Skip to main content

Cara Mengatasi Error P02 Printer Canon Mp-287 dan MP-258

Cara Mengatasi Error P02 Print MP-258 dan MP-287 - Entah berapa lama printer PIXMA MP-258 ini diam termenung di lemari karena error P02 yang dideritanya. Namun hari ini, saya mencoba memperbaiki error P02 print Canon MP-258 ini.

Cara Mengatasi Error P02 Printer Canon Mp-287 dan MP-258
Cara Mengatasi Error P02 Printer Canon Mp-287 dan MP-258

Setelah baca-baca di Google tentang penyebab dan cara mengatasi error P02 print MP-258 ini, akhirnya error P02 ini selesai dan bisa diatasi dengan mudah. Ada artikel yang memang benar-benar sesuai dengan masalah ini, ada juga yang tidak sama sekali. Dan semoga printer canon Anda yang error P02 ini bisa diatasi seperti print saya ini.

Penyebab Error P02 Print Canon MP-287 dan MP-258


Banyak tutorial yang mengatakan kalau error PO2 print canon MP-287 atau print MP-258 karena adanya benda yang menghalangi pergerakan rumah cartridge di dalam printer. Dan itu benar, berdasarkan pengecekan yang saya lakukan di print ini, memang rumah cartridge tidak bisa berjalan.

Penyebabnya karena:

  1. Kemungkinan ada kertas yang tersangkut pada tray sehingga cartridge tidak bisa bergerak.
  2. Untuk printer modifikasi dengan selang infus, bisa jadi selang menghalangi cartridge sehingga rumah cartridge tidak bisa bergerak.
  3. Jika 2 penyebab error P02 di atas mungkin pernah dialami oleh sebagaian teman-teman atau hanya opini, penyebab yang ketiga ini bisa dikatakan fakta penyebab error P02, yaitu penutup cartridge terbuka (berwarna putih) sehingga rumah cartridge tidak bisa bergerak.
Penyebab error P02 Printer MP-258
Penyebab error P02 Printer MP-258

Hal ini menyebabkan cartridge tidak bisa bergerak keluar karena terhalang penutup yang terbuka dan sangkut di casing cartridge. Hal ini ditandai dengan rumah cartridge yang tidak bisa bergerak keluar dan hanya ada di posisi sebelah kanan tersembunyi ketika printer dibuka.

Dibuka di sini bukan bongkar casing ya, hanya membuka printer dengan cara mengangkat bagian tengahnya seperti ketika mengganti cartridge. Saya lupa namanya apa :)

Kesimpulan Penyebab Error P02:


Penyebab error P02 printer MP0258 atau MP-287 adalah penutup cartridge tidak tertutup dengan baik yang dalam hal ini terbuka sehingga rumah cartridge tidak bisa bergerak keluar.

Cara Mengatasi Error P02 Printer Canon Mp-287 dan MP-258


Berdasarkan penyebab di atas, kita bisa mengatasi error P02 canon MP-287 dan MP-258 ini dengan menutup penutup cartridge tersebut sehingga tidak tersangkut di casing printer.

Hal ini akan membuat pergerakan rumah cartridge kembali normal dan bisa diatasi sehingga error P02 tadi sudah hilang.

Intinya di sini adalah rumah cartridge harus bisa bergerak sehingga bisa normal kembali.

Nah, kalau penyebabnya karena ada kertas yang sisa nge-print yang sangkut, maka bisa dengan membersihkan sisa kertas tersebut.

Begitupun jika penyebabnya karena selang infus yang menghalangi pergerakan cartridge, maka selang infus sebaiknya diperbaiki sehingga tidak mengganggu pergerakan cartridge.

Setelah berhasil mengatasi error P02 di print MP-258 ini, ada masalah lain yang muncul. Error tersebut seperti P07 yang setelah itu diikuti oleh error E05 dan lain-lainnya. Dan terakhir, tinta print infus yang tidak mengalir dengan lancar.

Sebenarnya, saya sudah pernah memperbaiki error print canon MP-258 ini dengan berbagai peringatan error. Tapi karena tidak menuliskannya, maka saya terkadang sulit mengatasi masalah yang sama karena lupa caranya.

Lihat juga cara mengatasi error P07 Canon MP-287/MP-258

Dengan blog Soksimon.com, saya akan menulis beberapa error di print MP-258 ini dan cara mengatasinya sebagai arsip. Silahkan ikuti artikel-artikel selanjutnya dan semoga bermanfaat!
  July 13, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close