Skip to main content

Pengertian Brainware Adalah: Fungsi dan Contoh Brainware

Pengertian Brainware Adalah: Fungsi dan Contoh Brainware - Brainware adalah salah satu komponen utama dalam sistem komputer bersama dengan hardware (perangkat keras) dan juga software (perangkat lunak).

Pengertian Brainware Adalah: Fungsi dan Contoh Brainware
Pengertian Brainware Adalah: Fungsi dan Contoh Brainware

Secara sederhana, pengertian brainware adalah pengguna komputer. Mereka bertugas untuk mengoperasikan sistem komputer seperti hardware dan software. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak artikel tentang Pengertian Brainware Adalah: Fungsi dan Contoh Brainware berikut ini.


Pengertian Brainware


Apa itu brainware? Brainware adalah orang yang menggunakan atau mengoperasikan komputer. Lebih sederhananya, brainware adalah user atau pengguna komputer.

Namun bukan hanya itu. Pengertian brainware juga bisa disebut sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan hardware dan software. Jadi, brainware tidak hanya mengacu kepada manusia yang adalah pengguna komputer tapi juga perangkat yang dapat mengoperasikan sistem komputer.

Fungsi Brainware


Apakah fungsi brainware? Fungsi brainware adalah untuk mengoperasikan sistem komputer. Namun ternyata, brainware juga terbagi dalam banyak jenis yang memiliki fungsinya tersendiri. Secara lebih detail, kita dapat melihat fungsi brainware secara spesifik berdasarkan pembagian brainware di bawah ini.

Jenis-jenis Brainware


Adapun pembagian brainware yang paling sering ditemukan adalah sebagai berikut.

1. Operator


Operator adalah user komputer yang berperan dalam menjalankan sistem operasi komputer dan menggunakan aplikasi-aplikasi komputer. Tugas dari operator adalah untuk mengoperasikan komputer dan menyediakan layanan bagi user komputer. Secara teknis, operator hanya memiliki peran dalam menjalankan sistem.

2. Administrator


Administrator adalah orang yang berperan dalam mengelola sistem komputer. Istilah administrator juga biasa dikenal dengan istilah admin. Tugas administrator lebih dalam dari pada operator komputer dan memiliki akses penuh ke dalam suatu sistem.

Secara teknis, administrator berperan dalam mengelola suatu sistem dan juga mengamankan sistem tersebut dan juga tidak menutup kemungkinan bertugas dalam maintenance.

Dalam suatu perusahaan, pasti kita juga banyak menemukan orang yang bekerja sebagai administrator, terutama yang berkaitan dengan jaringan komputer. Contoh lain dari administrator adalah database administrator.

3. Programmer


Programmer adalah pengguna komputer yang berperan dalam merancang dan membuat perangkat lunak. Seorang programmer memiliki kemampuan programming dengan menggunakan bahasa pemrograman.

Programmer ini juga terbagi ke dalam beberapa jenis, seperti programmer desktop, programmer mobile dan programmer website. Dalam membuat sebuah program aplikasi atau website, programmer dapat menggunakan bahasa pemrograman berdasarkan tujuan dan produk yang akan dihasilkan.

Misalnya, seorang programmer website, pastinya akan menguasai hal-hal yang berkaitan dengan database, bahasa pemrogaman seperti HTML, CSS, JavaScript, PHP, dan MySQL. Lain halnya dengan programmer mobile, secara khusus programmer mobile android pasti tidak akan jauh-jauh dengan bahasa JAVA.

Lihat juga Sistem Operasi: Pengertian dan Sejarah Sistem Informasi

Contoh Brainware


Bagi kamu yang tertarik dengan dunia IT dan tertarik bekerja di perusahaan IT, maka kamu harus tahu contoh-contoh brainware. Contoh brainware ini berkaitan dengan profesi brainware dan tugasnya.

Hal ini pun sangat penting dalam mengangani sebuah project IT. Ada yang bertugas sebagai project manager, IT consultant, programmer, analyst system, design UI/UX, dan lain-lain.

1. Sistem Analis (Analyst System)


Sistem analis adalah seseorang yang memiliki kemampuan lebih bukan hanya dalam bidang IT tapi juga tentang masalah bisnis. Seorang sistem analis bertugas dalam menganalisis kebutuhan sistem dari segi bisnis.

Selain itu, tugas dari sistem analis adalah manajemen, analisis dan juga mempertimbangkan keuntungan dan sistem yang harus diterapkan dalam suatu project.

Karena itulah, seorang analis juga harus memiliki kemampuan dalam masalah interpersonal seperti negosiasi sehingga tercapai kesepakatan.

2. Programmer


Contoh brainware selanjutnya adalah programmer. Seorang programmer harus mampu menguasai bahasa pemrograman dan mengimplementasikannya ke dalam suatu sistem.

Programmer dalam menjalankan tugasnya bertindak sebagai developer yang merancang dan membangun aplikasi sesuai dengan kebutuhan. Contoh programmer adalah programmer website yang harus memiliki kemampuan dalam menggunakan bahasa pemrograman web seperti HTML, JavaScript, PHP dan MySQL.

3. Administrator


Administrator adalah orang yang mengelola suatu sistem dan memiliki akses terhadap sistem tersebut. Contohnya database administrator yang memiliki akses terhadap database dan mengelolanya. Contoh administrator lainnya adalah administrator jaringan.

Lihat juga Pengertian Hardware Adalah: Gambar, Fungsi dan Contoh Hardware

Demikianlah artikel tentang pengertian brainware adalah: fungsi dan contoh brainware. Semoga bermanfaat!

  July 21, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close