Skip to main content

Contoh Surat Izin Sekolah Karena Sakit Untuk SD, SMP, dan SMA

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit Untuk SD, SMP, dan SMA - Surat izin adalah sebuah surat pemberitahuan mengenai keadaan seseorang, baik siswa maupun karyawan yang tidak bisa hadir di sekolah atau kantor karena sesuatu hal. Entah itu karena sakit, izin cuti kerja, izin liburan, ada urusan keluarga dan lain-lain. Namun yang paling banyak ditemui, dalam keadaan apapun, entah karena urusan keluarga atau cuti, kita akan membuat surat sakit.

Contoh Surat Izin Sekolah Karena Sakit Untuk SD, SMP, dan SMA
Contoh Surat Izin Sekolah Karena Sakit Untuk SD, SMP, dan SMA

Yups! Tidak peduli seseorang sakit atau tidak, namun kalau tidak ingin masuk sekolah atau kerja, umumnya seseorang akan membuat surat sakit. Hal ini karena bos atau guru tidak bisa berbuat banyak jika alasan yang diajukan adalah sakit.

Banyak juga pengalaman siswa yang mengajukan izin tidak masuk sekolah karena alasan lain seperti acara keluarga, misalnya ada acara pernikahan saudara atau syukuran yang pada akhirnya tidak disetujui. Gurunya bilang apa? Kalau kamu tidak hadir, apakah acaranya tidak akan berlangsung? Skakmat! Karena itulah, apapun alasannya tidak masuk sekolah, siswa lebih banyak yang menggunakan surat sakit sebagai senjata utama. Tapi alangkah bagusnya kalau orang tua sendiri yang meminta izin ke orang tua untuk anaknya yang tidak masuk sekolah karena acara keluarga. Jangan berbohong ya, nanti sakit benaran kata guru saya.

Contoh Surat Izin Sekolah Karena Sakit


Sejak SD, saya sudah terbiasa membuat surat izin tidak sekolah seperti surat sakit. Hhe... hhe... Positif thinking aja bro. Jadi dulu, di sekolah saya itu, kata wali kelas saya kalau masih bisa nulis dan memang tidak bisa hadir di sekolah, maka tidak masalah siswanya sendiri yang tulis. Tapi tentu saja dengan tanda tangan asli wali atau orang tua. Karena tidak sedikit teman-teman yang membuat surat sakit sendiri dengan tanda tangan sendiri yang akhirnya ketahuan dan mendapat masalah serius dari guru.

Tapi itu dulu dan di sekolah saya. Setiap sekolah memiliki aturan sendiri. Bukan hanya untuk diri sendiri saya menulis surat izin tidak masuk sekolah. Tapi juga surat sakit untuk adik sering saya yang diminta untuk membuatnya. Hasilnya, adik saya sering tidak masuk sekolah dan karena terbiasa, dia jadi bisa tulis surat sakit sendiri kalau lagi malas sekolah. Hadeh. Tapi lupakan tentang itu.

Hari ini kita akan belajar membuat surat izin tidak masuk sekolah karena sakit, atas nama orang tua. Ini adalah kata-kata andalan saya waktu SD ketika membuat surat sakit yang banyak dikutip dari tulisan Mama saya.

Cara Menulis Surat Izin Sekolah Yang Baik dan Benar


Sebelum masuk ke contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit, ada baiknya kita memperhatikan bagian-bagian surat. Ini penting karena sebuah surat ditulis, terlebih surat dinas harus memenuhi standar umum yang sudah ditetapkan.

Jangan sampai kita menulis surat dinas seperti surat izin sekolah seperti surat pribadi untuk kenalan. Hadeh, bisa dapat semprot besoknya jika sampai menulis surat izin sekolah seperti chatting karena sekarang zamannya chatting bukan surat-menyurat lagi.

Tak perlu banyak basa-basi lagi, berikut ini kaidah penulisan surat dinas, secara khusus surat izin tidak sekolah yang baik dan benar yang harus ada.

1. Tempat dan Tanggal Pembuatan Surat


Tempat dan tanggal pembuatan surat ini adalah yang paling di atas dan terletak di sebelah kanan saat menulis surat sakit dan tidak masuk sekolah.

Contoh:

Masamba, 0 Septermber 2019

2. Tujuan Surat


Tujuan surat ini harus jelas, contohnya:

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas IX-A
Di Sekolah

3. Salam Pembuka


Contoh salam pembuka yang paling umum adalah "Dengan hormat,".

Kata Pembuka

Kata pembuka di sini sebaiknya memperkenalkan diri seperti beberapa contoh surat izin yang akan ditampilkan di bawah nantinya.

4. Isi Surat


Menulis isi surat sebaiknya ringkas, padat dan jelas. Isi surat berkaitan dengan identitas siswa yang sakit dan tidak bisa masuk di sekolah yang meliputi nama lengkap, kelas dan alamat.

5. Kata Penutup


Setelah identitas siswa, kita sampai pada penutup surat yang juga berisi ucapan terima kasih kepada pihak yang dituju agar memberi kebijaksanaan.

6. Tanda Tangan Orang yang Bersangkutan


Terakhir dan yang paling penting, adanya tanda tangan siswa yang bersangkutan atau pun orang tua/wali murid. Asal jangan tanda tangan wali aja yang tidak ada.

Untuk lebih jelasnya, berikut 3 contoh surat izin tidak sekolah untuk SD, SMP dan SMA yang baik dan benar.

Contoh Surat Izin Sekolah Karena Sakit Sederhana Untuk SD


Berikut ini adalah contoh surat izin tidak masuk sekolah paling sederhana yang biasanya digunakan waktu masih SD. Namun contoh surat sakit ini mungkin tidak cocok untuk diterapkan saat ini terlebih untuk jenjang yang lebih di atas seperti SMP dan SMA.

Muktitama, 3 September 2019

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas VI-A
SDN 049 LARA IV

Dengan hormat,
Ringkas kami sampaikan bahwa pada hari ini anak kami yang bernama Simon Tandi tidak dapat mengikuti mata pelajaran di sekolah bersama dengan teman-temannya di kelas seperti pada hari biasanya karena keadaannya sedang tidak enak badan (sakit).

Demikianlah yang dapat kami sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu Guru kami ucapkan terima kasih.


Hormat kami, 
Orang tua


Riski Toding

Contoh Surat Izin Sekolah Atas Nama Siswa Sendiri Untuk SMP


Seperti yang tadi saya katakan di atas, ada kalanya wali kelas ingin siswa sendiri yang menulis surat sakit jika memang masih memungkinkan. Entah apa tujuannya, tapi ada bagusnya karena siswa juga belajar menulis meskipun sakit dan tidak masuk sekolah. Belajar itu bisa kapan dan dimana aja bro!

Namun tetap saja, meskipun siswa sendiri yang menulis surat sakit untuk dirinya, tetap harus diawasi orang tua atau diketahui orang tua. Berikut ini contoh surat sakit tidak masuk sekolah karena sakik yang benar.

Masamba, 17 Septermber 2019

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas IXB
SMPN 2 Baebunta

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Daniel
Siswa : Kelas IXB SMPN 2 Baebunta
Alamat : Desa Marannu

memberitahukan bahwa yang menulis surat tersebut di atas tidak dapat hadir di sekolah mengikuti pelajaran seperti biasanya pada hari ini, Selasa, 17 September 2019 karena kesehatannya terganggu (sakit influenza).

Melalui surat ini, saya mohon Bapak/Ibu Guru Wali Kelas IXB memberikan izin.

Demikianlah surat izin saya buat, atas kerjasama dan kebijaksanaan Bapak/Ibu Guru saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,
Siswa


Daniel

Mengetahui,
Orang tua/Wali murid


Luter Daniel

Contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit di atas juga sangat cocok untuk meminta izin karena alasan lainnya. Misalnya minta izin karena ada acara keluarga yang mendesak dan tidak bisa ditinggalkan ataupun karena ada urusan lainnya.

Namun perlu diingat, harus hati-hati dalam membuat surat izin tidak masuk sekolah atas nama sendiri karena jangan sampai gurunya bilang kamu masih bisa menulis surat. Karena itu, ada baiknya kamu juga melampirkan surat keterangan sakit dari dokter untuk memperkuat alasan kamu tidak masuk sekolah.

Contoh Surat Izin Sekolah Karena Sakit Yang Benar Untuk SMA


Berikut ini adalah contoh surat sakit tidak masuk sekolah yang baik dan benar.

Luwu Utara, 13 Agustus 2019

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XA 
SMAN 16 Luwu Utara

Dengan hormat,
Dengan ini saya selaku orang tua murid dari :

Nama : Yohanes Situndukan
Siswa : Kelas XA SMAN 16 Luwu Utara
Alamat : Desa Muktitama

memberitahukan bahwa anak saya tersebut di atas tidak dapat mengikut pelajaran seperti biasa pada hari ini, Selasa 13 Agustus 2019 dikarenakan sakit.

Kami mohon Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XA harap maklum dan memberikan izin.

Demikianlah surat izin ini saya buat, atas kebijaksanaan Bapak/Ibu Guru saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Orang tua/Wali murid


Natan Situndukan

Lihat juga Contoh Surat Lamaran Kerja di Perusahaan

Demikianlah contoh surat izin sekolah karena sakit dan tidak masuk sekolah untuk SD, SMP dan SMA. Semoga bermanfaat!

  September 03, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close