Skip to main content

Cara Memulihkan Akun Gmail Yang Dinonaktifkan (Disabled)

Cara Mengatasi Email Yang Dinonaktifkan - Akun Google atau Gmail adalah akun yang sangat penting dan berguna di era digital saat ini. Hal ini karena hampir sebagian besar layanan harus menggunakan email untuk dapat digunakan. Belum lagi layanan-layanan Google yang memang mengharuskan pengguaan Gmail untuk verifikasi.

Cara Memulihkan Akun Gmail Yang Dinonaktifkan (Disabled)
Cara Memulihkan Akun Gmail Yang Dinonaktifkan (Disabled)

Namun apa jadinya kalau email dinonaktifkan? Tentu email Gmail yang dinonaktifkan akan sangat mengganggu aktivitas. Banyak layanan yang tidak bisa diakses karena Gmail dinonaktifkan. Satu-satunya cara mendapatkan email yang dinonaktifkan atau disabled adalah dengan melakukan pemulihan dan mengajukan banding.

Cara Memulihkan Akun Gmail Yang Dinonaktifkan (Disabled)


Ternyata memulihkan akun Gmail itu sangat mudah. Tapi kita pun harus berhati-hati. Berdasarkan pengalaman, beberapa akun Gmail saya harus dinonaktifkan secara permanen dan tidak dapat dipulihkan.

Setelah mengajukan banding ke Google, malah akun Gmail saya dihapus permanen dan tidak bisa diaktifkan kembali. Namun setelah belajar dari pengalaman, saya sudah terbiasa memulihkan akun Gmail yang dinonaktifkan dan berhasil pulih kembali.

Namun sebelum kita masuk ke cara memulihkan akun Gmail yang dinonaktifkan, kita akan terlebih dulu mengetahui sebab akibat dinonaktifkannya Gmail pribadi suatu akun.

Penyebab Akun Gmail Dinonaktifkan


Alasan pertama akun Google dinonaktifkan karena aktivitas mencurigakan. Mencurigakan seperti apa?

  1. Membuka akun Gmail secara bersamaan menggunakan 1 perangkat dan 1 browser yang sama, terutama di android.
  2. Membuat banyak akun Gmail baru menggunakan 1 nomor hp untuk verifikasi.

Saya sendiri sering mengalami akun Gmail yang dinonaktifkan karena membuat banyak Gmail dengan 1 nomor dan 1 perangkat dalam waktu yang singkat. Biasanya karena kebutuhan akan Gmail, saya memaksa membuat akun Gmail secara massal tanpa perlu verifikasi nomor hp.

Bagi kamu yang sudah limit nomor hp untuk daftar Gmail, kamu bisa buat Gmail baru tanpa nomor hp atau pun menggunakan satu nomor yang sama. Selengkapnya lihat di Cara Membuat Gmail di PC Tanpa Nomor HP.

Jika kamu melakukan hal tersebut dan dalam jumlah yang banyak, maka besar kemungkinan akun-akun baru yang kamu buat akan segera dinonaktifkan atau dalam bahasa Inggrisnya "Google Account Disabled".

Cara Mengatasi Email Yang Dinonaktifkan


Setelah kita tahu penyebab akun Gmail dinonaktifkan, tiba saatnya bagi kita untuk belajar cara mengatasi email yang dinonaktifkan. Caranya adalah dengan melakukan banding ke Google.
  1. Masuk ke halaman Gmail Log In dan coba login menggunakan email dan password akun yang disabled.
  2. Maka tampilannya akan seperti di bawah ini: "Akun dinonaktifkan/Google Account Disabled". Secara otomatis, Gmail tidak bisa dibuka. Langsung klik Coba Pulihkan untuk melakukan banding.
  3.  Cara memulihkan akun Gmail yang dinonaktifkan
    Cara memulihkan akun Gmail yang dinonaktifkan
  4. Cara melakukan banding Gmail dinonaktifkan ini adalah hal yang paling penting. Kalau pengajuan banding kamu ditolak, maka akun yang dinonaktifkan tidak akan bisa dibuka dan akan dihapus permanen sehingga tidak dapat dipulihkan. Karena itu, pastikan kamu melakukan banding dengan tepat dan benar. Saya mengajukan banding ke Google dengan kalimat yang cukup memaksa dengan panjang kalimat 2 paragraf singkat.
  5. Setelah banding diajukan, maka kita tinggal tunggu prosesnya, apakah banding diterima atau ditolak. 
  6. Kalau proses banding disetujui, maka saat login kita akan dihadapkan ke tampilan seperti di bawah ini untuk verifikasi nomor hp agar bisa login kembali. Tampilan seperti ini juga sering ditemukan jika saat daftar Gmail kita tidak verifikasi nomor hp atau pun email Gmail lama tidak dibuka.
  7. Verifikasi Nomor HP Email Gmail
    Verifikasi Nomor HP Email Gmail

Contoh Cara Memulihkan Akun Gmail Yang Dinonaktifkan


Jika proses banding ditolak maka sangat besar akun dihapus permanen. Akun Gmail yang dinonaktifkan sementara pada dasarnya masih bisa diaktifkan kembali dengan cara banding.

Namun ada kalanya banding ditolak sehingga akun dihapus permanen. Sejauh ini saya belum tahu cara mengembalikan akun Google yang sudah dihapus. Karena itu, saya lebih memilih memulihkan akun Gmail yang dinonaktifkan dengan hati-hati agar akun Gmail tidak dihapus permanen.

Pastikan kamu menggunakan email utama kamu sebagai pemulihan ketika mengajukan banding. Ini sangat penting agar akunmu lebih dipercaya Google dan tidak mencurigakan.

Setelah itu, berikut contoh pesan untuk memulihkan akun Gmail yang besar kemungkinannya akan disetujui.
Saya sangat berharap agar akun Gmail ini dapat diaktifkan kembali. Saya tidak melanggar TOS Google sama sekali dan tidak ada alasan untuk menonaktifkan akun Gmail ini. 
Sekali lagi saya sangat memohon agak akun Gmail ini dapat diaktifkan kembali.
Sedikit lebih panjang itu akan lebih baik dan pastikan isi bandingnya jelas dan padat. Cari kombinasi kata-kata yang tepat dan kalau ada satu akun yang berhasil dinonaktifkan dengan salah satu isi banding, besar kemungkinan proses banding dengan pesan yang sama akan berhasil juga.

Kata-kata di atas bisa kamu edit agar sedikit lebih panjang lagi. Bisa dengan menambahkan satu kalimat lagi. Intinya buat Google merasa bahwa akun tersebut sangat penting bagimu dan mereka akan rugi juga ketika akun kamu dinonaktifkan.

Jika akun memang dinonaktifkan sementara hanya karena membuat Gmail dengan nomor yang sama dan terdeteksi mencurigakan, maka besar kemungkinan akun Gmail akan diaktifkan kembali. Setelah banding, biasanya kurang dari 2 hari akun saya diaktifkan kembali dan harus verifikasi nomor hp untuk bisa login.

Lihat juga 15 Aplikasi Edit Foto Kekinian Terbaik Untuk Android  

Demikianlah cara memulihkan akun Gmail yang dinonaktifkan atau disabled 100% work. Semoga bermanfaat!
  August 24, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close