Skip to main content

Macam-macam Hardware Komputer, Gambar dan Contoh Hardware

Macam-macam Hardware Komputer, Gambar dan Contoh Hardware - Hardware atau perangkat keras komputer pasti tidak asing lagi di telinga kita. Hardware ini adalah salah satu dari 3 komponen utama sistem komputer, yaitu hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak), dan brainware (pengguna komputer).

Macam-macam Hardware Komputer, Gambar dan Contoh Hardware
Macam-macam Hardware Komputer, Gambar dan Contoh Hardware

Hari ini kita hanya akan membahas seputar hardware pada komputer. Mulai dari pengertian hardware, fungsi, tujuan, jenis, macam-macam perangkat keras komputer, contoh dan gambar hardware.


Pengertian Hardware


Apa itu hardware komputer? Hardware komputer adalah salah satu komponen utama yang terdapat pada komputer. Secara umum, kita mengenal hardware sebagai komponen penyusun komputer yang memiliki wujud fisik dan dapat disentuh. Berbeda dengan software atau perangkat lunak yang tidak memiliki wujud fisik.

Hardware komputer juga disebut sebagai perangkat keras komputer. Hardware adalah sekumpulan perangkat fisik yang membangun sebuah laptop atau komputer. Mengenal hardware dan fungsinya sangat penting, secara khusus dalam merakit komputer PC sendiri.

Fungsi Hardware


Fungsi hardware bisa dikatakan penghubung antara perangkat lunak dan brainware. Karena hardware inilah yang memungkinkan terjadinya interaksi antara software dan brainware. Selain itu, hardware atau perangkat keras komputer ini terdiri dari beberapa jenis yang menyusun sebuah PC.

Karena itu, untuk mengenal fungsi hardware lebih dalam, kita harus tahu jenis-jenis hardware dan contohnya.

Macam-macam Hardware Komputer


Berikut ini adalah macam-macam hardware pada komputer yang perlu diketahui.

1. Hardware Input


Hardware input adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai perangkat masukan. Perangkat inilah yang digunakan oleh brainware untuk memasukkan data ke dalam komputer yang kemudian akan diproses oleh process device.

Contoh hardware input pada komputer adalah mouse, keyboard, scanner, disk drive, web cam, joystick, dan lain-lain.

2. Process Device


Process device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengolah data yang telah diinputkan oleh user sebelum ditampilkan di alat output. Dalam process device ini juga dikenal sebagai otak komputer (Processor).

Contoh process device adalah CPU, RAM, VGA, dan lain sebagainya.

3. Hardware Output


Hardware output adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan informasi kepada user setelah data diproses di process device. Informasi tersebut bisa berupa hard copy (mencetak) atau soft copy.

Contoh hardware input pada komputer adalah monitor, speaker, printer, dan lain-lain.

4. Storage Device


Jenis hardware yang terakhir adalah storage device. Storage device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan. Media penyimpanan terdiri dari 2 jenis, yaitu media penyimpanan internal dan media penyimpanan eksternal.

Fungsi media penyimpanan ini adalah untuk menyimpan data-data berupa file gambar, video, dokumen dan lain-lain. Di storage device ini jugalah kita menyimpan sistem operasi yang diinstall pada harddisk komputer.

Contoh hardware komputer storage device adalah harddisk, flashdisk, floppy disk, dan lain sebagainya.

Gambar dan Contoh Hardware


Pada pembahasan contoh hardware ini, saya akan berbagi contoh hardware yang berkaitan dengan spesifikasi, merk, dan web support dari hardware tersebut.

Langsung saja, berikut ini adalah contoh perangkat keras komputer yang sebagian besar adalah peripheral komputer (perangkat tambahan) lengkap dengan gambarnya.

A. Input Device


1. Keyboard


Keyboard adalah salah satu alat input komputer yang terdiri dari deretan angka-angka dan huruf serta simbol dan berbagai tombol lainnya. Terdapat beberapa jenis keyboard komputer tapi yang umum adalah keyboard jenis QWERTY.
keyboard komputer
Keyboard

Type: LOGITECH Classic Keyboard K100
Merk: Logitech
Vendor: Logitech
Web Support: https://www.logitech.com

2. Mouse


Mouse adalah perangkat keras komputer jenis alat input pada komputer yang menyerupai tikus. Fungsi dari mouse sendiri adalah untuk menggerakkan kursor, melakukan drag, atau menunjuk aplikasi yang ingin dieksekusi.
gambar mouse
Mouse

Type: Rexus Xierra GT5
Merk: Rexus
Vendor: Rexus
Web Support: https://www.rexus.id

3. Joystick


Joystick juga termasuk perangkat keras komputer untuk input yang memiliki bentuk fisik seperti tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Umumnya, Joystick digunakan untuk bermain video game.

gambar Joystick
Joystick


Type: Logitech Wireless F710
Merk: Logitech
Vendor: Logitech
Web Support: https://www.logitech.com

4. Trackball


Trackball memiliki fungsi dan bentuk fisik yang hampir sama dengan mouse. Namun trackball menggerakkan kursor dengan menggunakan trackball berupa tombol bola trackball.

gambar Trackball
Trackball

Type: Wireless Trackball M570
Merk: Logitech
Vendor: Logitech
Web Support: https://www.logitech.com

5. Light Pen


Light Pen adalah hardware komputer jenis input device yang juga dikenal dengan istilah pointer elektronik yang biasanya di gunakan untuk menggambar teknis atau grafis di dalam komputer.

gambar  Light pen
Light pen

Type: Huion H420 USB Graphics Drawing Tablet
Merk: Huion
Vendor: Huion
Web Support: https://www.huiontablet.com/support

6. Scanner


Scanner adalah hardware komputer yang berfungsi untuk merubah hard file (copy-an) ke dalam bentuk file digital sehingga dapat diolah di komputer.

gambar  Scanner
Scanner

Type: Epson WorkForce GT-1500
Merk: Epson
Vendor: Epson
Web Support: https://epson.com/Support/

7. LCD Proyektor


LCD Proyektor adalah hardware yang digunakan untuk menampilkan tampilan monitor komputer atau laptop pada bidang yang memiliki permukaan datar. Umumnya bidang datar tersebut berwarna putih agar dapat menampilkan gambar pada layar monitor dengan jelas.

gambar  LCD Proyektor
LCD Proyektor

Type: Epson EB-s300
Merk: Epson
Vendor: Epson
Web Support: https://epson.com/Support/

8. Barcode Reader


Barcode reader termasuk hardware komputer jenis input deive. Fungsi barcode reader adalah untuk membaca sebuah kode yang berbentuk kotak-kotak maupun berbentuk garis tebal vertikal yang memiliki pola tertentu kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka atau huruf.

Dari namanya, kita bisa tahu bahwa barcode reader adalah alat pembaca barcode. Kode bar ini banyak ditemukan di produk-produk dimana untuk dapat dibaca kita harus menggunakan alat barcode reader. Namun saat ini, sudah banyak software android yang bisa berfungsi sebagai barcode reader.

gambar  Barcode reader
Barcode reader
Type: Honeywell MK9540-37A38
Merk: Honeywell
Vendor: Honeywell
Web Support: https://www.honeywellhome.com/support

9. Digitizer


Digitizer adalah sebuah alat yang bisa mengubah data menjadi kode-kode digital.

gambar Digitizer
Digitizer

Type: Wacom Cintiq13HD DTK-1301/K0-CX
Merk: Wacom
Vendor: Wacom
Web Support: https://www.wacom.com/en-us/support/contact-support

10. Web Cam


Web cam adalah sebuah periferal komputer berupa kamera sebagai pengambil citra/gambar yang dikendalikan oleh sebuah komputer atau oleh jaringan komputer. Sebagain web cam juga dapat mengambil suara/audio melalui microphone.

gambar Web Cam
Web Cam

Type: Logitech Webcam C170
Merk: Logitech
Vendor: Logitech
Web Support: https://www.logitech.com

b. Process Device


1. Processor


Prosesor adalah komponen komputer yang juga dikenal sebagai otak yang berfungsi untuk menjalankan proses dan pengendali kerja komputer dengan bekerjasama perangkat komputer lainnya.

Kecepatan komputer dalam memproses tergantung dari seberapa besar MHz atau GHz pada processor itu sendiri. Dalam merakit komputer PC, processor menjadi salah satu hardware penting yang harus dipertimbangkan dengan cermat. Terutama komputer PC untuk gaming yang sangat mengutamakan kinerja komputer yang cepat.

Saat ini, terdapat 2 vendor processor ternama yang merajai hardware process ini, yaitu Intel dan AMD. Kedua processor ini masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahannya tersendiri. Untuk membandingkannya, kita harus mengangkat tipe-tipe processor pada masing-masing merk.

Gambar processor
Gambar processor

Type: Intel Core i5-6600K
Merk: Intel
Vendor: Intel
Web Support: https://www.intel.com/content/www/us/en/support.html

2. RAM


RAM adalah perangkat keras komputer yang merupakan singkatan dari Random Access Memory. RAM dikenal sebagai memori sementara yang berfungsi untuk menangani proses pada komputer menjadi lebih cepat.

RAM juga menjadi pertimbangan salah satu pertimbangan utama dalam membeli laptop atau merakit komputer. Biasanya orang memilih laptop dengan RAM yang dapat diupgrade untuk memaksimalkan kinerja komputer di kemudian hari.

Gambar RAM
RAM

Type: Corsair Vengeance LPX DDR4 3000 16 GB
Merk: Corsair Vengeance
Vendor: Corsair Components, Inc
Web Support: https://www.corsair.com/

c. Output Device


1. Speaker


Speaker adalah jenis perangkat keras output device yang berfungsi untuk mengeluarkan suara. Suara yang dihasilkan berasal dari hasil pemrosesan dari sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara).

gambar  Speaker
Speaker


Type: Speaker Logitech Z120Merk Logitech
Vendor: Logitech
Web Support: https://www.logitech.com

2. Monitor


Monitor komputer adalah salah satu hardware komputer jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang ditampilkan di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil dari inputan yang telah diproses.
gambar  Monitor
Monitor

Type: Monitor LED Samsung S22D300HY
Merk: Samsung
Vendor: Samsung
Web Support: https://www.samsung.com/id/support/

3. Printer


Printer adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas sesuai dengan file soft copy-nya. Umumnya terdapat 2 merk printer komputer yang beredar dan terkenal di masyarakat, yaitu Epson dan Canon.

gambar  Epson
Epson

Type: Epson L4160
Merk: Epson
Vendor: Epson
Web Support: https://epson.com/Support/

d. Storage Device


1. Disket (FDD)

Cakram flopi atau floppy disk adalah media penyimpanan yang terdiri dari media penyimpanan magnetis tipis dan fleksibel yang dibungkus dalam plastik berbentuk persegi atau persegi panjang.

Cakram flopi juga  populer disebut sebagai disket. Namun seiring berkembangnya teknologi komputer, penggunakan FDD ini sudah semakin jarang digunakan karena tergantikan oleh storage device lainnya seperti Hardware.

2. Harddisk (HDD)


Harddisk atau cakram keras atau piringan keras adalah sebuah komponen perangkat keras jenis storage device yang  menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Berbeda dengan flashdisk, harddisk memiliki kapasistas penyimpanan yang jauh lebih besar.

Namun saat ini, teknologi harddisk juga bisa dikatakan sedikit terancam dengan hadirnya "SSD", media penyimpanan yang memiliki kinerja lebih cepat dari pada harddisk.

gambar  Harddisk
Harddisk

Type: Seagate Backup Plus Slim 500GB
Merk: Seagate
Vendor: Seagate
Web Support: https://www.seagate.com/id/id/

3. CD


Cakram padat atau biasa dikenal dengan CD (Compact Disc) adalah cakram optik digital yang digunakan untuk menyimpan data. CD juga terdiri atas dua jenis, yaitu CD-R yang hanya bisa diisi sekali dan CD-RW yang filenya bisa diedit.

Untuk kapasitas CD sendiri yang hanya 700 mb, maka penyimpanan jenis ini hanya cocok untuk menyimpan dokumen atau file berukuran kecil.

gambar  CD-R
CD-R

4. DVD


DVD adalah singkatan dari Digital Versatile Disc atau Digital Video Disc, adalah media penyimpanan optik yang populer. Penggunaan utamanya untuk menyimpan video dan data. Sesuai dengan namanya, ukuran fisik standarnya sama dengan CD (Compact Disc), namun dengan kapasitas enam kali lipat dari CD, yaitu sekitar 4,7 GB. Merk DVD yang terkenal adalah Sony, Verbatim, GT PRO, Maxell.

gambar  DVD-R
DVD-R

5. Flashdisk

Flashdisk adalah sebuah alat penyimpanan data eksternal yang dihubungkan port USB yang mampu menyimpan berbagai format data dan memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar.

Karena kelebihannya, flashdisk termasuk media penyimpanan eksternal yang sangat populer saat ini menggantikan DVD dan CD yang sebagaian notebook atau laptop sudah tidak memiliki media pemutar CD/DVD.

Kelebihan flashdisk juga dapat menyimpan data secara permanen walaupun aliran listrik pada rangkaian flashdisk diputuskan.

gambar Flahsdisk
Flahsdisk

Type: Original Sandisk SDDD3 Extreme high speed 150M/S Dual OTG USB Flash Drive 32GB
Merk: Sandisk
Vendor: Sandisk
Web Support: https://www.sandisk.com/

6. Zip-Drive (Magnetic tape)


Zip drive (disk Zip) merupakan sistem penyimpanan dalam bentuk disk berukuran menengah. Zip drive pertama kali diperkenalkan oleh Iomega pada akhir 1994. Awalnya, disk Zip memiliki kapasitas 100 MB, tetapi kemudian ditingkatkan menjadi 250 MB dan kemudian menjadi 750 MB.

gambar  Zip Drive
Zip Drive

Type: Iomega Z100S2 100MB SCSI ZIP DRIVE
Merk: Iomega
Vendor: Iomega
Web Support: https://support.lenovo.com/id/en/solutions/len-24224

7. MMC


MMC adalah singkatan dari Multi Media Card merupakan salah satu media penyimpanan standar kartu memori yang digunakan untuk penyimpanan solid-state. MMC pertama kali diluncurkan pada tahun 1997 oleh Sandisk dan Siemens.

Bentuk MMC didasarkan pada antarmuka serial pin-count rendah dengan kontak permukaan menggunakan perakitan tumpukan memori tunggal, dan karena itu jauh lebih kecil daripada sistem sebelumnya yang didasarkan pada antarmuka paralel pin-count tinggi menggunakan rakitan permukaan-mount tradisional seperti CompactFlash.

Saat ini, kita lebih populer menggunakan SD-Card yang merupakan media penyimpanan eksternal pada smartphone.

gambar mmc
MMC

Type: SanDisk Extreme PRO SD UHS-II Card 64 GB
Merk: Sandisk
Vendor: Sandisk
Web Support: https://www.sandisk.com/

e. Perangkat Keras Jaringan Komputer


1. Router


Router adalah perangkat keras jaringan komputer yang memiliki fungsi untuk menghubungkan beberapa komputer dalam jaringan, baik itu yang memiliki akses ke jaringan yang sama ataupun berbeda.

2. Hub/Switch


Hub/Switch sebenarnya adalah dua perangkat yang berbeda tapi memiliki fungsi sama namun cara kerja yang berbeda. Baik hub/switch adalah perangkat keras yang menjadi penghubung antara node dalam suatu topologi jaringan. Selain itu, Hub/switch juga berfungsi untuk memperkuat sinyal dalam suatu jaringan.

f. Contoh Hardware Komputer Lainnya


1. Power Supply


Power supply atau power supply unit lebih dikenal dengan PSU, adalah sebuah perangkat keras
yang memiliki fungsi mengubah tegangan AC ke DC untuk menyuplai tegangan ke komponen yang membutuhkan arus dan juga tegangan.

2. AGP Card


AGP adalah singkatan dari Accelerated Graphics Port yang berfungsi untuk memaksimalkan resolusi layar komputer.

3. VGA Card


VGA adalah singkatan dari Video Graphics Accelerated yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal gambar. VGA juga termasuk perangkat komputer yang menjadi salah satu pertimbangan utama dalam membeli dan merakit komputer PC.

4. Heatsink


Heatsink adalah jenis perangkat keras pada komputer berupa kipas angin yang berfungsi sebagai pendingin komputer agar processor lebih stabil. Saat ini, heatsink juga mulai ditinggalkan dan beralih ke teknologi terbaru cooling pad yang memiliki fungsi sama tetapi performa lebih unggul dari heatsink.

5. Network Card

Network Card (NIC) atau kartu jaringan adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer.
gambar  Network card
Network card

Type: TP-LINK AC1300 Wireless Dual Band USB Adapter Archer T4U
Merk: TP-LINK
Vendor: TP-LINK
Web Support: https://www.tp-link.com/us/support

6. Modem


Modem adalah sebuah perangkat keras komputer yang memiliki fungsi untuk mengubah 2 sinyal sehingga dalam menerima dan mengirim pesan bisa berjalan baik. Kata modem merupakan singkatan dari Modulator Demodulator.

Gambar modem
Modem

Type: PROLINK PHS600
Merk: Prolink
Vendor: Prolink
Web Support: www.prolink2u.com/support.html

7. Midi Card


Musical Instrument Digital Interface disingkat MIDI adalah sebuah standar hardware dan software internasional untuk saling bertukar data (seperti kode musik dan MIDI Event) di antara perangkat musik elektronik dan komputer dari merek yang berbeda.

8. TV Tuner


TV Tuner adalah perangkat keras yang terhubung dengan komputer yang berfungsi untuk menampilkan siaran televisi dari berbagai macam stasiun televisi, seperti layaknya televisi biasa.

gambar  TV Tuner
TV Tuner

Type: Gadmei 5830
Merk: Gadmei
Vendor: LG Innotek
Web Support: https://www. led.lginnotek.com

9. Mifi


MiFi adalah nama yang diberikan pada sebuah perangkat wireless router yang berperan sebagai WiFi Hotspot. Sesuai dengan namanya, wireless router adalahs sebuah perangkat keras jaringan komputer tanpa kabel sehingga lebih fleksibel dan dapat dibawa kemana-mana.

gambar mifi
Mifi

Type: ZTE MF65
Merk: ZTE
Vendor: ZTE
Web Support: https://www.zte.com.cn/global/support

Lihat juga Pengertian Jaringan Komputer dan Manfaatnya

Demikianlah macam-macam hardware komputer, gambar dan contoh hardware  atau perangkat keras komputer. Semoga bermanfaat!
  July 05, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close