Skip to main content

12 Perangkat Keras Jaringan Komputer dan Gambarnya

Perangkat Keras Jaringan Komputer - Setelah kemarin kita membahas tentang pengertian jaringan komputer yang menjadi bakal lahirnya internet dan juga tentang macam-macam hardware komputer, hari ini kita akan membahas tentang perangkat keras jaringan komputer.

12 Perangkat Keras Jaringan Komputer dan Gambarnya
12 Perangkat Keras Jaringan Komputer dan Gambarnya

Dalam artikel ini, akan dibahas tentang macam-macam perangkat keras jaringan komputer, jenis, dan fungsi lengkap dengan gambar perangkat keras jaringan komputer. Hal ini sangat penting, terutama saat instalasi jaringan komputer di sebuah gedung perusahaan, pemerintah atau pun sekolah.

Pengertian Perangkat Keras Jaringan Komputer


Secara sederhana, untuk dapat memahami pengertian perangkat jaringan komputer, kita harus tahu 2 hal, yaitu perangkat keras (hardware) dan jaringan komputer.

Yang pertama adalah perangkat jaringan komputer atau hardware adalah alat-alat yang dibutuhkan dalam pembangunan jaringan komputer. Sementara jaringan komputer adalah hubungan antara dua atau lebih komputer yang dapat saling berkomunikasi dan berbagi file.

Jadi, pengertian perangkat keras jaringan komputer adalah perangkat yang digunakan dalam menghubungkan atau mengkoneksikan komputer-komputer dalam suatu jaringan agar dapat saling berbagi sumber daya dan berkomunikasi.

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat artikel jaringan komputer sebelumnya tentang pengertian jaringan komputer dan manfaatnya.

Macam-macam Perangkat Jaringan Komputer Beserta Gambarnya


1. Komputer Server


Perangkat keras jaringan komputer
Perangkat keras jaringan komputer

Komputer server adalah penyedia layanan dan informasi yang dapat diakses oleh komputer client. Karena komputer server adalah perangkat yang menjadi pusat dalam jaringan komputer, maka spesifikasi komputer server harus memadai.

Seperti processor dan RAM yang tinggi. Selain itu, sistem operasi yang digunakan oleh komputer server juga tidak sembarangan. Sistem operasi yang cocok untuk komputer server seperti Windows Server dan Linux Debian.

2. Komputer Client


Komputer Client
Komputer Client

Komputer client adalah komputer yang digunakan untuk mengakses informasi yang terdapat pada server. Pada dasarnya, komputer client tidak membutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi layaknya komputer server.

3. Switch


Gambar switch
Gambar switch

Switch adalah perangkat keras jaringan komputer yang berfungsi untuk mengalihkan jalur transmisi dari satu port ke port lainnya.

Switch memiliki fungsi yang sama dengan perangkat keras jaringan lainnya, yaitu Hub. Hanya saja, jika dibandingkan dengan Hub, Switch jauh lebih baik dari pada Hub.

Ini karena Switch memiliki beberapa kelebihan seperti dapat membatasi jumlah data yang ditransmisikan ke client, berfungsi sebagai repeater untuk memperkuat sinyal dalam suatu jaringan, menjadi pemisah antar komputer dalam satu jaringan dan berbagai fungsi Switch lainnya.

Lihat juga Fungsi jaringan komputer dan manfaatnya

4. Hub


Gambar Hub
Gambar Hub

Hub adalah perangkat keras jaringan komputer yang berfungsi sebagai connector. Hub menjadi central connection point yang menjadi penghubung antara server dan client.

Namun saat ini, lebih banyak yang menyukai switc karena kelebihannya. Sementara Hub merupakan perangkat sentral yang sangat rentan dalam instalasi jaringan komputer lokal. Jika Hub mengalami masalah, maka jaringan komputer akan mengalami kelumpuhan.

Kelemahan lainnya dari Hub adalah tidak dapat mengatur paket data dari server ke client.

Sedikit informasi aja, perbedaan Hub dan Switch terletak pada kemampuan Switch yang lebih unggul dari pada Hub dimana Switch dapat mengatur dan membatasi jumlah paket data yang ditransmisikan ke komputer client.

5. Router


gambar router
Router

Router adalah perangkat keras jaringan komputer yang berfungsi untuk meneruskan paket data antar jaringan melalui TCP/IP menuju ke komputer client.

Dalam pembangunan jaringan komputer, perangkat keras jaringan komputer yang bernama router ini memiliki peran yang cukup sentral. Router, selain sebagai penghubung antar jaringan komputer lokal, juga digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal ke jaringan DSL.

Secara umum, terdapat 3 jenis router, yaitu:
  1. Router PC, yaitu router dari sistem operasi yang memiliki kemampuan untuk membagi IP address. Sistem operasi router yang paling sering digunakan adalah mikrotik.
  2. Router aplikasi, yaitu perangkat lunak aplikasi yang diinstall di sistem operasi dan memiliki kemampuan juga untuk membangi IP address. Contohnya WinProxy, WinRoute, SpyGate dan lain-lain.
  3. Router hardware

6. Access Point


gambar access point
Access Point Image

Access point adalah perangkat keras jaringan komputer yang berfungsi untuk menerima sinyal dari router atau broadband dan memancarkannya. Access point digunakan dalam jaringan Wireless Area Network (WLAN).

Keunggulan access point adalah lebih lebih murah, perawatan mudah serta lebih mudah digunakan.

7. Repeater


Gambar Repeater
Gambar Repeater

Repeater adalah hardware jaringan yang berfungsi untuk memperkuat sinyal sehingga transfer data dan sharing file dapat berjalan dengan baik.

Biasanya repeater digunakan dalam jaringan LAN pada kabel yang panjangnya 100 meter.

8. Bridge


Gambar Bridge
Gambar Bridge

Bridge berfungsi untuk menjembatani hubungan antara satu port ke alamat tertentu dengan cara mengirimkan sinyal ke seluruh port, kecuali port pengirim.

Setelah sinyal balasan dari port sesuai alamat yang dituju telah diterima, bridge akan menyimpan informasi tersebut untuk diasosiasikan dengan alamat dan port tersebut.

Secara sederhana, bridge dapat digunakan untuk menggabungkan jaringan LAN (sekalipun berbeda topologi) sehingga jaringan menjadi lebih luas maupun untuk memecah suatu LAN menjadi beberapa LAN kecil.

Lihat juga Topologi Peer to Peer (P2P): Pengertian, Gambar, Kelebihan dan Kekurangannya

9. Network Interface Card


Gambar NIC (Network Interface Card)
Gambar NIC (Network Interface Card)

Network Interface Card atau biasa disingkat NIC adalah kartu jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan komputer ke dalam jaringan lokal LAN (Local Area Network). Secara umum, kita mengenal 2 jenis network card, yaitu LAN Card dan Ethernet Card.

10. Kabel Jaringan


Gambar Kabel UTP
Gambar Kabel UTP

Perangkat keras jaringan komputer yang selanjutnya adalah kabel jaringan. Perangkat keras ini berfungsi sebagai media transmisi yang menjadi pembawa informasi atau paket data dalam jaringan.

Umumnya, penggunaan kabel jaringan digunakan dalam instalasi jaringan komputer LAN (Local Area Network), yang menghubungkan komputer client dengan client maupun dengan server. Jenis-jenis kabel jaringan seperti UTP (Unshielded Twisted Pair), STP (Shielded Twisted Pair), coaxial cable, dan fiber optic.

11. Connector


Gambar Konektor RJ-45
Konektor RJ-45

Bagi yang sudah pernah membangun jaringan komputer LAN, tentu saja tidak asing lagi dengan connector kabel. Connector adalah perangkat keras jaringan komputer berupa alat yang dipasang diujung kabel yang berfungsi sebagai adapter network.

Setiap jenis kabel dalam jaringan komputer memiliki connectornya masing-masing, seperti kabel UTP menggunakan connector RJ-45, connector BNC/T untuk kabel coaxial, dan fiber optic menggunakan connector ST.

12. Modem


Gambar Modem
Gambar Modem

Modem adalah singkatan dari modulator demodulator merupakan salah satu perangkat keras jaringan komputer.

Fungsi dari modem adalah untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital. Cara kerja modem adalah ketika data dikirim maka sinyal digital akan diubah menjadi sinyal analog (proses modulasi).

Ketika data yang dikirim diterima oleh penerima, maka untuk mendapatkannya kembali terjadi proses demodulator, yaitu perubahan sinyal analog menjadi sinyal digital seperti ketika data dikirim sehingga dapat dibaca oleh komputer.

Lihat juga Macam-macam Hardware Komputer, Gambar dan Contoh Perangkat Keras

Demikianlah macam-macam perangkat keras jaringan komputer, fungsi dan gambarnya. Semoga bermanfaat!

  July 07, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close