Skip to main content

Penyebab dan Cara Mengatasi Printer Canon Error E02 MP287/MP258

Canon Error E02 MP287 dan IP2770 MP258 - Bagi sebagian orang, printer adalah benda elektronik yang sangat berharga dan memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang pekerjaan maupun pendidikan. Namun apa jadinya kalau printer error? Tentu pekerjaan akan terhambat dan kadang membuat kita pusing.

Penyebab dan Cara Mengatasi Printer Canon Error E02 MP287/MP258
Penyebab dan Cara Mengatasi Printer Canon Error E02 MP287/MP258

Error pada printer, secara khusus printer Canon MP287/MP258 adalah hal yang biasa terjadi. Salah satu kode error yang pernah saya alami adalah error E02 yang membuat saya tidak bisa mencetak atau ngeprint.

Penyebab Canon Error E02 Canon MP287/MP258


Printer error E02 pada tipe Canon MP287/MP258 berkaitan dengan masalah paper jam. Ciri-cirinya selain tampilan LCD printer E02 secara bergantian juga ditandai dengan kertas yang tersangkut atau keluar kembali setelah ngeprint. Ada juga yang kertas tidak bisa masuk atau hanya masuk sebelah saja.

Lihat juga Penyebab dan Cara Memperbaiki Error E03 Canon MP287

Cara Mengatasi Error E02 Canon MP287/MP258


Bagaimana memperbaiki printer error E02 Canon MP287/MP258?

Berikut beberapa cara mengatasi error E02 yang bisa kamu coba:
  1. Hal pertama yang harus kamu pastikan adalah posisi kertas yang tepat sehingga dapat ditarik oleh roller dengan baik. Jika karet roller sudah mulai aus, coba tambah kertas pada paper tray.
  2. Cek paper tray dan roller paper jangan sampai ada benda asing yang mengganjal sehingga printer tidak bisa menarik kertas.
  3. Cek paper loader apakah ada yang bermasalah. Lihat pada karet roller yang kemungkinan sudah aus sehingga harus diganti.
  4. Kerusakan pada paper loader juga bisa disebabkan oleh sensor ASF (Automatic Sheet Feeder) yang patah atau rusak. Ciri-cirinya adalah bunyi printer yang kasar. Solusi untuk masalah ini adalah mengganti ASF dengan yang baru.
Note:
Error E02 bisa disebabkan oleh roller yang tidak bisa menarik kertas karena tidak berfungsinya sensor kertas ASF. Cek sensor kemungkinan ada switch yang longgar atau lepas. Namun jika sensor mengalami kerusakan maka tidak ada jalan lain selain menggantinya dengan yang baru.

Dari beberapa kejadian, biasanya error E02 ini muncul setelah kita akan melakukan percetakan. Masalah yang paling sering terjadi adalah adanya benda asing yang tersangkut di roller. Karena itu, sebelum mengganti sensor atau ASF sebaiknya cek hal-hal tersebut terlebih dahulu dan kalau tidak mau repot, silahkan perbaiki di tempat service printer terpercaya di kotamu.

Lihat juga Cara Mengatasi Error P02 MP287

Demikianlah penyebab dan cara mengatasi printer error E02 Canon MP287/MP258. Semoga bermanfaat!

  July 17, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close