Skip to main content

Kumpulan Resep Kue dan Makanan Paling Praktis Untuk Dibuat

Resep Kue dan Makanan - Halo mom's, yang pada senang buat kue dan memasak buat keluarga tercinta, kali ini saya akan memposting artikel tentang kumpulan resep kue dan makanan paling praktis untuk di buat di rumah dan semoga jadi berkah buat kita semua, selamat mencoba !!!

Kumpulan Resep Kue dan makanan Paling Praktis - pixabay.com

Kue Tok
Ala
Diansari

resep kue tok sederhana
Kue Tok

Bahan 1 :

*1 bks tepung ketan
*2 gls santan hangat
*5 sdm gula
*2 bj kentang
*5 sdm minyak
*Secukupnya pewarna makanan warna merah cabe

Bahan isi:

*1/4 kg kacang hijau kupas
*10 sdm gula

Langkah :

1. Uleni semua bahan 1 hingga kalis

2. Untuk bahan isi kukus terlebih dahulu kacang hijau kupasnya hingga matang lalu dihaluskan.

3. Masukkan kedalam wajan lalu campur dengan gula, diuleni samai kalis.

4. Setelah matang dibentuk lonjong terlebih dahulu. Kemudian bahan 1 dipipihkan dan dimasukkan kedalam cetakan beserta isinya.

5. Lalu kukus kurleb 5 menit.

Nb:

Kakau adonan masih keras waktu nyetak tambah sedikit2 air hangat.

Semoga bermanfaat bunda dan selamat mencoba!

Lihat juga Kumpulan Resep Ayam Terbaru

Pepes Tahu Putih
Ala
Aura Sandra

resep pepes tahu sederhana
Pepes Tahu Putih

(Yang Bosan tahu goreng , boleh Sekali Kali Di pepes seperti Ini .
Kalau Bunda Yg Sudah pintar Masak Mungkin Sudah Biasa ya , ini Saya share buat yg Pemula yg pingin Belajar masak.

Bahan :

* 1 kotak Tahu Putih ( 3000 Rupiah )
* 1 butir Telur

Bumbu :

* bawang Merah
* bawang putih
* ketumbar
* Daun Jeruk
* Cabe Merah
* cabe Rawit
* Daun Bawang ,Seledri potong2
* sedikit Gula , garam , Royko

Caranya:

* Haluskan Semua bumbu lalu campur dgn Tahu yg Sudah dihaluskan juga .
* aduk Rata , Masuk kan Daun Bawang Seledri dan Telur , Tambah 2 sdm Minyak , Aduk Rata .
* Bungkus Dgn Daun pisang dan Semat Dgn lidi .
* kukus 30 menit .
* Sajikan Dgn Sayur Bening , Sambal dan Lauk Lain nya .

BOLA-BOLA COKLAT MESES
Ala
Siti Munawaroh

resep bola-bola coklat meses
Bola-bola Coklat Meses

Bahan :

- 1 bungkus biskuit Roma Kelapa
- Secukupnya SKM coklat
- 1 sdm Blue band, cairkan
- Secukupnya meses

Cara Buat :

1. Hancurkan biskuit sampai benar2 halus, tambahkan blue band yg sudah dicairkan.

2. Masukkan SKM coklat secukupnya sampai adonan bisa dibentuk yaa.

3. Bentuk bulat, gulingkan diatas meses. Simpan dalam kulkas sebentar agar meses menempel sempurna.

4.Setelah itu bola-bola coklatnya siap disajikan.

Semoga bermanfaat resepnya!

Donat Irit
Ala
Sasha

resep donat ekonomis tanpa telur
Donat Tanpa Telur

Donatt Irit No telurr super Lembut

Bahan :

-Tepung Terigu 1/2kg
-margarin 1 1/2 sendok makan full
-Fermipan 1.1/2 sndok teh masukan ke gelas kasih air tutup slma 20mnt
-Gula pasir 2sndok makan
-Air 1gelas stengah

Cara :

1. Masukan Gula,Margarin Fermipan kedlam Baskom.aduk pke tangan lalu masukan Tepung. Aduk2 lgi pake tangan hingga adonan kalis tidak lengket di tangan

2. Tambahkan Air Bila masih kaku. klo udah kalis tutup adonan selama 1jam.

3.kalau sudah tinggal bentuk2 dehh.

4. Terus goreng dngn api kecil.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Pempek dos/pempek tanpa ikan
Ala
Refi Emildawati

resep pempek sederhana tanpa ikan
Pempek dos

Kalau bikin pempek jg ingat keluarga di palembang...
Sy mau berbagi resep pempek dos atau pempek tanpa ikan, walaupun uda 3 hari pempeknya msh enak & lembut asal disimpan di wadah/kotak yg tertutup rapat lalu di simpan di kulkas di rak bawah aja jangan di freezer.

Bahan :

*1 kg sagu/tapioka/aci
*400 gr terigu
*1 btr telur
*50 ml minyak goreng
*1 atau 2 sachet royko
*telur buat isian pempek sesuai selera masing"
*Garam
*Air mendidih

Cara membuatnya :

*campur sagu,terigu,garam,royko aduk"

*tuang air mendidih aduk sampai tercampur rata,hentikan pemberian air panasnya bila dikira" uda tercampur rata semua adonan

*biarkan dingin

*masukan telur,minyak goreng aduk/uleni sampai tercampur rata

*oles tangan dengan sedikit sagu

*ambil sedikit adonan & bentuk pempek mau di isi telur atau lenjer sesuai keinginan masing" ya

*rebus air sampai mendidih lalu beri sedikit minyak gunanya biar pempek tidak lengket/menempel satu sama lain

*rebus pempek sampai mengapung/matang

*angkat dan dinginkan

Cara Buat Cuko/cuka

Bahan :

*500 gr gula merah
*Cabe rawit sesuai selera mau pedas nya
*Bawang putih
*Garam
*Asam jawa

Cara membuatnya :

*rebus gula merah sampai gula larut angkat & saring

*ulek/blender cabe,bawang putih sampai halus

*masak gula merah,masukan campuran cabe & bawang putih

*masukan garam,asam jawa

*tes rasa

*masak sampai mendidih/sampai matang

*angkat & dinginkan

Pempek dos siap dinikmati bersama cuko/cuka.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

Telur Asin
Ala
Bunda Hen

resep membuat telur asin
Telur Asin

Bahan :

*10 butir telur bebek
*Garam kasar 500gr, air 500ml, klo mau berbumbu boleh, gak jg gak apa, sesuai selera aja ya 😉

Langkah :

1. Telor di hamplas cuci bersih, lalu lap kering, garam dan bumbu larutkan dg air, masukan telor yg sdh dicuci bersih, simpan diwadah dan tutup,

2. Tunggu sampai 15-18 hari baru panen,

3. Rebus sampai matang kira kira 30 menit

Note :

Air rendaman kira kira 3cm diatas telur

Selamat mencoba!

Bolu Kukus Pandan
Ala
Dyah Fitri Andari

resep bolu kukus pandan
Bolu Kukus Pandan

(No oven/ no mixer)
Bahan-bahan :

*7 sendok tepung
*7 sendok gula pasir
*2 butir telur
*2 sendok mentega (cairkan)
*1 bungkus vanili
Setengah sendok Sp
*2 sendok SKM (Susu Kental Manis)
*Sepucuk sendok pasta pandan

Caranya:

1. Kocok gula, telur & Sp (saya pake wishker/mixer manual) hehehe.. sampai gula tercampur rata (warnanya berubah agak putih/mengembang kemudian masukkan tepung, vanili (aduk rata), masukkan SKM, pasta pandan, mentega yg sdh di cairkan (sy pake blueband)

2. Setelah tercampur rata masukkan ke cetakan,

3. Kemudian kukus selama 30 menit (tutupnya di kasih kain ya bunda, supaya airnya ngga netes ke adonan)

Note :

Cetakannya diolesi campuran (terigu, mentega, minyak goreng)

Demikian bunda, cara membuat bolu kukus pandan versi saya, jadinya bolu mini soalnya saya cuma pake 2 telur. Kalau mau hasilnya lebih tinggi bs pake 4 telur, tepungnya jadi 10 sendok/12 sendok gula pasirnya jg menyesuaikan jika tepung 10 sendok gula pasir jg 10 sendok.

O ya karena mengocok telurnya manual jd hrs sabar sampai betul2 mengembang (jd agak berat/berwarna putih) klo mo pake mixer silahkan.

Semoga bermanfaat!

Kue Lapis Pandan
Ala
Popi Susilowati
resep kue lapis pandan
Kue Lapis Pandan

Bahan:

*Terigu 1/4
*Tepung kanji/tepung tapioka/aci 1/4
*Gula pasir 1/4
*Air santan 800 ml
*Garam 1/2 sdt
*Vanilli secukupnya

Cara buat:

1. Campur semua bahan aduk hingga rrata.lalu bagi dua adonan dan yg satu beri warna pandan..siapkan loyang yg sudah diolesi minyak sayur panaskan.

2. Masukan adonan hijau 3 sendok sayur tutup dan kukus hingga matang lalu masukan adonan putih 3 sendok sayur kukus hingga matang dan seterusnya sampai adonan habis..

3. Kukus hingga benar-benar matang.

Selamat mmencoba!

Kari Jantung Pisang
Ala
Nurul Damian

resep sayur :  kari jantung pisang
Sayur Bening

Bahan :

*1 buah jantung pisang (belah dua didihkan air msukkan jantung pisang rebus sampe matang,peras )
*200 ml santan
*Serai, kayu manis, daun jeruk.

Bumbu halus :

*2 siung bawang putih
*3 siung bawang merah
*7 buah cabe merah besar
*1 cm jahe
*1 cm lengkuas
*Sdkit lada, jintan.
*Pala secukupnya
*1 cm kunyit
*secukupnya gula pasir
*secukupnya garam,penyedap

Cara Buat :

1. Tumis bumbu halus hingga harum

2. Tambahkan air, biarkan hingga mendidih masukkan serai,kayu manis.

3. Masukkan jantung pisang, aduk rata, biarkan hingga mendidih, tambahan santan cair, sambil beberapa kali di aduk.

4. Koreksi rasa.

5. Jika sudah mendidih, tunggu sebentar lalu angkat dan sajikan!

Selamat mencoba resep sayur tradisionalnya!

Sayur Asem
Ala
Emy Meimei

resep masakan sayur asam
Sayur Asam

Monggo resepnya yang penasaran perbedaan antara sayur asem biasa dan sayur asem asem

Resep :

*1/4 kg daging sapi potong2
*1/4 kg buncis potong2
*3 buah wortel besar potong2
*Bawang goreng merah secukupnya
*50 gram gula merah rajang
*Air dikira2
*Cabai rawit dirajang
*Lengkuas digeprek
*Daun salam
*Sereh digeprek
*Asam jawa
*Tomat dipotong2
*Bumbu rajang
*Bawang merah
*Bawang putih

Cara membuat :

1. Rebus daging sapi sampai empuk

2. Tumis bumbu rajang sampai harum dan layu

3. Masukkan bumbu tumis kedalam rebusan daging sapi bersama buncis dan wortel

4. Cemplungin lengkuas daun salam asam jawa tomat sereh gula merah penyedap rasa dan garam

5. Rebus sampai buncis dan wortel matang

6. Tes rasa

7. Matikan kompor taburi bawang goreng merah diatasnya

8. Sajikan

Selamat mencoba semoga bermanfaat!

Bolu pisang blender
Ala
Kak Seri Aziz

resep brownies pisang
Bolu Pisang Blender

Memenuhi undangan bunda hen
First time posting

Bahan :

*4 buah pisang lilin atau ambon
*3 butir telur utuh
*4 sdm gula pasir
*20 sdm terigu
*3 sdm susu kental manis
*1sdt baking powder
*1bks kecil vanili
*1sdt garam
*3sdm minyak goreng

Cara Buat :

1. Blender pisang dan garam hingga halus. Blender telur dan gula hingga gula larut masukkan skm dan blwnder 2 menit.

2. Matikan blender tuang adonan telur kedalam baskom

3. Tambahkan terigu dan baking powder lebih bagus klo di ayak terlebih dahulu aduk rata. Tambahkan pisang tadi aduk spatula tambahkan minyak adok rata.

4. Olesi loyang pake minyak goreng taburi terigu tipis aja.

5. Tuang adonan ke loyang panggang 45 menit suhu 150 api atas bawah utk oven listrik. Api sedang utk otang.

Kutaburi choklat chipp atas nya biar kurcil pada suka

Selamat mencoba resepnya!

Es Pensil Buah Naga
Ala
Nana

resep es lilin buah naga
Es Lilin Buah Naga

Anak2 saya gak begitu suka sm es krim yg di jual di alpamaret, nah kalo bikin eskrim pakai tmpat eskrim yg ada stiknya ituh alamat belepotan berceceran dimana2. Pakai plastik es mambo kegedean ga abis. Trbuang mubazir. Tapi kalo momies mau buat dgn menggunakan plastik pensil ini lebih pas buat anak...

Akhirnya saya brinisitip bikin es pensil yg lg hapening, finally beli plastik espensil. Saya aja udah berkali2 buat ga abis2. Tuangnya pakai botol plastik untuk kecap yg ada tutupan ntu yg di tukang bakso. Ikatnya pakai tali rapiah, buat bantuan banyak tutorialnya di youtube.

Bahan-bahan :

- Setengah kaleng susu kental manis
- 500 ml air
- 1 buah naga sedang
- gula pasir secukupnya
- 2 sdm maizena larutkan dgn 3 sdm air

Langkah :

1 Bland buah naga lalu saring. (Tdk disaring jg tdk apa2).

2 Masak susu air dan gula pasir sampai menjelang mendidih

3 Masukan larutan tepung maizena sampai mendidih.

4 Matikan api, Masukan jus buah naga.

5 Biarkan adem. Baru tuang kebotol

6 Masukan ke plastik es pensil. Ikat lalu beku kan.

Brownies Kukus Ulang Tahun
Ala
Irma Tanggo

Resep by Ny.liem


resep brownies kukus
Resep Brownis Ulang Tahun

Bahan:

*6butir telur
*125gr terigu
*50gr cokelat bubuk
*225gr gula
*1sdm sp
*175ml minyak sayur
*100gr cokelat batang
*2sct skm cokelat
*Vanili
*Garam

Cara buat:

1. Lelehkan cokelat batang bersama minyak sisihkan

2. Ayak tepung terigu, cokelat bubuk, sisihkan

3. Mixer gula, vanili, telur, sp sampai mengembang, masukkan terigu, cokelat bubuk aduk rata pelan masukkan cokelat batang dan minyak yg dilelehkan tadi aduk rata, ambil adonan 50gr lalu campur skm cokelat sisihkan

4. Sisa adonan dibagi 2, adonan pertama kukus 10menit, lalu tuang adonan yg ada skm nya kukus lagi 10menit, masukkan adonan kedua yg tanpa skm kukus 20menit, angkat siap hias!

Terima kasih dan semoga bermanfaat!

Roti Kelapa
Ala
Tari

resep roti kelapa
Roti Kelapa

Resep roti isi kelapa perdanaqu, mohon kritikany ya..

Bahan:

*Terigu 1/2 kg
*Telur 1 btr
*Skm 1 bks
*Gula 3 sdm
*Garam 1/2 sdt
*Fermipan 1 bgks
*Sp 1 sdt
*Air untuk menguleni
*Kelapa parut untk isi
*Margarin 3 sdm

Cara buat:

1. Uleni smua bahan hingga kalis, diamkn sampai kembang 2X lipat, kemudian uleni lg,

2. Diamkn hingga mengembang lagi dan bentuk dan olesi telur diatasnya,

3. Kemudian panggang kurang lebih 25 mnit..

4. Angkat dan siap disajikan!

Silahkan mencoba resepnya dan semoga bermanfaat!

Resep Menu Ayam
Ala
Enka

resep ayam praktis ekonomis
Menu Ayam

Olahan paha dan sayap ungkep simple, juga
Rica kaki ayam. ... Pedeeess.
Ayam Goreng Bumbu Ungkep

Bahan :

*1kg campur paha sayap dan dada ayam

Bumbu halus :

*2 ruas kunyit dan 1ruas jahe ukuran ibu jari
*5 butir kemiri..
*4siung bw putih, 6siung bw mera

Bumbu pelengkap :

*2 lmbar daun jeruk, salam, sereh, laos di geprek. Setengah sdkt lada halus
*6sdkm minyak goreng

Cara buat :

1. Tumis bumbu dan pelengkapnya hingga harum

2. Apinya sedang aja. Masukan ayam kadlm

3. Wajan yg sdh di tumis beri air aduk biar rata

4. Tutup wajannya,, masak dan ungkep ayam

5. Setengah jam lebih... Kalau airnya kurang

6. Boleh bunda tambahkan,, dan cicipi rasanya.

7. Setelah di ungkep,,, goreng kecoklatan...

Ini bisa untuk pecel lele juga.

Selemat mencoba dan semoga bermanfaat!

Perkedel Kentang
Ala
Badriyah Irawan

resep perkedel kentang
Perkedel Kentang

Masih banyak yg tanya gimana caranya bikin Perkedel Kentang, ini saya kasih resep Perkedel kentang ala saya yaaa....

BAHAN :

- 1 Kg kentang
- kornet,,masak sebentar dg minyak goreng
- daun bawang, daun seledri iris halus
- telur ayam 1 butir

BUMBU :

- Bawang putih, bawang merah, lada, garam, kaldu bubuk

CARANYA :

- Kupas kentang, iris2 (1 kentang iris jd 4/5 potong), goreng sampai empuk, lalu haluskan
- bawang merah, bawang putih, goreng sebentar lalu haluskan
- campur kornet, daun seledri, bumbu halus, lada, kaldu bubuk, tambahkan kuning telur, bentuk bulat
- panaskan wajan, beri minyak goreng, celup perkedel ke putih telur , goreng sampai kecoklatan, dgn api jgn terlalu besar

Beef Steak
Ala
Tantri Indrayati

resep beef steak
Beef Steak

Bahan:

*Daging
*Bawang putih
*Merica bubuk
*Saos tiram
Saos sambal (yg tdk suka pedas bisa diganti dg saos tomat)
*Garam
*Gula
*Kecap manis
*Maizena
*Margarin

Cara membuat:

1. Iris daging (jgn terlalu tebal/tipis) lalu lumuri dg garam dan merica bubuk, sisihkan

2. Cincang b.putih lalu tumis menggunakan margarin hingga harum, beri air, saos tiram, saos sambal, garam, gula, kecap manis, merica bubuk bila sdh mendidih beri larutan maizena

3. Test rasa

4. Panggang daging (saya menggunakan teflon yg diolesi margarin) hingga matang

5. Taruh daging diatas piring lalu siram dg saos

Tarrraaaaaa.....beef steak siap utk dihidangkan!

*pelengkap bisa menggunakan kentang, buncis dan wortel yg direbus.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Martabak Tahu
Ala
Enka

resep martabak tahu sederhana
Martabak Tahu

Rasanya gurih, enak...

Bahan :

*30 lembar kulit lumpia
*2batang daun bawang iris halus
*1 kotak tahu susu bandung
*1,/2 sdkt lada
*1 bks masako..
*Garam sedikit gula sasa

Cara buat :

1. Campur semua jadi satu... Goreng agak kering

2. Ambil satu lembar kulut lumpia,, isi dgn 1sdkm

3. Adonan tahu. lipatnya terserah bunda.. Lem

4. Dgn terigu 1sdkm di beribair dikit.

5. Goreng di minyak panas.

6. Tahunya di kukus dulu bunda..

Selamat mencoba resepnya dan semoga bermanfaat!

Apam Jadul
Ala
Melia Ramlan

resep kue apam
Resep Kue Apam

Cocok Sore2, apem jadul yg menunya lembut dan empuk banget..

Bahan :

- 125g tepung beras
- 50g tepung terigu
- 125g gula pasir
- 150ml air
- 50 ml santan
- 1sdt ragi instan yg di larutkan dgn 3sdm air
- 1/2sdt baking powder
- Pewarna makanan sesuai selera

Cara Buat :

1. Campurkan gula dan air kemudian didihkan sampai gula larut. Biarkan sampai hangat2 kuku.

2. Dalam wadah lain campurkan tepung beras & terigu.. lalu tuangkan santan, ragi instan dan air gula td.. aduk rata lalu masukkan baking powder

3. Aduk2 lg lalu diamkan kurleb 20menit.

4. Setelah itu bagi adonan & warnakan sesuai selera, tuang ke dalam cetakan yg telah di olesi minyak, dan kukus kurleb 15menit atau sampai matang.

5. Setelah matang keluarkan dari cetakan dan siap untuk di nikmati bersama kelapa parut yg di campur sedikit garam atau enak juga di makan begitu saja.


Sambal goreng kentang + telor puyuh
Ala
Indri Sisca

resep telur puyuh sambal goreng
Sambal Goreng Telur Puyuh

Bahan utama :

- 1 kg kentang
- garam secukupnya
- 20 telor puyuh
- 1 btg sere, memarkan
- 1 tomat, iris tipis
- 2 lbr daun jeruk
- 1/2 ruas lengkuas, memarkan
- 3 sdm kecap manis
- 200 ml santan kelapa(instan atau ambil langsung dari kelapa

Bahan Bumbu yang Dihaluskan :

- 1/2 ruas jahe
- 3 baput
- 6 bamer
- 5 cabe merah
- 5 cabe rawit/cabe galak

Cara Buat :

1. Ambil kentang, cuci bersih, potong kentang bentuk dadu kecil.

2. Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng di dalamnya.

3. Setelah minyak panas baru masukan potongan kentang ke dalam wajan, goreng sampai matang dan berwarna kekuningan. Lakukan sampai kentang selesai, tiriskan

4. Siapkan kembali wajan dan minyak lalu lanjutkan tumis bumbu halus sampai wangi dan harum tumisan tercium.

5. Masukan telur puyuh ke dalam tumisan, susul dengan menuangkan air santan perlahan ke dalam wajan. Terus aduk sampai santan mengental.

6. Kalau santan terlihat mengental lalu masukan kentang yang sudah digoreng ke dalam masakan.

7. Kasih kecap dan garam, aduk rata.

8. Jangan lupa cicipi (tambahkan lagi klo masih ada yg kurang secara bumbu)

9. Setelah bumbu pas dan masakan dirasa cukup matang, matikan api, angkat dan tata sajian masakan

Nb :

Taburkan bawang goreng jg enak, lengkapi dg acar 😊

Selamat mencoba!

Bolu Ubi Kayu
Ala
Luci Jamilah Jamjuri

resep bolu ekonomis singkong
Bolu Ubi Kayu

Menu sarapan pagi ni... Bolu ubi kayu...

Bahan :

*1 gelas Ubi kayu diparut
*4 butir telur
*1 gelas gula pasir
*1 gelas tepung terigu
*1 saset SKM putih
*Satupertiga gelas minyak goreng
*Setengah sdt garam
*1 sdt SP
*Pasta pandan secukupnya

Cara buat :

1. Olesi cetakan/bima ntuk memanggang kue dengan sedikit mentega dan tepung terigu sedikit. Sisih kan.

2. Kocok telur, gula dan sp sampai kembang.. Lalu masukkan skm aduk rata, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit aduk rata, masukkan ubi parut aduk rata dan terakhir masukkan minyak goreng aduk rata..

3. Masukkan kedalam cetakan/bima lalu di panggang... Siap ntuk di santap...

Puding Aneka Buah
Ala
Ratna Ramdan

resep pudding karakter
Pudding Karakter

Real puding kalau ada yang bilang ini buah itu hoax!

Bahan :

*1sachet agar2 swallow globe plain
*1 sachet (kecil) nutrijell rasa mangga atau lechee
*10sdm gulpas
*1ltr susu cair
*Pewarna makanan secukupnya

Cara buat :

1. Didihkan semua bahan kecuali pewarna

2. Beri pewarna kuning u pisang, nanas, belimbing

- tambahkan wr. Merah untuk apel
- tambahkan wr. Hijau untuk apel
- adonan dasar (putih) untuk anggur, srawberry (diwarnai setetelah set) oles menggunakan kuas kecil atau citton bud u accessories lainnya seperti daun dan strawbery dan anggur.

Selamat mencoba resep real puddingnya!
Thai Tea
Ala
Auna Shahab

resep minuman thai tea
Thai Tea

Cuaca panas pengen minum yang seger-seger. Bikin sendiri yuk di rumah.

Bahan-bahan :

- 2 kantong teh celup
- 1 sachet SKM full cream
- 100 ml susu UHT full cream
- 1 gelas air mendidih.
- 2 sdm gula pasir.

Bahan Pelengkap :

- Cincau.
- Es batu secukupnya.

Bisa diganti tapioca pearl, jelly atau bahan lain sesuai selera.

Cara membuat :

1. Rebus teh celup dengan 1 gelas air mendidih, sampai kental. Lalu dinginkan.

2. Campurkan susu UHT dan gula pasir, aduk hingga rata.

3. Siapkan gelas, masukkan cincau, teh dan susu UHT.

4. Tambahkan Es batu.

Siap untuk dinikmati.. hmmmm segeeeer!

Puding coklat vlaa
Ala
Ummu Shanum Ukhti Dilla

resep pudding coklat nutrijell
Pudding Coklat Vlaa

Bahan :

*1 sachet Puding nutrijel coklat
*1 sachet SKM coklat
*Air dan gula (sesuai petunjuk pada bungkusan nutrijel)

Fla :

*2 sachet SKM putih
*2 1/2 gelas (belimbing) Air
*2 sdm tepung maizena (dilarutkan dengan air sedikit)
*3 sdm gula pasir

Langkah :

1 Campur nutrijel coklat dengan gula pasir, tambahkan air, rebus

2 Fla: tuang air bersama SKM putih kedalam panci

3 Tambahkan gula, tunggu sampai mendidih,

4 Tuang larutan tepung maizena, sambil di aduk-aduk

5 Tuang puding dalam cetakan, tunggu sampai dingin, baru save di kulkas

Sajikan bersama vla!

DONAT SIMPLE
Ala
Siti Munawaroh

resep donat simple
Donat Simple

Resep Donat Simpel ya bun tanpa kentang dan telur.

Bahan :

*Tepung cakra 140 gr
*Tepung terigu 260 gr
*Fermipan 4 gr
*Air hangat 160 ml
*Gula 4 sdm
*Mentega 3 sdm

Cara Buat :

1. Campur jadi satu gula, fermipan dan air hangat diamkan hingga berbusa.

2. Kalau sudah berbusa campur dengan bahan tepung uleni hingga setengah kalis.

3. Terakhir masukkan mentega uleni lagi sampai kalis elastis (saya pake bantuan mixer karena gak kuat pake tangan).

4. Diamkan selama 1 jam sampai adonan mengembang 2x lipat.

5. Setelah mengembang kempiskan lalu bentuk2. Diamkan lagi 15 menit.

6. Goreng dengan api kecil.

Selamat mencoba dan buatlah donat yang enak

Donat
Ala
Mabina Azizah

resep donat sederhana dan praktis
Donat No Kentang

Donat Mungkin Bunda2 Udah Pinter2 Buat Yaa Kali Ini Saya Eksekusi Donat No Kentang Aku Ganti Dengan SP Empuk Lembut Juga.

Bahan :

*1/2kg tepung segitiga biru
*10 gram tepung maezena /1sendok makan
*2sdm susu bubuk
*1sahcet fermipan
*2pucuk Sendok Teh SP (biar Lembut Tahan Lama)
*2 kuning telur
*3sendok Gulpas
*Vanilli
*90ml air dingin di kira2 saat adoni
*15gram Margarine

Cara Buat :

1. Seduh fermipan dengan air hangat Biarkan Sampai Berbusa,

2. Tuangkan Tepung Dan Bahan Lainnya kecuali Margarine, aduk campurkan fermipan tadi uleni sampai Kalis baru masukkan Margarine uleni lagi sampai benar tdk lengket dan diam kan sekitar 1jam,

3. Setelah itu, bentuk adonan dan goreng sampai kuning Kecoklatan,

4. Ttunggu dingin baru kasih topping menurut selera bunda aja.

Semoga bermanfaat ya bunda

Kue Pukis
Ala
Ummu Shanum Ukhti Dilla

resep kue pukis sederhana
Kue Pukis

Bahan-Bahan :

*500 gram tepung terigu
*250 gram gula pasir
*3 butir telur ayam
*600 cc santan kelapa
*1 sdt fermipan
*50 cc air hangat
*1 bungkus vanili bubuk
*100 gram margarin, dilelehkan

Cara Membuat :

1. Mixer telur dan gula dengan kecepatan tinggi sampai putih mengembang.

2. Ganti mixer ke kecepatan rendah lalu masukkan terigu dan santan sedikit demi sedikit.

3. Masukkan vanili lalu fermipan yang sudah dicampur dengan air hangat, aduk rata.

4. Diamkan adonan selama 60 menit sampai mengembang.

5. Panaskan cetak, lalu campur adonan yang sudah mengembang dengan margarin yang sudah dilelehkan, aduk rata.

6. Masukkan adonan ke dalam cetakan 3/4 saja, karena adonan nantinya akan mengembang.

7. Tes kematangannya dengan menusuk kue pakai lidi, jika tidak lengket berarti sudah matang.

8. Bisa pake Topping ya bunsay

Resep Donat Green Tea
Ala
Anis Balqis Nursaumi

resep donat green tea
Donat Green Tea

Siang bun, yuk bunda kita buat donat green tea untuk cemilan sehat anak.

Bahan :

*1/2 Kg Tepung terigu
*1 SDM Pernipan
*100 gr Mentega
*1/2 sdt baking soda
*1/2 sdt baking powder
*4 SDM gula pasir (sesuai selera aja bunda)
*200 mL air dingin
*1 btr Telur
*garam secukupnya

Bahan toping:

*1/4 kg coklat Glaze rasa Green tea
*ceress

Cara Membuat :

1. Campurkan terigu, pernipan, telur, gula dan air dingin. penambahan air dingin dilakukan sedikit demi sedikit

2. Setelah tercampur rata, tambahkan mentega dan garam secukupnya lalu diuleni sampai kalis

3. Setelah itu tutup adonan dan diamkan selama kurang lebih 45 menit

4. Setelah mengembang afonan dicetak bulat2 kecil sesuai ukuran

5. Diamkan kembali kurang lebih 15 menit hingga mengembang kembali

6. Kemudian dilubangi tengahnya dan goreng sampai matang

7. Donat diberi toping greean tea dan ditaburi ceres

8. Donat dapat disajikaan

Kue Lapis Tikar
Ala
Sri Handayani

resep kue lapis tikar
Kue Lapis Tikar

Bahan untuk Tikarnya :

*15 butir kuning telur + 2 putihnya
*140 gram Gula halus
*65 gram terigu
*100 gram mentega Wisman
*140 gram mentega Rombutter
*1/2 sdt vanili
*2 sdm susu kental manis.
*1 sdm peres coklat bubuk

Di sini sy pakai loyang untk tikarnya 20x20x4

Bahan lapisnya :

*20 butir kuning telur + 2 putih telur
*200 gram gula halus
*40 gram terigu
*350 gram mentega ( 100 gram wisman +250
*gram rombuter)
*1/2 sdt vanili
*2 sdm susu kental manis.

Di sini sy menggunakan loyang utk lapis
18 x 18 x 7.

Cara membuat tikarnya :

1. Kocok terlebih dahulu mentega sampai putih dan mengembang tambahkan susu sisihkan

2. Kocok telur dan gula sampai kembang masukan vanili,Masukan kocokan telur ke dalam mentega tambahkan terigu aduk rata

3. Bagi adoan menjadi 2 bagian sama banyak,

4. Satu bagian tambahkan coklat bubuk. satu bagian biar tanpa coklat.

5. Adonan coklat dibagi 2 sama banyak dan yang putihjuga di bagi 2 sama banyak Lapis bagian pertama coklat dahulu panggang sampai matang, lalu masukan bagian putih satu bagian,bakar lagi dan seterusnya sampai habis. Bakar dengan menggunakan api bawah.

6. Setelah matang potong kue menjadi 18 bagian sisihkan.

7. Susun potongan kue tadi dengan berselang seling( terlentang, telungkup) aku tak tau mau pakai bahasa yang benar yang jelas disatukan selangseling sambil dilekatkan dengan susu kental manis atau pun selai strowbery.

Cara membuat lapisnya :

1. Kocok mentega sampai kembang dan putih + kan susu sisihkan

2. Kocok telur dan gula sampai kembang dan tambahkan vanili kocok sampai kental dan kembang Masukan kocokan telur kedalam mentega aduk rata

3. Masukan terigu aduk perlahan lahan pakai spatula

4. Mulailah melapis dengan menggunakan loyang 18 x18 dengan 4 sdm makan adonan bakar hingga matang.

5. Lapis pertama mengunakan api bawah untuk lapis selanjutnya gunakan api atas.

6. Setelah 4-5 lapis susun kue tikarnya agak ditekan agar padat bakar sebentar dan teruskan melapis untuk selanjutnya hingga adonan lapis habis.
Pada lapisan terakhir setelah mateng bakar sebentar dengan menggunakan api bawah angkat dan dinginkan.

Semoga bermanfaat!

Rojak tonggek buah malaysia style
Ala
Melia Ramlan
resep rujak buah
Rojak Buah

Yg seger2 bu, pake buah yg ada aja di kulkas

Bahan :

- (25biji cabe rawit, 1sdm terasi, di uleq)
- 2sdm saos tiram,
- 5sdm kecap manis,
- gula aren & garam secukupnya

Cara Buat :

1. Dalam panci, tuangkan 3gls air, masukkan semua bahan..aduk rata & biarkan mendidih,

2. Setelah itu masukkan 1sdm tepung maizena yg telah di larutkan dgn sedikit air( sebagai pengental kuah) masak hingga kuah benar2 matang dan sedikit mengental.

3. Angkat dan simpan di dlm kulkas..

Taraaaa...kuah rojak siap di nikmati kapan saja.

Selamat mencoba!
Apam Nasi
Ala
Siti Munawaro

resep kue apam nasi
Apam Nase

Bahan:

• 2 gelas nasi
• 3 gelas santan matang
• 1 gelas gula pasir (resep asli 1,5 gelas)
• 1 sdt garam
• 2 gelas tepung terigu
• 2 gelas tepung beras
• 1 sdt fermipan
• pasta pandan secukupnya

Cara membuat :

1. Blender jadi satu nasi, santan, gula dan garam.

2. Campurkan tepung terigu, tepung beras, dan fermipan kemudian tambahkan adonan yg diblender tadi.

3. Aduk rata (saya pake kosokan manual/wisk).

4. Diamkan adonan selama 1 jam agar mengembang.

5. Terakhir tambahkan pasta pandan (pake pewarna lain juga boleh ya, sesuaikan selera).

6. Panaskan kukusan, lalu tuang adonan ke dalam cetakan yg sudah diolesi minyak.

7. Kukus -+45 menit. Jangan lupa alasi tutup ketika mengukus agar air kukusan tidak menetes.

Recook dari resep bunda Septiani Indah Sari Djamback


Kue lapis singkong
Ala
Refi Emildawati

resep kue lapis senggong
Kue Lapis Singkong

Bahan :

*1 kg singkong
*200 gr gula pasir/boleh di tambah atau dikurangi
*Sedikit garam
*Pasta/pewarna makanan
*4 sdm blueband/simas/forvita ngak usah di cairkan

Cara membuatnya :

*panaskan panci kukusan jangan lupa tutupnya di lapisi dengan sebet/kain bersih
*parut singkong/sy ngak di peras
*masukan garam,gula aduk sampai tercampur rata
*tes rasa kalau kurang manis boleh tambah gula
*masukan blueband aduk rata
*bagi adonan sama rata
*beri pasta/pewarna makanan sesuai selera
*oles loyang dengan minyak goreng tipis" beri plastik di dasar loyang
*tuang adonan 1 kukus 15 menit
*tuang adonan ke 2 kukus 15 menit
*lakukan hal yg sama sampai adonan habis
*terakhir kukus adonan selama 30 menit/sampai matang.

Selamat mencoba,semoga bermanfaat

Pisang Coklat
Ala
Refi Emildawati

resep pisang coklat
Pisang Coklat

Bahan :

*Pisang lampung atau pisang yg bs langsung di makan
*Coklat blok/dcc merk mercolade/cholata
*Springkle
*Tusuk sate

Cara membuatnya:

1. Tusuk bagian tengah pisang lalu masukan frezer 15 atau 20 menit

2. Cairkan atau tim coklat blok/dcc

3. Baluri pisang dengan coklat blok sampai rata

4. Beri springkle

5. Pisang coklat siap dinikmati

Lihat juga Mengenal 7 Jenis Bahan Kue dan Fungsinya

Demikianlah kumpulan resep kue dan makanan paling praktis, semoga dapat bermanfaat yah, khususnya buat ibu-ibu, supaya suami dan anak-anak selalu tersenyum. Terima kasih telah berkunjung.
  August 12, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close