Skip to main content

Resep Cara Membuat Cilok Empuk, Kenyal dan Sederhana

Resep Cilok Kuah - Cilok adalah salah satu jajanan yang laris manis, terutama sore hari. Hampir semua umur menyukai jajanan yang satu ini, secara khusus anak-anak. Rasanya kenyal dengan aneka rasa seperti kuah hangat, pedas, kenyal dan manis dengan bumbu kacang bisa dipilih sesuai selera.

Nah, hari ini kita akan belajar cara membuat cilok kenyal, enak dan sederhana. Gimana cara buatnya dan apa saja bahannya? Tenang saja, di sini sudah ada beberapa resep cara membuat cilok. Mulai dari cilok bumbu kacang, cilok kuah sampai cilok goreng yang kebanyakan resep tanpa daging dengan bahan sederhana dan enak.

Resep Cilok Bumbu Kacang


Berikut ini beberapa resep cilok bumbu kacang sederhana yang bisa kamu coba sendiri.

Cara Membuat Cilok Empuk Bumbu Kacang

Ala
Khumaira
Cara Membuat Cilok Bumbu Kacang
Cara Membuat Cilok Bumbu Kacang

Bahan cilok :

-250 gr tepung sagu
-4 Sdm tepung terigu
+Secukupnya
-Garam,penyedap rasa (aku pakai masako), dan lada bubuk
-Air panas untuk mencampur adonan
-Didihkan air dalam wajan

Cara membuat cilok bumbu kacang :

  1. Campurkan tepung sagu, tepung terigu, garam, penyedap rasa, dan lada bubuk. Aduk sampai tercampur rata
  2. Masukan air panas sedikit demi sedikit sambil di aduk sampai kalis.
  3. Didihkan air di atas kompor menyala dengan api sedang
  4. Bulat-bulat kan adonan lalu masukan kedalam wajan berisi air mendidih tsb.
  5. Tunggu hingga bulatan tadi mengapung dan biarkan sekitar 5 menit agar benar-benar matang.
  6. Setelah matang angkat dan tiriskan.
  7. Cilok siap dicampur dengan kuah bumbu kacang.

Bahan Bumbu Kacang :

-2 siung bawang putih
-3 buah cabai setan
-garam
-1/2 gula merah
-150 gr kacang tanah yg sudah di goreng
-5 sdm minyak untuk menggoreng
-kecap
-garam & penyedap rasa

Cara membuat bumbu kacang :

  1. Haluskan semua bumbu
  2. Panaskan minyak
  3. Masukan bumbu tadi, aduk" tambahkan air, beri sedikir garam dan penyedap rasa.
  4. Kecilkan api, masukan cilok, lalu tambahkan kecap sesuai selera aduk rata.
Dan jadi deh cemilan buat keluarga.
Selamat mencoba!

Resep Cilok Dengan Bumbu Kacang Sederhana - Siomay

Ala
Ibunya Kaila KC
Resep Cilok Dengan Bumbu Kacang Sederhana
Resep Cilok Dengan Bumbu Kacang Sederhana

Bahan cilok :

*1 gelas belimbing aci
*1/2 gelas terigu
*Masako 1 bungkus
*Daun bawang secukupnya
*Air hangat secukupnya

Cara Membuat Cilok Sederhana :

  1. Masukan semua bahan dalam wadah, aduk rata lalu masukan sedikit demi sedikit air hangat, uleni hingga kalis.
  2. Bentuk bulatan sesuai selera. Kukus 15 menit bersamaan dengan tahu, kentang, kubis, dll.
Bahan bumbu kacang :

*Segenggam kacang (sesuai selera) yg sudah digoreng lalu di blender.
*Bawang putih 2 siung.
*Bawang merah 3 siung.
*Cabe rawit 6.
*Cabe merah keriting 5.
*Garam 1/2 sdt.
*Gulpas 3 sdt.
*Air 1 1/2 gelas belimbing.
*3 sdm minyak untuk menumis

Cara membuat bumbu kacang :
  1. Haluskan bawput, bawang merah, cabai lalu tumis hingga harum.
  2. Masukan garam dan gulpas lalu masukan air 3 sdm, aduk sebentar.
  3. Kemudian masukan kacang yg sudah di blender dan 1 1/2 gelas air.
  4. Siram siomay dengan bumbu kacang, sajikan selagi hangat.
Selamat mencoba!

Resep Cilok Bumbu Kacang

Ala
Yuen Chimuen
Resep Cilok Bumbu Kacang
Resep Cilok Bumbu Kacang

Asalmualaekum sore bunsaaay

CiLoK bumbu KAcANg

Bahan: 
  • 1/4 aci ( sagu)
  • 1/4 terigu
  • 6 cbe merah
  • 10 cbe rawit
  • Lengkuas secukupny
  • 1 ons kacang tnah.
  • 2 siung bwang putih

Cara Membuat Cilok Bumbu Kacang :

  1. Terigu d siram pke air mndidih jngn trllu bnyak sebasahnya aj.trus d kucek pke sendok
  2. Biarin tnggu dingin..dah dingin msukin aci( sagu) di uleni biar rta..udh rta lalu d cetak.
  3. Dah beres mncetak cilok rebus dlu say msukin minyak sayur 2 sndok mkn biar g lengket..udh pda terapung tu tanda dah matenk..diam dan tiriskn.
  4. Kacang tanah digoreng
  5. Cabe rawit,cabe merah,bwang putih,lengkuas jga d goreng..
  6. Lalu d blender/ d ulek
  7. Udh bres masuki bumbu ke wjan msukin minyak sayur kira8 sdm.masukin air 1 glas blimbing msukin ciloknya say trus kasih bumbu penyedap /rocyo,gula putih,garam, tergantung selera.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat..😘😘😗

Resep Cara Membuat Cilok Kuah


Setelah belajar cara membuat cilok dan bumbu kacang, selanjutnya kita akan belajar membuat cilok kuah pedas asli tanpa daging.

Cara Membuat Cilok Gaul Kuah Pedas

Ala
Bella Marlithha Sabrawi
Cara Membuat Cilok Gaul Kuah Pedas
Cara Membuat Cilok Gaul Kuah Pedas

Bahan Cilok :

*Air panas
*1/4 tepung terigu
*1/4 tepung aci
*2 siung baput&bamer
*1/2bungkus bubuk kaldu (royco)
*Keju chedar /mozarella (untuk isian cilok)
*Telur rebus (untuk isian cilok)

Cara Membuat Cilok Gaul Kuah Pedas :

  1. Masukan aci,baput bamer yg sudah di haluskan, masukan bubuk kaldu, lalu masukan air sedikit demi sesikit uleni sampai kalis,
  2. Masukan tepung terigu uleni lagi smpai rata dan bis dibentuk bulat, lalu bentuk cilok dan masukan keju/telur.
Bahan kuah :

*air 1 liter
*4 bawang putih
*2 bawang merah
*1/2 bubuk kaldu ayam
*Gula
*Cabe rawit 10 (sesuai selera)
*Seujung kencur
*Jeruk nipis
*Daun bawang
*Minyak goreng

Cara Membuat Kuah Cilok Pedas :

  1. Masukan minyak goreng +-2 sendok Haluskan bawang putih, bawang merah, cabe rawit, dan kencur tumis sampai tercium harum lalu masukan air , masukan bubuk kaldu dan gula, koreksi rasa, lalu masukan cilok yg sudah direbus, tunggu 1mnt lalu angkat.
  2. Sajikan ke mangkuk, potong" daun bawang dan beri perasan jeruk nipis
  3. Lalu sajikann 😊
Ini untuk porsi 2/3 orang.
Silahkan mencoba bunsay!

Cara Membuat Cilok Tanpa Daging

Ala
Petti Puspitasari
Cara Membuat Cilok Tanpa Daging
Cara Membuat Cilok Tanpa Daging

Cuma cilok goang bun...ada yg suka pedes kah disini...hehe

Bahan bahan :
  • 200 gr tepung tapioka/kanji/aci
  • 100 gr tepung terigu
  • 1 scht kaldu bubuk (aku pake rocyo sapi)
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 3 siung bawput (di haluskan)
  • 200 ml air panas/secukupnya
  • 1 batang daun bawang/seledri (iris halus)

Cara membuat cilok tanpa daging :

  1. Campur semua bahan kecuali air panas & daun bawang, aduk rata.
  2. Masukan air panas sedikit2 sambil di aduk, klo sdh kalis / di bentuk jgn tambah air lg, masukan daun bawang, aduk rata.
  3. Ambil sedikit adonan lalu buat bulat2an. (saya seujung sdm)
  4. Rebus sampai matang (ciri2 sdh matang, smua cilok akn mengembang/mengapung) angkat dan tiriskan

Bahan kuah :

Sisa air rebusan cilok tambah royco dan lada bubuk secukupnya, masak hingga mendidih lalu masukan daun bawang.

Bahan sambal goang :
  • 20 buah cabe rawit ijo
  • 2 siung bawput
  • 2 siung bawmer
  • Gulgar secukupnya

Cara membuat sambal goang :

  1. Haluskan/ulek smua bumbu lalu tumis hingga harum
  2. Tambahkan air sedikit lalu masukan gulgar, aduk rata dan koreksi rasa.
  3. Masukan cilok aduk2, cilok goang siap dihidangkan...
Terimakasih semoga ada yg suka 😊

Resep Cilok Kuah Pedas Enak dan Sederhana

Ala
Aura Sandra
Resep Cilok Kuah Pedas Enak dan Sederhana
Resep Cilok Kuah Pedas Enak dan Sederhana

,,,,, Mantep Bun ,,,,,
Cilok kuah pedas Jeletoott ......
( Sambil nangis mkn nya )
Saking pedes e ......
Resep sudah banyak di grup bun . Sama aja nih, saya juga nyontek kok ...

Bahan Membuat Cilok:

*100 grm tepung terigu
*100 grm tepung kanji / aci
*2 siung bawang putih haluskan
*1/2 sdt garam
*1/2 sdt merica bubuk
*1/2 sdt royko ayam .
*1 sum daun bawang dan seledri iris halus .

Cara Membuat Cilok Kuah:

  1. Rebus 200 ml air + bumbu dan bawang putih hingga mendidih lalu tuang ke tepung yg sudah diaduk rata .
  2. Aduk aduk hingga bisa dibentuk .rebus dgn air mendidih yg sudah di tambah garam dan minyak goreng .
  3. Tiriskan ....
Bahan kuah untuk cilok :
  1. Bawang merah + bawang putih + cabe rawit dan cabe kriting .
  2. Uleg agak kasar .tumis hingga harum + mrica bubuk , sedikit gula + garam + royko ayam ..+ sambel botol biar merah .
  3. Masuk kan cilok aduk hingga mendidih + kecap manis sedikit + irisan daun bawang ...
Hidangkan panas panas ....
Cilok Pedas PKM
Resep Cilok

Cara Membuat Cilok Goang

Ala
Tiara Anggraeni
Cara Membuat Cilok Goang
Cara Membuat Cilok Goang

Bahan :

-1 Glas Terigu
-1/2 Gls Tapioka
-Bawang Putih
-Lada
-Daun Bawang

Bahan Kuah :

-7 Bji Cabe Jablay
-1/2 Ruas Kencur
-2 siung Bawang Putih.
-2 siung bawang merah.
-Daun Bawang
-Seledri

Cara Memasak :

Cilok goang :

Masukan bawang putih,lada,daun bawang dan royco kedalam adonan lalu tmbhkan air anget sedikit2 sampai adonan Kalis...lalu bentuk cilok masukan kedalam air yg sudah di didihkan.

Cara membuat kuah cilok :
  1. Ulek Cabe Jablay, Kencur,Bawang Putih.
  2. Goreng Bumbu Tambahkan air Masukan Royco,garam,micin. Lalu masukin Daun Bawang dan seledri.
  3. Lalu masukan Cilok Yg sudah di tiriskan Kedalam Mangkok..Masukan kuah.
*Tahu dan Timun Hanya Sekedar Tambahan Aja

Resep Cara Membuat Cilok Goreng


Terakhir, kita akan belajar membuat cilok goreng empuk, kenyal dan sederhana.

Resep Cilok Goreng Sederhana - Bom Cimol

Ala
Alin Lutfiyatun Nisa
Resep Cilok Goreng Sederhana
Resep Cilok Goreng Sederhana

Hujan sore enak ini ngemil cimol heeee
kebanyakan suka gagal saat buat Cimol, dulu saya juga pernah kena ledakan bom Cimol hehehe
tapi kalau sudah tau caranya sih enjoy aja ya bikin Cimol nya... heee

Bahan:

*10 sdm tepung kanji
*2 siung bawang putih ukuran kecil, haluskan
*secukupnya garam
*secukupnya penyedap rasa
*daun bawang secukupnya, iris tipis
*air panas secukupnya

Cara Membuat Cilok Goreng Sederhana:

  1. Siapkan tepung kanji dalam wadah, beri bawang putih yang sudah dihaluskan, daun bawang, garam dan penyedap rasa
  2. Tuangi air sedikit - sedikit sambil di uleni. Airnya harus sedikit - sedikit, agar tidak kelembekan. Uleni sampai kalis, tidak lengket di tangan dan mudah di pulung.
  3. Siapkan wajan berisi minyak, jangan di panaskan dulu.
  4. Bentuk adonan bulat- bulat, masukan ke dalam wajan berisi minyak. Jika sudah selesai, nyalakan kompor dan goreng adonan dengan api kecil.
  5. Goreng sambil di balik-balik agar tidak saling menempel dan matang merata. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan.
  6. Jika adonan belum habis, tunggu hingga minyak dingin dulu, baru di goreng. Atau bisa menggunakan wajan lain
  7. Sajikan cimol dengan bumbu sesuai selera.
Bagaiman? Mudah bukan, resep cara membuat cilok goreng sederhana di atas? Selamat mencoba!

Lihat juga Cara Membuat Bakso Ayam Untuk Jualan

Demikianlah beberapa resep cara membuat cilok empuk, kenyal dan sederhana. Semoga bermanfaat! 

  August 30, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close