasama dan kebijaksanaan yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,


Simon Santoso


Contoh Surat Izin Kuliah Yang Umum


Surat izin kuliah yang selanjutnya bisa digunakan saat ada acara keluarga yang penting dan tidak bisa ditinggalkan atau pun acara-acara penting mahasiswa lainnya seperti ikut organisasi, PKM, dan lain sebagainya.

Makassar, 12 Oktober 2019

Kepada Yth.
Ibu Sri Widya S.Pd., M.Pd.
Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa
Universitas ...

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Marlonias
NIM : 853967
Kelas : C3 Semester 2
Program Studi : Bahasa dan Sastra Indonesia

Mengajukan izin tidak dapat mengikuti mata kuliah Bahasa dan Sastra Indonesia karena ada acara keluarga yang tidak dapat ditinggalkan.

Demikianlah surat izin ini saya buat dengan sebenar-benarnya, atas izin yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Dengan hormat,


Marlonias

Contoh Surat Izin Kuliah Karena Acara Keluarga


Contoh surat izin kuliah yang berikut ini lebih spesifik digunakan saat ada acara keluarga seperti pernikahan saudara.

Makassar, 7 Agustus 2019

Yang terhormat,
Bakap Adi Wardana, S.Pd., M.Pd.
Jurusan Teknik Informasi Fakultas Teknik
Di Universitas ...

Dengan hormat,
Saya yang yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Amos Sila
NIM: 717324
Kelas: 5A TI
Program Studi: Teknik Informasi
Fakultas: Teknik

Melalui surat ini, saya meminta izin tidak dapat hadir mengikuti mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak karena ada acara keluarga yang sangat penting dan tidak dapat ditinggalkan.

Demikian surat permohonan izin ini saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,


Amos Sila

Itu adalah beberapa contoh surat izin tidak masuk kuliah yang biasa digunakan. Di era teknologi seperti sekarang, banyak juga yang mengajukan izin melalui email, WhatsApp, pesan singkat, atau menelpon langsung dosen. Namun tergantung bagaimana dosen tersebut, karena ada dosen yang tidak bisa dihubungi sembarangan oleh mahasiswanya.

Hal-hal lain yang tidak kalah penting saat menulis surat izin kuliah kepada dosen selain alasan sakit adalah seberapa penting dan mendesaknya acara tersebut. Misalnya saja tidak masuk kuliah karena alasan kerja, maka bisa saja dosen mempertanyakan prioritas kuliah atau kerja.

Kecuali jika ada kegiatan khusus di tempat kerja yang diadakan perusahaan atau kantor, maka surat izin tidak kuliah memiliki kemungkinan besar untuk diterima.

Selain itu, surat izin kuliah karena kepentingan keluarga juga bisa menjadi masalah yang harus dipertimbangkan. Jangan sampai menulis kata-kata yang memancing pertanyaan dosen. Misalnya saja, ada acara keluarga yang mendesak dan sangat penting. Bukankah acara yang penting itu direncanakan baik-baik dan matang?

Karena itu, dalam menulis surat izin atau pesan ke dosen untuk tidak masuk kuliah karena memang ada acara yang sangat penting, maka tulislah sewajarnya dan jangan berlebihan.

Lihat juga Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit

Demikianlah contoh-contoh surat izin tidak masuk kuliah dengan berbagai alasan yang paling umum dibuat mahasiswa. Saya sendiri mendownload dan menyimpan file surat izin kuliah dalam bentuk DOC untuk disiapkan jika ada keperluan yang penting. Namun tergantung dosennya juga sih, karena ada dosen yang mengizinkan untuk meminta izin melalui telpon ataupun WhatsApp.

  September 05, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close