Skip to main content

Pengertian Hardware Adalah: Fungsi, Jenis dan Contoh Hardware

Pengertian Hardware Adalah: Fungsi, Jenis dan Contoh Hardware - Hardware adalah istilah untuk perangkat keras komputer. Bisa dikatakan, semua bagian fisik komputer bisa disebut sebagai hardware komputer.

Pengertian Hardware Adalah: Fungsi, Jenis dan Contoh Hardware
Pengertian Hardware Adalah: Fungsi, Jenis dan Contoh Hardware

Jadi, apa sih sebenarnya hardware pada komputer itu? Dalam artikel ini, kita akan membahas seputar hardware komputer atau perangkat keras komputer yang meliputi pengertian hardware, fungsi, jenis, dan contoh hardware.


Pengertian Hardware


Apa itu hardware komputer? Hardware komputer atau dalam bahasa Indonesia kenal dengan "perangkat keras komputer" adalah salah satu komponen utama dari sistem komputer bersama dengan brainware dan software.

Secara sederhana, hardware komputer adalah komponen PC yang memiliki wujud fisik dan dapat disentuh. Sementara brainware adalah pengguna komputer dan software adalah perangkat lunak komputer.

Untuk lebih jelasnya tentang komponen-komponen dasar sistem komputer, silahkan lihat dalam artikel sebelumnya tentang Pengertian Sistem Komputer, Elemen dan Fungsinya

Fungsi Hardware


Setiap hardware atau perangkat keras komputer memiliki fungsi masing-masing berdasarkan jenis hardwarenya. Ada hardware untuk menerima inputan usern, ada hardware untuk memproses inputan, ada juga hardware yang berfungsi untuk menampilkan informasi bagi user.

Untuk lebih jelasnya, berikut macam-macam hardware lengkap dengan fungsi dan penjelasannya.

1. Input Device


Input device atau unit masukan adalah jenis hardware yang berfungsi untuk memasukkan data dari luar komputer ke dalam memori kemudian diolah menjadi sebuah informasi yang akan ditampilkan di output device. Cara kerja hardware input adalah menerima input yang dilakukan oleh user sebelum diproses.

2. Process Device


Process device atau unit pemrosesan adalah hardware yang berfungsi untuk memproses dan mengolah data input dari user menjadi informasi sebelum ditampilkan menjadi informasi yang diperlukan di output device.

3. Storage Unit


Storage unit atau unit penyimpanan adalah jenis hardware yang berfungsi untuk menyimpan data atau informasi yang telah diproses. Storage unit pada komputer sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu media penyimpanan eksternal dan media penyimpanan internal.

4. Periferal Komputer


Periferal komputer adalah perangkat keras pendukung atau unit tambahan komputer. Periferal komputer berfungsi untuk membantu komputer dalam menjalankan intruksi dari pengguna. Sebagai contoh, salah satu periferal komputer yang berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan jaringan komputer adalah modem.

Lihat juga Pengertian Jaringan Komputer dan Manfaatnya

Macam-macam Perangkat Keras Komputer dan Contoh Hardware


Setelah mengetahui fungsi macam-macam hardware komputer, kita akan melihat contoh hardware komputer berdasarkan jenisnya.

1. Contoh Hardware Input Device

  1. Mouse, adalah hardware komputer yang berfungsi sebagai alat input yang mempunyai tugas untuk menggerakkan kursor di monitor yang memudahkan user memilih aplikasi atau menu di komputer.
  2. Keyboard, adalah contoh hardware input di komputer yang berfungsi sebagai alat input berupa huruf, angka dan simbol-simbol ke dalam komputer. Namun tidak hanya itu, kombinasi dari tombol keyboard di komputer juga memiliki peran-peran tertentu.
  3. Scanner, adalah hardware komputer untuk menerjemahkan dokumen dalam bentuk hard copy menjadi soft copy.

2. Contoh Hardware Output Device

  1. Monitor adalah hardware komputer yang berfungsi untuk menampilkan informasi bagi user.
  2. Printer, adalah hardware komputer yang berfungsi untuk mencetak file soft copy menjadi hard copy.

3. Contoh Hardware Process Device

  1. CPU (Central Processing Unit), adalah hardware komputer yang disebut juga sebagai otak komputer yang berfungsi untuk mengontrol seluruh proses kerja komputer.
  2. RAM (Random Access Memory), adalah hardware komputer yang berfungsi untuk membantu kinerja komputer dalam memproses input user dan memaksimalkan kinerja komputer.  
  3. VGA (Video Graphics Adapter), adalah berfungsi untuk mengolah data grafis di komputer untuk ditampilkan di monitor.
  4. Power Supply, adalah hardware komputer yang berfungsi untuk memberikan atau menyuplai arus listrik yang sebelumnya diubah dari dibentuk arus listrik yang berlawanan atau AC, menjadi arus listrik yang searah atau biasa disebut sebagai arus DC.

4. Contoh Hardware Storage Unit

  1. Harddisk, adalah hardware komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan utama pada komputer.
  2. CD/DVD, adalah hardware yang berbentuk lingkaran berupa piringan cakram.
  3. Flahsdisk, adalah media penyimpanan eksternal yang populer digunakan saat ini dengan menggunakan port USB.

5. Contoh Hardware Periferal Komputer

  1. TV Tuner Card, adalah hardware komputer yang berfungsi untuk memproses sinyal televisi sehingga bisa ditampilkan di monitor komputer.
  2. Modem, adalah contoh periferal komputer yang berfungsi sebagai modulator dan demodulator yang membuat sebuah komputer dapat terhubung ke jaringan internet.
Selengkapnya bisa ditemukan di 12 Perangkat Keras Komputer Lengkap dengan Gambarnya

Demikianlah artikel tentang pengertian hardware komputer, fungsi, jenis, dan contoh hardware. Semoga bermanfaat!
  July 10, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close