Skip to main content

Khotbah Pemuda Kristen Kreatif - Kesombongan Manusia

CONTOH KHOTBAH PEMUDA KRISTEN


Khotbah Pemuda Kristen Kreatif - Kesombongan Manusia
Khotbah Pemuda Kristen Kreatif - Kesombongan Manusia

Bahan Bacaan : Amsal 29 : 23 " Keangkuhan Merendahkan Orang, Tetapi Orang Yang Rendah Hati Menerima Pujian "

Tema              : Kesombongan Manusia

Teman-Teman Yang Terkasih Dalam Kristus

Sombong, angkuh, dan merasa diri paling hebat adalah sifat manusia yang paling sulit di hilangkan. Ini merupakan salah satu dosa manusia yang tidak terdeteksi oleh karena setiap manusia cenderung mengandalkan manusia dan diri sendiri. Mengandalkan berarti berharap, percaya, terjamin, dan lain sebagainya. Sebagai contoh waktu sakit, yangpertama timbul pertama kali dalam pikiran kita adalah pergi ke dokter atau minum obat. Hal ini bukan berart kita tidfak boleh ke dokter atau minum obat, tetapi kita harus terlebih dahulu bertanya kepada Tuhan, Mengandalkan Tuhan. Seringkali ketika kita menghadapi sesuatu, kita berusah dulu sampai kehabisan akal, baru ingat sama Tuhan. Padahal Tuhan mau menjadi yang pertama di andalkan, karena pertolongan datangnya hanya dari Tuhan ( Mazmur 121 : 1-2 ).

Teman-Teman Yang Terkasih Dalam Kristus

Saya memiliki ilustrasi tentang uang yang saling menyombongkan diri. Pada suatu saat uang seratus ribu, lima puluh ribu, dua puluh ribu, sepuluh ribu, lima ribu, dan dua ribu berkumpul. Mereka saling menyombongkan diri dengan di mulai dari uang seratus ribu, berkata : kalian tidak apa-apanya di bandingkan dengan saya, sayalah yang paling terbesar, kemudian uang lima puluh ribu juga berkata : Akulah yang kedua terbesar, kalian semua tidak ada apa-apanya, kecuali kamu uang seratus ribu. Selanjutnya uang dua puluh ribu juga tidak mau ketinggalan dan berkata : kalian lihat gambar kebun teh ini, jika kebun in di jual akan menghasilkan uang yang sangat banyak. Kemudaian uang sepuluh ribu juga berkata : lihatlah di warung saya yang paling banyak. Kemudian uang lima ribu juga berkata : kalian semua tidak ada apa-apanya, sayalah pahlawan, kalau bukan karena perjuangan saya, kalian semua tidak akan tercipta. Kemudia uang dua ribu juga tidak mau ketinggalan, dia berkata : walaupun saya yang paling kecil, tapi lihatlah di semua pundi-pundi persembahan di gereja, sayalah yang paling banyak. Hehehe

Dari kisah uang tersebut, dapat kita renungkan dengan kehidupan kita, kita terlalu sering merasa diri kita paling hebat dan sanggup untuk menghadapi segal perkara. Sebagai anak Tuhan yang taat dan percaya kepada pertolongan Tuhan, yang kita butuhkan sebenarnya bukan pengakuan akan apa yang kita lakukan, tetapi bagaiman kita bisa memberikan teladan yang baik kepada semua orang. Berbuatlah kebaikan dengan ketulusan, berilah pertolongan kepada orang yang membutuhkan dan jangan pernah mengharapkan imbalan saat memberikan bantuan kepada orang lain.

Teman-Teman Yang Terkasih Dalam Kristus

Dari keseluruhan khotbah ini tentang memuji diri sendiri dan mengandalkan diri sendiri, saat kita  merenungkannya kembali dan menyadari bahwa sikap kita selam ini salah dan terlalu menganggap bahwa diri kita paling hebat. Apapun kemampuan, talenta, karunia yang sudah Tuhan berikan, kita harus tetap jalani dengan rendah hati dan penuh tanggung jawab. Bukan untuk bermegah atau membanggakan diri, tetapi untuk di pakai melayani dan memuliakan Tuhan. Kita harus mampu menjadi garam dan terang bagi semua orang. Terpujilah Tuhan, Amin.

Lihat juga Khotbah Singkat Kristen "Masa Depan Pemuda Dalam Kristus"
  August 16, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close