Skip to main content

5+ Tanaman Pertanian yang Paling Menguntungkan

Tanaman Pertanian yang Paling Menguntungkan - Beberapa hari terakhir acara-acara di tv selalu menayangkan petani-petani muda sukses yang bisa meraup ratusan juta dari usaha pertanian setiap bulannya.

5+ Tanaman Pertanian yang Paling Menguntungkan
5+ Tanaman Pertanian yang Paling Menguntungkan

Tentu banyak orang yang menganggap bahwa peluang usaha pertanian dan perkebunan mustahil untuk memperoleh omset puluhan sampai ratusan juta seperti yang mereka ungkapkan. Tapi memang benar bahwa usaha pertanian menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan di kampung.

Tanaman Pertanian yang Paling Menguntungkan


Hari ini  kita akan membahas secara khusus tentang jenis-jenis tanaman pertanian yang paling menguntungkan yang juga dapat menjadi ide bisnis masa depan bagi Anda yang tinggal di pedesaan.

Apa saja tanaman pertanian yang menjanjikan di masa depan? Sungguh banyak sekali! Dan berikut beberapa contoh tanaman pertanian yang paling menguntungan di Indonesia.

1. Kakao


Kakao atau coklat adalah salah satu jenis tanaman pertanian yang tidak pernah habis dipasaran. Hal ini karena buah tanaman kakao memiliki banyak manfaat di berbagai bidang kehidupan seperti kecantikan, kesehatan dan kuliner.

Beberapa keuntungan dari berkebun kakao adalah lebih mudah dirawat dan dipelihara. Sekali berbuah maka setiap bulannya kita akan panen kakao. Tak tanggung-tanggung, harga kakao per kilogramnya juga sangat mahal. Berkisar antara Rp25.000 sampai Rp45.000 tergantung lokasi.

Untuk memulai usaha pertanian di bidang tanaman kakao, kita bisa dengan membeli bibit kakao yang cepat berbuah dan tahan hama dan penyakit. Di daerah Sulawesi Selatan sendiri, secara khusus di desa saya, kakao jenis 45 adalah jenis yang paling diminati karena selain cepat berbuah, juga tahan hama dan berbiji besar.

Karena berbagai keunggulan tersebutlah, saya memasukkan kakao sebagai salah satu tanaman pertanian yang paling menguntungkan.

2. Padi


Nasi adalah makanan pokok masyarakat Indonesia yang dihasilkan dari tanaman padi. Karena itulah, padi juga menjadi salah satu tanaman pertanian yang paling menguntungkan. Meskipun kadang harganya tidak sebanding dengan usaha petani, tapi tanaman padi cukup menjanjikan.

Beberapa keunggulan dari tanaman padi adalah cepat panen. Hanya dalam waktu 3 sampai 4 bulan, hasilnya sudah bisa dipanen. Hanya saja, masih banyak kendala dan tantangan yang harus dihadapi oleh petani saat ini.

Selain hama dan penyakit pada tanaman padi, juga masalah drainase. Di desa saya misalnya, jika lagi musim kemarau maka modal untuk bercocok tanam padi dan merawatnya sampai panen bisa dua kali lebih besar.

Mengapa tanaman padi menjadi tanaman yang menjanjikan? Karena tanaman ini masih menjadi sumber utama makanan pokok kita orang Indonesia. Kalau dibilang menguntungkan sih, tergantung juga. Karena modal untuk menanam padi cukup banyak.

Oh ya, padi selain menjadi tanaman pertanian yang paling menguntungkan, juga banyak usaha perdagangan yang lahir dari dalamnya. Misalnya saja usaha pupuk, doser padi, jual beli racun hama dan penyakit, dan masih banyak lagi bisnis lain yang bisa dikembangkan dari usaha pertanian ini.

3. Kelapa Sawit


Dari Aceh, Sumatra, Jawab, dan Sulawesi, kelapa sawit menjadi salah satu tanaman perkebunan yang paling menguntungkan sekaligus menjanjikan. Hal ini disebabkan karena kebutuhan akan minyak sawit sangatlah besar.

Banyak bidang yang membutuhkan minyak sawit mulai dari minyak goreng sampai bahan bakar biodesel. Salah satu yang menjadi bukti kelapa sawit menjadi tanaman yang paling menguntungkan adalah Indonesia masih menjadi salah satu negara pengekspor minyak kelapa sawit terbesar di dunia.

4. Kopi


Nikmatnya kopi menjadikan jenis tanaman ini masuk dalam daftar tanaman pertanian yang paling menguntungkan. Terlebih, semakin banyak kafe bahkan iklan yang menguatkan tanaman kopi menjadi tanaman yang menjanjikan dan memiliki prospek yang cerah bagi yang menanamnya.

5. Sayuran Organik


Siapa yang menduga kalau sayuran organik yang harga per ikatnya hanya Rp5.000 bisa menghasilkan ratusan juta per bulannya?

Ya, beberapa acara tv yang belakangan ini menghadirkan narasumber pemuda yang berprofesi sebagai petani menekuni bisnis dan usaha pertanian di bidang sayuran organik.

Menanam sayuran organik bukan hanya sekedar cara produksi tanaman dan memanennya agar bisa menghasilkan omset jutaan rupiah. Tapi usaha ini lebih mengarah ke bisnis atau dagang.

Dengan sayuran organik yang dapat dikomsumsi setiap harinya, maka kebutuhan pasar akan sayuran tidak akan pernah sepi. Banyak pemuda yang sudah menekuni bisnis ini dan memiliki omset puluhan sampai ratusan juta per bulannya.

Peluang Usaha Pertanian


Bagaimana agar bisa memaksimalkan keuntungan di bidang pertanian?

Memang mengembangkan bisnis di bidang pertanian, terutama di desa-desa yang baru berkembang akan membutuhkan usaha yang tidak sedikit.

Perlu diketahui bahwa usaha pertanian adalah salah satu usaha terbaik sepanjang masa yang bisa dilakukan oleh semua orang yang mengiginkannya. Beragam ide bisnis masa depan muncul dari bidang pertanian.

Namun sayang, masih sedikit yang melihat peluang usaha di bidang pertanian, secara khusus menanam tanaman-tanaman yang menjanjikan uang.

Selain karena mindset bahwa petani hanya bekerja di sawah, juga kurangnya pemahaman tentang pertanian. Tidak hanya itu, sosialisasi tentang tanaman yang menguntungkan juga masih kurang.

Bahkan yang lebih buruknya lagi, tidak sedikit yang hanya mensosialisasikan tentang tanaman yang menguntungkan di bidang pertanian tapi tidak disertai dengan cara pemasaran yang tepat.

Padahal, untung tidaknya usaha pertanian bukan hanya pada bagian produksi, tapi juga pada cara pemasarannya.

Selain itu, usaha di bidang pertanian masih sangat erat dengan kuantitas dan kualitas. Hal ini dikarenakan kualitas saja belum cukup untuk mendatangkan pembeli ke suatu wilayah.

Terakhir, peluang usaha pertanian sangatlah menjanjikan dan menguntungkan. Dan mindset yang harus ubah saat ini adalah mengubah petani menjadi seorang pengusaha di bidang pertanian. Caranya? Dimulai dari usaha perdagangan.

Lihat juga 14 Tanaman buah dalam pot yang cepat berbuah dan menguntungkan

Demikianlah beberapa jenis tanaman pertanian yang paling menguntungkan yang menjadikan pertanian menjadi salah satu usaha terbaik sepanjang masa yang perlu diperhitungkan pemuda generasi milenials.

  August 08, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close