Skip to main content

Pengertian Kabel UTP dan 3 Jenis Aturan Penyusunan Kabel UTP

Pengertian Kabel UTP dan 3 Jenis Aturan Penyusunan Kabel UTP - Kabel UTP adalah kabel yang terdiri dari 4 pasang kabel berwarna yang terdiri dari 8 kabel tunggal. Terdapat 2 jenis kabel UTP yang sering kita lihat, yaitu kabel straight dan kabel cross.

Pengertian Kabel UTP dan 3 Jenis Aturan Penyusunan Kabel UTP
Pengertian Kabel UTP dan 3 Jenis Aturan Penyusunan Kabel UTP

Secara sederhana, kabel straight adalah kabel UTP lurus yang digunakan untuk menghubungkan perangkat yang berbeda sedangkan kabel cross adalah jenis kabel UTP susunan bersilang untuk menghubungkan perangkat jaringan komputer yang sama. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan tentang Pengertian Kabel UTP dan 3 Jenis Aturan Penyusunan Kabel UTP berikut ini.


Pengertian Kabel UTP


Apa itu kabel UTP? Kabel UTP adalah singkatan dari Unshielded Twisted Pair, yang merupakan salah satu media transmisi dalam komunikasi data di jaringan komputer.

Jenis media transmisi kabel UTP banyak digunakan dalam instalasi jaringan komputer LAN (Local Area Network) dan termasuk dalam media transmisi terpandu.

Kabel UTP terbuat dari bahan penghantar tembaga dan memiliki isolasi dari plastik yang berfungsi sebagai pembungkus sekaligus pelindung dari api dan kerusakan fisik.

Kabel UTP sendiri terdiri dari 4 pasang inti kabel yang saling menyatu dimana masing-masing warna memiliki kode warna berbeda dan dihubungkan dengan konektor RJ-45.

Susunan dari kabel UTP tersebut memiliki fungsi masing-masing. Berikut penjelasan lebih lengkapnya tentang susunan kabel UTP.

Penjelasan 3 Jenis Aturan Penyusunan Kabel UTP


Berikut ini penjelasan jenis-jenis kabel UTP dan aturan penyusunan kabel UTP lengkap dengan gambarnya.

1. Straight Through Cable


Kabel straight adalah jenis kabel UTP yang digunakan untuk mengkoneksikan perangkat jaringan komputer yang berbeda jenis.

Kabel straight through menggunakan standar yang sama dengan ujung yang satu dengan ujung yang lainnya. Jika ujung yang pertama menggunakan susunan EIA/TIA 568A, maka ujung yang kedua juga menggunakan susunan yang sama, yaitu EIA/TIA 568A. Intinya, pin 1 akan terhubung dengan pin 1, pin 2 akan terhubung dengan pin 2, dan seterusnya.

Kabel straight trought ini biasanya digunakan untuk menghubungkan: PC dengan Switch, PC dengan HUB, Switch dengan Rotuter dan contoh lainnya dengan syarat bukan perangkat sejenis.

Susunan warna kabel straight


Susunan kabel straight
Susunan kabel straight
  • Putih - Orange
  • Orange
  • Putih - Hijau
  • Biru
  • Putih - Biru
  • Hijau
  • Putih - Cokelat
  • Cokelat

2. Cross Over Cable


Kabel cross adalah jenis kabel UTP yang digunakan untuk menghubungkan perangkat yang sejenis dan biasanya digunakan dalam jaringan peer to peer.

Pada kabel cross, jika ujung pertama menggunakan standar EIA/TIA 568A, maka pada ujung lainnya harus menggunakan standar EIA/TIA 568B. Pada susunan kabel cross, 2 pasang kabel menyilang berfungsi untuk mengirim dan menerima data sedangkan dua pasang kabel yang lainnya memiliki susunan yang tetap.

Kabel Cross Over digunakan untuk menghubungkan: PC dengan PC, Switch Dengan Switch, Hub dengan Hub, Router dengan Router, dan contoh lainnya dengan syarat kedua perangkat adalah sejenis.

Susunan warna kabel cross



Susunan warna kabel cross
Susunan warna kabel cross
  • Putih - Hijau
  • Hijau
  • Putih - Orange
  • Biru
  • Putih - Biru
  • Orange
  • Putih - Cokelat
  • Cokelat

3. Roll Over Cable


Roll over cable merupakan model lain dari susunan kabel UTP. Susunan kabel UTP jenis ini digunakan untuk menghubungkan sebuah terminal (PC) dan modem ke console Cisco router atau console switch manager.

Kabel Roll-Over sebelumnya harus sudah terkoneksi dengan DB-25 atau DB-9 Adapter sebelum ke terminal (PC).

Instalasi kabel roll over
Instalasi kabel roll over

Kita dapat mengenali sebuah kabel roll-over dengan melihat ke dua ujung kabel. Warna kabel dari sisi yang satu akan berbalik pada sisi kabel di ujung yang lain.

Contoh, kabel putih orange yang berada pada pin 1 ujung satu, akan berada pada pin 8 ujung lainnya. Kabel roll over digunakan untuk menghubungkan: PC dengan Console Router atau PC dengan Console Switch Manager.

Susunan kabel roll over
Susunan kabel roll over

Lihat juga 8 Jenis Topologi Jaringan Komputer dan Gambarnya

Demikianlah pengertian kabel UTP dan 3 jenis aturan penyusunan kabel UTP. Semoga bermanfaat!

Sumber gambar http://www.pintarkomputer.com
  July 11, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close