Skip to main content

Kumpulan Resep Ayam Kecap, Goreng, Mentega Terbaru

Kumpulan Resep Ayam Kecap, Goreng, Mentega Terbaru - Ayam menjadi salah satu hewan yang paling populer menjadi olahan istimewa masyarakat Indonesia pada umumnya. Ini karena daging ayam dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan enak dan sederhana dengan dukungan bumbu yang komplit.

Mulai dari resep ayam kecap, goreng, mentega, ayam berkuah semuanya menjadi menu simpel istimewa yang wajib diketahui oleh ibu-ibu rumah tangga. Namun mengolah ayam tidak hanya berkaitan dengan menjadikannya masakan yang pedas dan enak, tapi juga tetap mempertimbangkan aspek kesehatan.

Kumpulan Resep Ayam Kecah, Goreng, Mentega, Berkuah Terbaru 


Hari ini saya akan berbagi berbagai macam jenis olahan ayam simpel dan istimewa menu khusus untuk keluarga bagi ibu-ibu untuk membuat masakan ayam ala restoran mahal. Langsung saja, berikut beberapa resep ayam terbaru komplit dan lengkap dengan cara memasak ayam dengan bumbu seadanya.

Resep Ayam Rica-Rica Pedas Terbaru

Ala
Auna Shahab

Masak apa hari ini bunda??
Yang suka pedas, boleh cobain nih resep saya ☺️.
Masakan ayan rica-rica resepta
Ayam Rica-rica
Bahan-bahan :

-1/2 ekor ayam, potong2, cuci bersih.
- 2 ikat kemangi
- 1 lembar daun salam
- 1 ruas jahe, digeprek
- 1 ruas lengkuas, digeprek
- 2 batang serai, ambil putihnya, memarkan
- Bumbu ungkep ayam
- Gula, garam dan kaldu bubuk secukupnya
- Minyak untuk menumis
- Minyak untuk menggoreng

Bumbu yang dihaluskan :

- 10 buah cabe rawit merah
- 15 buah cabe rawit merah (atau sesuai selera)
- 1 buah tomat merah
- 1 Ruas kunyit
- 3 buah kemiri
- 6 siung bawang merah
- 4 siung putih

Cara membuat :
  1. Ungkep ayam dengan bumbu ungep, kemudian goreng dan tiriskan.
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu yang sudah dihaluskan, hingga harum.
  3. Tambahkan jahe, daun salam, lengkuas, sereh, gula, garam dan kaldu bubuk secukupnya. Lalu diaduk.
  4. Setelah harum, masukkan ayam, dan masak hingga bumbu menyerap.
  5. Terakhir masukkan daun kemangi.
  6. Angkat, sajikan dan siap untuk dinikmati.

Resep Ayam Goreng Cabe Ijo Kemangi

Ala
Ambu Dylan
resep masakan ayam
Masakan Ayam
Bahan :

*1 kg ayam pasar
*Seperempat kg cabe keriting ijo
*4 biji tomat ijo ukuran sedang
*4 siung baput
*6 biji bamer sedang
*Satu ikat kemanggi
*Jahe sebesar ibu jari
*Garam dan gula pasir secukupnya

Cara Buat :
  1. Cuci bersih ayam, lalu rebus dengan jahe yg udah diulek,sampai ayam keluar wanginya dan jgn lupa kasih garem dikit,
  2. Setelah itu ulek semua bumbu cabe, baput, bamer, tomat sampai halus,
  3. Goreng ayam separo mateng aja biar ngk keras, minyak sisa goreng ayam tadi pake buat ngegoreng bumbu yg udah di ulek, tambahkan air rebusan sedikit biar ngk kering cabenya, setelah harum, masukkan ayam yg udah digoreng tadi, masukkan daun kemangi yg udah di potek dari tangkainya dan cuci bersih dulu, tambahkan garem secukupnya, kalau seneng agak manis boleh kasih gula pasir, kalau ngak ngk usah ya bun, aduk sampai bumbu meresap dan daun kemanggi layu,
  4. Ayam cabe ijo kemanggi siap dihidangkan.

Resep Ayam Kuah Sayur Terong Selera Pedas

Ala
Zaenafiatul Holifah
resep ayam terong pedas
Ayam Terong Pedas
Bahan :

*Resepnya 1/4 tetelan Syam
*5 siung bmer
*3 siung bput
*3 biji kemiri
*2 btng sery
*daun jeruk
*Cabe merah bsar
*3 biji terong
*3 biji kacang panjang
*100 grm cabe rawiet

Cara Buat :
  1. Daging cuci bersih selesai. Lalu direbus
  2. Setelah itu terong dikupas lalu digoreng
  3. Daging ayam juga digoreng
  4. Kacang panjang digoreng
  5. Selesai tingal bumbu di blender selesai tumis sudah harum masukkan daging ayam, lalu tuang sedikit air agar meresap bumbunya lalu masukkan terong, kacang panjang diamkan sebentar setelah mersap bumbunya angkat siap saji.

Resep Ayam Bakar Kecap

Ala
Sari Puspa
resep ayam bakar kecap
Ayam Bakar Kecap
Bahan :

*1 ekor ayam utuh ukuran sedang (me : ayam broiler berat 800 gr/ 8 0ns) belah bagian dada, lumuri dgn perasan jeruk nipis
*Kecap manis
*Margarin

Bumbu halus :

*2 siung bawang putih
*3 siung bawang merah
*1 biji cabe merah/cabe besar
*Sedikit ketumbar dan merica
*Gula merah, garam dan penyedap rasa

*uleg/haluskan

Lalapan : (sesuai selera)

*Daun ubi, rebus
*Daun kemangi
*Irisan timun dan tomat

Sambal :

*Bawang merah
*Bawang putih
*Cabe merah
*Cabe rawit
*Tomat

* goreng sbntar, tambahkan terasi, garam, gula dan penyedap rasa, haluskan/uleg
* beri perasan jeruk limau lalu goreng lagi sbntar.

Cara Membuat :
  1. Ungkep ayam dgn bumbu, tambahkan kecap manis dan secukupnya air smp matang dan bumbu asat/tinggal sedikit (smbil di bolak balik spy bumbu meresap)
  2. Tiriskan, olesi bergantian dgn margarin dan sisa bumbu ungkep, lalu bakar.
  3. Sajikan dgn lalapan dan sambal.
NB: membakar boleh pkai alat apa saja (tungku/teflon/bakaran lain nya)

Resep Ayam Terbaru : Seblak Ceker

Ala
Unyil
resep seblak ceker sederhana
Seblak Ceker
*Bahan :

✓Krupuk udang
✓sosis / campur bakso
✓ceker
✓mie isntan secukupnya
✓daun bawang iris tipis"
✓1btr telur

*Bumbu :

✓4siung bawang merah
✓2siung
✓air kaldu rebusan ceker/air biasa
✓bumbu kaldu bubuk/royco
✓garam
✓cabe rawit&cabe kriting
✓kemiri
✓mrica bubuk
✓saori saos tiram 1/2 sdt.

*Cara memasak :
  1. Haluskan bawang merah & putih,garam,kemiri,cabai
  2. Rebus ceker, tiriskan ambil kuah kaldunya
  3. Rebus krupuk & mie kemudian angkat tiriskan semua
  4. Masukan bumbu yg telah dihaluskan tumis sampai harum, kemudian masukan ceker, krupuk, mie dan sosis aduk sampai rata kemudian tambahkan kaldu rebusan ceker ayam sampai mendidih tambahkan telur aduk rata dan masukan bumbu kaldu bubuk royco saos saori tiram aduk rata diamkan 5 menit angkat dan sajikan

Resep Ayam Goreng Mentega

Ala
Neng Firsa
resep dan cara membuat ayam goreng mentega
Ayam Goreng Mentega
Bahan:

*1 kg daging ayam sudah di potong2
*1/2 siung bawang bombay potong kasar
*5 siung bawang putih memarkan
*2 sdm mentega (saya pake blue band)
*1 sdm kecap asin
*2 sdm kecap manis
*1 sdt minyak wijen
*sedikit garam &gula
*1 sdt merica
*50 ml air untuk memasak
*minyak goreng secukupnya

#Bumbu Marinasi

*1 sdt merica
*1 sdt kecap asin
*sedikit garam
*1 buah jeruk nipis (ambil airnya)

Cara Memasak
  1. Pertama cuci daging ayam sampei bersih.
  2. Campur daging ayam dengan bumbu marinasi,aduk rata ,diamkan 30 menit.
  3. Panaskan minyak goreng.
  4. Goreng daging ayam sampei matang kuning kecoklatan,angkat sisihkan.
  5. Panaskan mentega lalu tumis bawang bombay,bawang putih .
  6. Masukan kecap asin,kecap manis. garam,gula,minyak wijen,merica.
  7. Masukan air ,masak sampei bumbu mendidih.
  8. Kemudian masukan daging ayam
  9. Aduk rata,masak sampei matang,cicipi rasanya.
  10. Lalu matikan api kompornya.
  11. Sajikan ayam goreng mentega dengan nasi hangat.
Note: bila suka bisa dikasih daun bawang

Selamat mencoba!

Resep Ayam Ceker Lunak HUH HAH🔹

Ala
Sari Puspa
Ceker Ayam
- Bahan :

*Ceker ayam, cuci bersih, presto 20 menit, tiriskan
*Daun jeruk
*Daun bawang, iris2
*Bawang goreng
*Secukupnya kecap manis

- Bumbu halus : (me : di blender)

*Bawang merah
*Bawang putih
*Cabe merah agak bnyk
*Cabe rawit banyakin
*Sedikit jahe
*Kunyit
*Ketumbar
*Kemiri
*1 buah tomat

- Cara Membuat :
  1. Tumis bumbu halus dan daun jeruk, masukan ceker, kecap manis, penyedap rasa, gula dan garam.
  2. Tambahkan secukupnya air (sesuai selera kuahnya) masak sampai meresap, tes rasa.
  3. Terakhir masukan daun bawang dan bawang goreng, angkat, Sajikan.

Resep Ayam Bumbu Rujak

Ala
Resep Si Mbok

Ini enak dimakan begitu aja dan lebih enak lagi kalo dipanggang makan bareng lalapan dan sambel terasi.

Resep Ayam Murah
Resep Ayam by Resep si Mbok
Bahan:

- 700 gr ayam
- 1 btg serai, geprek
- 2 lbr daun salam
- 4 lbr daun jeruk
- 2 sdm gula merah
- 1 sdm asam jawa, larutkan
- 300 ml santan (65 ml santan instan + 235 air)
- Garam
- Gula

Bumbu halus:

- 7 siung bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 10 biji cabe keriting
- 1 ruas jahe
- 1 sdt ketumbar
- 2 btr kemiri

Cara Membuat:
  1. Tumis bumbu halus, daun jeruk, serai dan daun salam hingga wangi.
  2. Masukan ayam, aduk-aduk hingga ayam berubah warna.
  3. Tambahkan santan, gula merah, larutan asam jawa, garam dan gula.
  4. Aduk rata.
  5. Masak hingga ayam matang dan air santan menyusut.
  6. Koreksi rasa, lalu angkat dan sajikan.
Ayam Bumbu Rujak sudah siap disajikan untuk keluarga yang istimewa dengan bumbu seadanya.

Resep Ayam Suwir Nasi Bakar

Ala
Aura Sandra

,,,,, Maksi Nasi Bakar bersama Resepta dan Aura Sandra ,,,,,

Bahan :
Belajar membuat nasi bakar isi ayam
Nasi Bakar Isi Ayam
*4 cangkir beras masak Di magic com dgn bumbu
*3 siung bawang merah iris2
*2 siung bawang putih iris 2
*1 ruas jahe geprek
*1 batang serei geprek
*2 lembar daun salam
*2 lembar daun jeruk
*Garam, royko
*Tambah air seruas jari + 2 sdm Blue band . Masak seperti biasa sampai matang .

Isi untuk Nasi Bakar :

*1potong dada ayam rebus suwir-suwir .
Isi Nasi Bakar
Isi Nasi Bakar Ayam Suwir
Bumbu Nasi Bakar Isi Ayam:

*5 siung bawang merah
*3 siung bawang putih
*1 ruas jahe
*1 buah tomat iris2
*1/2 sdt merica bubuk
*1/2 sdt ketumbar bubuk
*1 ruas lengkuas
*5 buah cabe merah kriting
*1 buah bawang bombay iris2
*2 batang daun bawang iris2

Cara Membuat Nasi Bakar Isi Ayam :
  1. Haluskan bumbu kecuali yg diiris , tumis hingga harum mask kan bumbu yg diiris tambah daun salam.
  2. Masukkan ayam suwir , bumbui gula, garam , royko , merica bubuk dan ketumbar bubuk .
  3. Cicipin rasa nya jika sudah pas matikan api .
  4. Ambil daun pisang yg sudah dibersihkan olesi minyak goreng,
  5. Ambil nasi 1 centong pipihkan isi dgn ayam suwir gulung dan semat kedua ujung nya dgn tusuk gigi .
  6. Panggang 15 menit ...
Resep dan cara membuat nasi bakar
Gogos or Nasi Bakar
( Jadi 15 Bungkus )
( Silahkan Bunsay, Wangi daun salam dan nikmat ayam suwir nya .....) bikin Lapar karena enaknya ..

Demikianlah resep nasi bakar unik bungkus daun pisang dengan ayam suwir. Selamat menikmati!

Resep Tongseng Ayam Sederhana

Ala
Riva Akmal
resep tongseng ayam enak dan sederhana
Tongseng ayam enak dan sederhana

Lama tidak posting resep...

👉Bahan:

- 1/2 kg ayam, potong kecil2 (saya pakai bagian sayap )
- 1 buah tomat, potong2
- 1/4 kg kol, sobek2
- 2 btg daun bawang, rajang (saya tdk pakai)
- 2 lbr daun jeruk, sobek2
- 2 lbr daun salam
- 2 ruas jari lengkuas, geprek
- 2 btg serai, geprek
- 3 sdm santan kental
- 10 biji cabe rawit utuh
- Kecap manis secukupnya
- Garam swcukupnya
- Gula secukupnya
-minyak goreng 2 sdm utk menumis

👉Bumbu Halus:

- 4 siung bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 1/2 sdt merica butir
- 1 cm kunyit

👉Langkah Masak:
  1. Tumis bumbu halus dgn sedikit minyak sampai wangi, masukan daun jeruk, daun salam, lengkuas dan serai.
  2. Masukkan ayam yg sdh dipotong2, aduk rata. Tambahkan air secukupnya. Tutup dan masak dengan api sedang sampai ayam matang & empuk.
  3. Tuang santan kental, aduk terus agar santan tdk pecah. Tambahkan garam, kecap manis, kaldu bubuk. Tes rasa
  4. Masukkan kol, tomat, cabe rawit, dan daun bawang. Aduk rata kurleb 3 menit. Angkat dan sajikan.
Itulah resep tongseng ayam sederhana dan enak menggunakan santan. Semoga bermanfaat!

Resep Ayam Asam Manis Pedas

Ala
Sari Puspa
resep dan cara membuat masakan ayam rasa pedas asam manis
Menu Ayam Pedas Sederhana dan Enak
Inilah resep dan cara membuat menu ayam pedas dengan rasa asam manis dengan cita rasa enak dan sederhana. Silahkan langsung terjun ke dapurnya bun :)

▶ Bahan :

*1/2 kg ayam, potong2 sesuai selera, cuci lalu beri perasan jeruk nipis
*1 sdm saos tomat
*1 bks kecap manis (Rp500)
*1 sdm kecap inggris
*1 sdt kecap asin

▶ Bumbu :

*1 siung bawang putih, iris2
*2 siung bawang merah, iris2
*1 buah tomat, potong2
*1 buah cabe merah, potong2
*Secukupnya cabe rawit (potong2/utuh sesuai selera)

▶ Cara Membuat :
  1. Goreng ayam setengah matang, tiriskan.
  2. Tumis bawang smp harum, masukan cabe dan tomat, tumis smp layu.
  3. Masukan ayam beserta bahan2 lainya, tambahkan secukupnya air, penyedap rasa, garam dan gula.
  4. Masak sampai kuah menyusut dan agak mengental, tes rasa, angkat. Sajikan.
#NB : tes rasa asam, asin, dan manisnya kudu pas yaa 😊

Demikianlah resep ayam pedas asam manis sederhana dan praktis, harga murah dan enak. Menu dengan bahan ayam ini cukup murah lho bunda, tapi tetap istimewa dan komplit untuk keluarga. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat! 

Resep Ceker Pedas Empuk

Ala
Siti Sariati
resep dan cara buat ceker empuk dan pedas
Resep Ceker Pedas Manis
Ceker pedas ini salah satu menu kesukaan keluarga. Selain ceker biasanya saya ganti dgn daging ayam atau ikan yg digoreng terlebih dahulu. Untuk bumbu dikira2 sj ya.

Bahan:

- Ceker ayam, bersihkan lalu rebus sampai empuk.

Bumbu yang dihaluskan:

-Bawang merah
-Bawang putih
-Cabai rawit
-Cabai merah besar
-Jahe
-Kunyit
-Lengkuas(bisa digeprek)
-Tomat
-Garam & gula secukupnya
-Kaldu bubuk(kalau suka)
-Minyak untuk menumis bumbu
-Sedikit air.

Cara Buat:
  1. Tumis bumbu halus sampai harum & agak kering.
  2. Masukkan ceker dan sedikit air.
  3. Beri garam & gula secukupnya.
  4. Aduk-aduk sampai air mengering.

Resep Tongseng Ayam Pedas Istimewa dan Sederhana

Ala
Aura Sandra
resep tongseng ayam pedas sederhana
Resep Tongseng Ayam
Tongseng Identik Dengan Daging Kambing, Sebagian Orang Tidak Suka Aroma kambing, Ini Saya Berinovasi Dgn Ayam Potong. Hasilnya Nikmat Dan Aroma Mengoda Selera dengan pedas dan sederhana yang sempurna.

Bahan :

* 500 Grm Ayam potong , Cuci Bersih Lumurin air jeruk Nipis dan Garam . Biarkan 15 menit Lalu Bilas .
* 500 ml Santan Sedang
* 4 Lembar Kol / Kubis Potong2
* 1 Buah Wortel potong Serong
* 1 Genggam Buncis Potong panjang
( Sayur Boleh Di Skip kalau Tidak Suka )

Bumbu :

* Saya Pake Bumbu Lengkap seperti Tongseng Kambing tambah Rempah rempah .
* Bawang Merah ,Bawang Putih ,Cabe Merah , Cabe Kriting , Cabe Rawit , Kunyit , Jahe ,Kemiri , Mrica , Pala , Lengkuas Digeprek , Sereh di geprek, Daun salam , Daun Jeruk .
Kapulaga , Bunga Lawang , Kayu Manis , Cengkeh , Jinten Bubuk .

Caranya :
  1. Haluskan Semua Bumbu Kecuali Rempah rempah dan bumbu yg Digeprek Lalu Tumis Hingga Wangi , masuk kan Ayam Kasih Sedikit Air tambahkan garam dan Royko rasa Ayam lalu Masuk kan Sayuran , Setelah Agak Empuk Masuk kan Santan , kalau Mau mendidih Masuk kan Potongan Tomat dan Daun Bawang .
  2. Aduk Aduk Jgn Sampai pecah santan nya lalu Masuk kan 2 Sdm Kecap Manis , Tes Rasa Kalau Sudah cukup rasanya matikan Api .
  3. Hidangkan Dengan Ditaburin Bawang Goreng!

Resep Ayam Suwir Simpel dan Praktis

Ala
Tata Ayu
resep ayam suwir sederhana
Ayam Suwir
Bahan :

_1/2 kg dada ayam
_5 btr bwg merah
_3 btr bwg pth
_5 buah cabe merah
_5 buah cabe rawit
_sckpny mrica
_sckpny garam
_gula pasir
_kecap
_1sdm saos tiram
_1 ruas lengkuas
_2 lbr daun salam
_pnydp masakn

Cara buat:
  1. Rebus daging ayam lalu suwir2 sisihkan
  2. Blender bumbu kcuali lengkuas dan daun slm
  3. Tumis bumbu yg sdh dhlskn sampai harum tambah sdkit air lalu masukkn ayam kecap & saos tiram srta penydap mskn,tumis sampai air kering
  4. Koreksi rasa,sajikan brsma nasi hangat.

Resep Lemper Isi Ayam

Ala
Murgiati
resep lemper isi ayam
Lemper Isi Ayam
Bahan:

*1kg beras ketan putih
*1/2 kelapa tua santan
*1/2 dada ayam,,
*Garam secukupnya
*4 butir bawang putih
*1/2 sdt lada
*1sdt tumbar
*serai
*daun jeruk
*Gula putih menurut selera
*Daun secukupnya

Cara Buat:
  1. Ayam rebus, lalu potong 2 halus
  2. Haluskan bawang putih, lada, tumbar
  3. Tumis bumbu + 2 helai serai 4 lembar daun jeruk, masukkan ayam kasih air sedikit saja biar bumbu ngeresap lalu kasih gula.
  4. Saya suka isi lemper manis jadi aku kasih 2 sdm gula putih
  5. Masak sampai air kering n berminyak baru angkat sisihkan
** Masak santan + serai+ daun jeruk sampai mendidih lalu angkat tutup biar panasnya awet

** Beras ketan kukus sampai mateng,, lalu angkat taruh wadah yg besar guyur dgn santan dikit demi sedikit + garam secukupny,aduk sampai rata, santanya ambil yang atasnya dulu jangan diaduk, biar gurih,

** Lalu kukus 1/2 jam,,matikan api ketan taruh diwadah dan tumbuk tapi jgn terlalu halus

** Dalam keadaan panas ambil pipihkan isi ayam,,lalu gulung bungkus menurut selera, lalu panggang sebentar,

Ini aku bikin jam 2 malam dimakan jam 7 malam lagi tidak basi tapi saya manggangnya jam 5 pagi.

Resep Ayam Terbaru, Simpel dan Pedas

Ala
Enka
resep ayam praktis ekonomis
Menu Ayam
Olahan paha dan sayap ungkep simple, juga
Rica kaki ayam. ... Pedeeess.
Ayam Goreng Bumbu Ungkep

Bahan :

*1kg campur paha sayap dan dada ayam

Bumbu halus :

*2 ruas kunyit dan 1ruas jahe ukuran ibu jari
*5 butir kemiri..
*4siung bw putih, 6siung bw mera

Bumbu pelengkap :

*2 lmbar daun jeruk, salam, sereh, laos di geprek. Setengah sdkt lada halus
*6sdkm minyak goreng

Cara buat :
  1. Tumis bumbu dan pelengkapnya hingga harum
  2. Apinya sedang aja. Masukan ayam kadlm
  3. Wajan yg sdh di tumis beri air aduk biar rata
  4. Tutup wajannya,, masak dan ungkep ayam
  5. Setengah jam lebih... Kalau airnya kurang
  6. Boleh bunda tambahkan,, dan cicipi rasanya.
  7. Setelah di ungkep,,, goreng kecoklatan...
NB: Ini bisa untuk pecel lele juga.

Selemat mencoba dan semoga bermanfaat dan resep ayam sederhana dan ekonomis ini bisa diikuti dengan baik dan benar.

Resep Bakso Daging Sapi dan Ayam

Ala
Wati Wong
resep bakso sapi dan ayam
Bakso daging sapi + ayam
Bahan :

*500 gr daging sapi giling
*500 gr daging ayam giling
*2 sdm baput goreng
*2 sdm bamer goreng
*75 gr teoung kanji/tapioka
*1sdt lada bubuk
*1sdt grm halus
*1 bngkus masako sapi
*1 btr telor
*8 butir es batu kecil2

Cara Buat :
  1. Campur semua bahan uleni sampai kalis lembut dan lentur,
  2. Lalu cetak dan cemplungin ke air mendidih kalau sudah mengapung berarti sudah matang, angkat.
NB :

Bisa ditambah baking powder 1/2 sdt kalu mau hasilnya empuk.

Demikianlah resep bakso ayam dan sapi sederhana untuk bunda di rumah yang baru belajar buat bakso. Semoga bermanfaat!

Resep Pepes Usus Ayam Sederhana

Ala
Neng Firsa
resep pepes usus ayam
Pepes Usus Ayam
Bahan:

*1 /4 Kg usus ayam
*2 lembar daun salam
*1 batang serai potong memarkan
*Daun kemangi secukupnya
*gula merah&garam secukupnya
*Daun pisang untuk membungkus
*1 sdm minyak goreng
*5 buah cabe rawit utuh (bila suka)

Bumbu dihaluskan:

_7 siung bawang merah
_4 siung bawang putih
_5 butir kemiri sudah disangrai
_1 sdt merica
_1/2 sdt ketumbar sudah disangrai
_6 cm jahe
_2 ruas kunyit
_sejumput garam

Cara Membuatnya:
  1. Pertama cuci usus ayam sampei bersih,
  2. lalu lumuri sedikit garam&air jahe ,diamkan sesaat.
  3. Kemudian rebus sampei matang,angkat cuci bersih lalu potong2 .
  4. Panaskan minyak goreng
  5. Lalu tumis bumbu halus sampei matang.matikan api kompornya.
  6. Kemudian masukan usus ayam&bahan lainnya aduk rata .
  7. Ambil 1 sinduk sayur usus
  8. Lalu Bungkus dengan daun pisang.
  9. Kemudian kukus selama 50 menit
  10. Matikan api kompornya ,kemudian bakar pepes sebentar saja untuk mengeluarkan aroma daun pisang&bumbu pepes.
  11. sajikan pepes dengan nasi hangat.

Resep Ayam Goreng dan Saus Sederhana - Chiken Sause

Ala
Imas Permasih
resep ayam goreng dan saus
Chiken Sause
Bahan chiken :

-ayam
-air (untuk merebus)
-garam
-1 lembar daun salam
-terigu cair yg sudah d beri merica bbuk dan penyedap
-tepung sajiku serba guna

Bahan sause :

-cabe merah/kriting
-3 siung bawang merah
-2siung bawang putih
-saus tomat
-garam
-gula
-50ml air

Cara buat :
  1. Rebus air. Beri garam dan daun salam lalu masukan ayam. Rebus hingga bumbu meresap lalu angkat dan tiriskan.
  2. Masukan ayam k tepung serba guna lalu celupkan ke terigu cair. Gulingkan lagi k terigu serbaguna sambil agak d remas.
  3. Goreng hingga warna keemasan.
  4. Haluskan cabe, bawang merah, bawang putih.
  5. Tumis bumbu yg sudah d haluskan sampai harum. Masukan sause, garam, gula dan air.
  6. Aduk-aduk hingga mengental.
  7. Tuang sause nya di atas chiken dan taburi wijen

Resep Masakan Ayam Ungkep Asam Manis

Ala
RRoro Eva Febry Iswanti
RESEP MASAKAN AYAM
Ayam Ungkep Asam Manis
Bahan :

*Ayam 1 ekor
*kecap manis (aku pakai kecap bango harga 1500 2 sachet)
*Minyak untuk menumis
*Salam lengkuas (memarkan)

Bumbu halus :

*7butir bawang merah
*5butir bwang putih
*Cabe merah sesuai selera
*2btir kemirii
*2cm kunyit
*2cm jahe
*1 asam jawa yg harga 500an
*Setengah sdt ladaku bubuk
*Itu semua di haluskan ya bun kecualii asam jawa nya asal tumbuk aja tapi jangan sama bijinya nanti pahit

Cara buat :
  1. Ungkep ayam selama 15menit lalu angkat
  2. Tumis bumbu yg di haluskan sampai harum,lalu beri air kira2 3 gelas belimbing atau sampai ayam nya nanti agak kerendam air bumbu itu ya bunda,
  3. Lalu masukan kecap manis,gula 2sdm atau sesuai selera mau manis atau gak,garam 1 sdt,aku kasih sasa sedikit bund kalau tidak mau tidak masalah.
  4. Lanjut masukan ayam yg sudah di ungkep tadii sesekali di balik ya bund agar bumbu meresap selama 20 menitan.
  5. Tergantung bunda yaa mau ada kuah nya atau gak kalo aku lebih enak ada kuah2nya dikit bund,setelah bumbu meresap angkat dan sajikan
  6. Endess cucookk marucook bund suami aku suka banget kalo aku masakin inii
Semoga bunda terinspirasi dan selamat mencoba, happy cooking!

Lihat juga Kumpulan Resep Kue dan Makanan Paling Praktis

Demikianlah resep masakam ayam terbaru yang meliputi resep ayam kecap, goreng, mentega, berkuah dengan menu bumbu pedas dan sehat yang simpel, istimewa dan komplit ala restoran. Semoga resep ayam pilihan ini yang lengkap dengan cara memasaknya ini berguna.

  August 17, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close