Skip to main content

Konsep Dasar Belajar Matematika SD

Belajar Matematika SD - Apa yang dipelajari saat masuk SD kelas 1? Seingat saya, pada saat masuk ke sekolah dasar, pertama kali kita akan belajar memegang pensil dan membuat pola-pola garis dan lingkaran secara berulang-ulang sampai beberapa minggu. Pada saat itu, belum ada pelajaran Matematika SD.
Konsep Dasar Belajar Matematika SD
Konsep Dasar Belajar Matematika SD

Setelah belajar menulis, kita akan lanjut belajar membaca, masih belum masuk ke pelajaran berhitung. Barulah setelah tahu menulis dan membaca, kita akan belajar berhitung pada tahap yang paling dasar dan sederhana.

Konsep Dasar Belajar Matematika SD


Dari SD ke SMP, SMA sampai ke bangku kuliah, pelajar selalu diperhadapkan pada Matematika, yaitu salah satu pelajaran yang paling ditakuti, terutama saat ujian tiba. Bagi anak SD, Matematika menjadi salah satu mata pelajaran yang penting untuk dipelajari karena menjadi salah satu mata pelajaran yang di Ujian Nasionalkan bersama dengan Bahasa Indonesia dan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam).

Sebenarnya Matematika itu sederhana. Setidaknya untuk pelajaran SD. Karena pada tahap SD, Matematika yang diajarkan masih sangat sederhana. Materi Matematika tidak jauh dari perhitungan dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.

Hari ini saya akan berbagai konsep dasar belajar Matematika SD yang membuat belajar Matematika SD kelas 1, 2, 3, 4, 5, sampai 6 jauh lebih mudah. Intinya pada pelajaran Matematika SD adalah konsep dari Matematika itu sendiri. Setelah itu, baru belajar cara berhitung dengan cepat dan akurat.

Materi Dasar Belajar Matematika SD


1. Penjumlahan


Modal awal belajar Matematika SD adalah dengan mengenal penjumlahan. Ini adalah Materi paling dasar setelah kita mengenal angka-angka. Operasi penjumlahan juga adalah yang paling mudah.

Untuk contohnya, bisa dilihat di Tabel Pertambahan 1 Sampai 10 - 20

2. Pengurangan


Setelah penjumlahan, kita akan belajar pengurangan. Operasi pengurangan juga masih cenderung lebih mudah. Pada tahap-tahap pelajaran Matematika selanjutnya, kita akan mengenal pengurangan yang menghasilkan nilai negatif.

Untuk mengenal Matematika dasar dan cara berhitung cepat, ada baiknya kamu memahami Tabel Pengurangan 1 Sampai 10 - 100 setelah paham seputar penjumlahan.

3. Perkalian


Kalau tidak salah, kita akan belajar perkalian pertama kali saat belajar Matematika kelas 2 SD. Seperti pada operasi penjumlahan dan pengurangan sebelumnya, pada tahap ini kita akan belajar perkalian dengan tabel perkalian.

Pada tahap ini juga, kita akan belajar Konsep Perkalian dasar untuk anak SD. Sayang sekali, banyak siswa yang lebih memilih menghafal perkalian dari pada memahami konsep dasar perkalian itu sendiri.

Hasilnya, tidak banyak yang tahu cara menghitung perkalian dasar seperti perkalian bersusun atau perkalian dengan jari yang cepat dan tepat. Karena itu, dari pada mengajarkan anak berhitung dengan menghafal tabel perkalian, akan lebih baik jika kita memberikan konsep dasar belajar perkalian.

4. Pembagian


Setelah memahami tiga operasi aritmatika dasar, kita akan lanjut ke materi Matematika SD pembagian. Pada bagian ini, kita juga sering dihadapkan dengan tabel Pembagian 1 Sampai 100.

Namun akan lebih baik jika kita juga langsung belajar konsep pembagian seperti apa itu pembagian, bagaimana cara menghitung pembagian dengan cepat dan benar, bagaimana belajar pembagian bersusun dan lain-lain.

Satu lagi yang tidak kalah penting yang sudah harus menjadi konsep dasar belajar Matematika SD adalah tentang konsep kebalikan perkalian dan pembagian. Contohnya:

4 : 2 = 2

Dapat dibuktikan dengan

4 = 2 x 2

Apakah Matematika sulit?

Bisa jadi karena kita belum tahu konsep dasar Matematika atau belum belajar Matematika SD dengan memahami tapi hanya dengan menghafal. Padahal, dengan konsep dasar belajar Matematika SD di atas, pasti kita akan lebih mudah belajar Matematika SMP dan SMA. Pada

Sederhananya, hampir semua rumus Matematika lengkap dari SD, SMP, sampai SMA pasti akan diselesaikan dengan operasi aritmatika dasar di atas. Pada saat belajar kelas 4 SD kalau tidak salah, kita juga akan belajar menghitung pecahan yang mana kita harus pahami dulu tentang penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, bukan hanya menghafal.

Pada saat belajar Matematika SD kelas 6 pun, kita juga akan belajar mencari KPK dan FPB yang tidak lepas dari Matematika dasar perkalian.

Kesimpulannya, konsep dasar belajar Matematika adalah perhitungan yang meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Dengan memahami konsep dasar Matematika dan belajar Matematika SD sejak awal dengan cara memahami dan menghindari menghafal, kita akan jauh lebih mudah dan asyik belajar Matematika. Semoga bermanfaat!
  July 29, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close