Skip to main content

Belajar Perkalian Bersusun Dengan Cepat dan Mudah + Contohnya

Belajar Perkalian Bersusun Dengan Cepat dan Mudah - Zaman saya SD dulu, belajar perhitungan Matematika dasar itu harus pakai jari, batu, lidi, sempoa. Berbeda dengan sekarang yang sudah menggunakan kalkulator yang otomatis dan tingkat keakuratannya bisa dikatakan 100%.

Jika ada pertanyaan, berapa 12 x 11? Dilarang pakai kalkulator! Gimana solusinya? Tenang saja, sebagian orang dengan tingkat kecerdasan pada umumnya masih bisa memproses 12 x 11 secara cepat hanya dengan membayangkan angka-angka tersebut di kepalanya.

Namun bagi kamu yang belum sampai ke tahap tersebut, dan dilarang menggunakan kalkulator, kamu bisa menggunakan perkalian bersusun. Agar lebih mudahnya, berikut beberapa contoh perkalian bersusun dari yang tahap sederhana sampai cukup rumit untuk anak SD.

Apa itu Perkalian Bersusun?


Perkalian bersusun adalah salah satu bentuk atau metode perkalian dalam menyelesaikan soal perkalian yang melibatkan mulai dari angka satu digit dengan angka dua digit ke atas.

Metode perkalian bersusun menyederhanakan perkalian dan membuat perkalian angka-angka dalam jumlah yang besar dari puluhan, ratusan, sampai ribuan selalu menjadi perkalian antara angka kecil, yang tidak lebih dari perkalian 1 sampai 10.

Dalam perkalian bersusun juga, kita pasti akan mengkombinasikan antara perkalian dengan penjumlahan. Untuk lebih jelasnya, dalam pelajaran Matematika ini kita akan melihat cara belajar perkalian bersusun lengkap dengan gambar.

Lihat juga 5 Cara Belajar Perkalian dengan Cepat dan Mudah

Perkalian Bersusun Dua Angka (Puluhan) dengan Satu Angka (Satuan)


Contoh 17 x 4 = 68

Mari buktikan dengan perkalian bersusun berikut ini.

Belajar Perkalian Bersusun Dengan Cepat dan Mudah + Contohnya
Belajar Perkalian Bersusun Dengan Cepat dan Mudah + Contohnya

Perlu diketahui, bahwa dalam perkalian bersusun, angka satuan selalu ditulis sedangkan angka puluhan selalu disimpan. Kemudian, angka yang disimpan tersebut akan ditambahkan dengan hasil perkalian selanjutnya.

Pada contoh 17 x 4, kita mulai dari:
  1. 4 x 7 = 28, kita tulis angka 8 dibawah sedangkan angka 2 disimpan.
  2. Selanjutnya, kita kalikan lagi angka 4 x 1 yang hasilnya sama dengan 4 kemudian ditambahkan dengan yang disimpan tadi, yaitu 2 sehingga menjadi 6.
  3. Sehingga diperoleh 17 x 4 = 68.

Perkalian Bersusun Antara Dua Angka (Puluhan) dengan Dua Angka (Puluhan)


Contoh 23 x 14 = 322

Mari buktikan dengan perkalian bersusun berikut ini.

Contoh Perkalian Bersusun dan Jawabannya
Contoh Perkalian Bersusun dan Jawabannya

Penyelesaian:
  1. Pertama-tama, kita kalikan angka paling kanan bawah dengan angka di atasnya, yaitu 4 x 3 = 12. Kita tulis 2 dan simpan 1 sebagai puluhan.
  2. Setelah itu, masih angka paling kanan bawah, yaitu 4 dikali dengan angka sebelumnya, yaitu 2. 4 x 2 = 9 ditambah sisa 1 tadi, jadi 9 dan itu langsung ditulis.
  3. Kemudian, kita kalikan lagi angka 1 dengan angka 3 = 3 dan langsung dituliskan di bawah.
  4. Terakhir, kita kalikan sesama puluhan, yaitu 1 x 2 = 2 dan langsung ditulis dibawah.
  5. Kemudian, kita jumlahkan setiap hasil perkalian tersebut secara bersusun sehingga diperoleh 322.
Yang perlu diperhatikan dalam perkalian bersusun adalah baris angka yang kedua dimana satuan sejajar dengan satuan, yaitu angka pertama yang dikalikan.

Setelah semua baris kedua, yaitu satuan dikalikan dengan baris pertama, kita lanjutkan dengan mengalikan baris kedua, yaitu puluhan dengan baris pertama.

Lihat juga Cara Mencari KPK dan FPB dengan Mudah dan Cepat

Itulah sedikit contoh perkalian bersusun yang semoga bisa bermanfaat. Amati dan analisa lagi baik-baik cara dan langkah kerja perkalian bersusun di atas dari contoh gambar yang ada. Selamat belajar perkalian!

  July 23, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close