Skip to main content

Cara Batalkan Pesanan dan Refund Dana Aliexpress 100% Work

Cara Batalkan Pesanan dan Refund Dana Aliexpress 100% Work - Setelah kemarin kita order barang dari Aliexpress dengan ongkir gratis, hari ini kita akan belajar cara membatalkan pesanan di Aliexpress dan refund dana 100% uang kembali.

Refund Dana Aliexpress 100% Work
Refund Dana Aliexpress 100% Work

Biasanya orang membatalkan pesanan saat belanja karena barang yang dibeli tidak sesuai dengan deskripsi yang mereka tampilkan. Hal yang sama saya alami saat belanja di Aliexpress kali ini. Jadi, saya memutuskan untuk membatalkan pesanan di Aliexpress dan berharap refund dana bisa sukses.

Pengalaman Cara Batalkan Pesanan dan Refund Dana Aliexpress


Sebelum kita masuk ke inti, ada beberapa alasan mengapa seseorang membatalkan pesanan saat belanja online.
  1. Barang tidak sesuai dengan deskripsi.
  2. Tertarik dengan produk lain yang lebih berkualitas atau lebih murah.
  3. Masih ragu-ragu untuk belanja online.
Dan masih banyak alasan lainnya. Oh ya, perlu dipahami bahwa membatalkan pesanan di sini artinya kita sudah membayar produk tersebut tapi belum dikirimkan oleh penjual. Biasanya saat status pesanan kita masih beberapa jam setelah bayar. 

Karena jika barang sudah dikirim oleh penjual, maka akan sulit untuk bisa membatalkan pesanan apalagi refund dana. Karena itu, kasusnya sudah dalam paket terkirim. Jika sudah terlanjur terkirim, ada 2 alasan juga kenapa kita biasanya refund dana:
  1. Belanja di Aliexpress barang tidak sampai.
  2. Paket Aliexpress tidak sesuai pesanan.
Kalau sudah terlanjur terkirim terlebih sudah sampai, maka kita bisa komplain dengan cara open dispute di Aliexpress. Saya tidak akan membahas ini lebih jauh karena sepertinya ini akan lebih sulit untuk refund dana.

Cara Cancel Order di Aliexpress dan Refund Dana



Alasan saya cancel order di Aliexpress karena adanya kesalahan dengan deskripsi produk yang membuat saya harus cancel order di store tersebut.

Ceritanya saya mau beli kacamata anti radiasi, merk Kateluo yang katanya benar-benar menggunakan lensa anti radiasi yang dapat memfilter blue ray, sesuai dengan review kacamata Kateluo di Youtube. Setelah keliling mencari kacamata anti radiasi di Aliexpress, ketemu deh dengan salah satu toko yang memiliki reputasi bagus dan juga order untuk produk tersebut sudah sangat banyak.

Seperti biasanya, saya selalu chat penjual sebelum memutuskan untuk order. Setelah basa-basi dikit, akhirnya saya memutuskan untuk memesan kacamata anti radiasi tersebut dan melakukan pembayaran melalui transfer bank via rekening BRI. Karena saya belum punya DOKU Wallet.

Setelah tanya-tanya lebih lanjut lagi, ternyata kacamata tersebut bukanlah kacamata anti radiasi asli seperti yang saya lihat di Youtube. Kata penjual, lensanya adalah lensa model dan bukan yang asli. Jujur juga nih penjual...

Saya kemudian mengatakan bahwa saya akan membatalkan order. Si penjual pun mempersilahkan untuk cancel order dengan masuk ke menu My Order - Cancel Order. Karena saat itu penjual masih aktif, mereka langsung menerima cancel order yang saya lakukan.

Katanya lagi, jangan khawatir, dana Anda akan kembali dalam beberapa hari, "...wait in patience."

Dari beberapa pengalaman cancel order di Aliexpress terutama untuk pembayaran menggunakan transfer bank adalah dalam waktu 1 sampai 7 hari. Berbeda dengan pembayaran via Doku Wallet yang refund dananya lebih cepat.

Dalam proses refund dana Aliexpress, tidak ada pemberitahuan kalau dana sudah masuk kembali ke rekening kita. Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah dengan selalu mengecek saldo akhir dan juga mengecek mutasi rekening melalui internet banking atau ATM.

Update Refund Dana Aliexpress!


Ternyata refund dana Aliexpress saya kali ini tidak masuk ke rekening kembali. Tetapi melalui DOKU Wallet: Anda telah SUKSES melakukan Topup Saldo DOKU Wallet melalui DOKU Refund.

Refund Dana Aliexpress Via Doku Wallet
Refund Dana Aliexpress Via Doku Wallet

Tips Cancel Order Aliexpress

  1. Chat penjual dan beritahukan bahwa kamu akan membatalkan order.
  2. Jangan langsung membatalkan order karena bisa jadi penjual enggan untuk membatalkan order yang Anda request.
  3. Salah satu tips ampuh adalah meyakinkan penjual bahwa Anda akan membeli produk lainnya dari store mereka. Pasti mereka akan langsung menerima request cancel order kamu.

Refund Dana Aliexpress Masuk Ke mana?


Pertanyaannya adalah ke mana dana kita akan dikembalikan? Tentu saja ke rekening yang kita gunakan untuk membayar. Jika menggunakan DOKU maka akan balik ke DOKU, kalau menggunakan transfer bank akan kembali ke rekening. Jika menggunakan kartu kredit maka refund pasti akan ke kartu kredit itu juga. 

Terus bagaimana refund Aliexpress Alfamart?


Kalau ini, jujur saya juga cukup bingung. Kan kalau pun dananya kembali ke rekening Alfamart, apakah kita bisa komplain ke Alfamart atau lainnya? Karena itu, saya belum memiliki solusi terkait dengan cara refung Aliexpress Alfamart dan kawan-kawannya. Coba langsung saja ke customer service-nya atau pun tanya-tanya ke customer service Aliexpress.

Setelah semuanya selesai, maka status pesanan Aliexpress berubah menjadi closed. Kita tinggal menunggu saja agar uang kita kembali ke rekening dengan aman.

Apakah kita khawatir kalau dana tidak akan dikembalikan? Perlu diketahui bahwa Aliexpress adalah salah satu toko online internasional yang terpercaya seperti Ebay dan Amazon. Karena itu, tingkat kredibilitas belanja online di sini cukup tinggi.

Terlebih untuk toko yang sudah mendapatkan banyak review positif, pasti mereka tidak akan membiarkan review negatif karena pelayanan yang buruk.

Seperti ketika saya membatalkan pesanan saya di toko ini, mereka dengan senang hati memberikan petunjuk juga meminta agar saya membatalkan pesanan dengan alasan other reason. Tentu saja untuk menciptakan brand yang terpercaya.

Perlu diketahui bahwa belanja di toko online Indonesia tidak lebih mahal dari Aliexpress. Banyak juga kok toko online Indonesia yang menawarkan harga bersaing dengan Aliexpress. Selain itu, proses pengirimannya jauh lebih cepat jika dibandingkan dari China.

Bisa sih lebih cepat dari China tapi ongkirnya juga akan sangat mahal. Satu lagi, tidak semua brand di Aliexpress memberikan pelayanan free shipping untuk produknya. Beberapa bahkan harus menggunakan DHL atau EMS yang ongkirnya sangat mahal.

Jika tetap kekeh untuk belanja di Aliexpress, bisa cari jasa order barang murah dari China. Belum ada rekomendasi karena saya hanya belajar hal baru saja. Sekalian dapat barang murah, hhe.. hhe...

Lihat juga Cara Belanja di Aliexpress Dengan Transfer Bank

Demikianlah cara batalkan pesanan di Aliexpress dan refund dana Aliexpress. Semoga bermanfaat!
  August 24, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close