Skip to main content

5 Cara Cepat Belajar Perkalian dengan Mudah

Belajar Perkalian - Bagi sebagaian orang, Matematika adalah mata pelajaran yang cukup menakutkan, terlebih saat ujian tiba. Mulai dari SD, SMP, SMA, bahkan sampai perguruan tinggi, Matematika menjadi mata pelajaran yang cukup susah.

5 Cara Cepat Belajar Perkalian dengan Mudah
5 Cara Cepat Belajar Perkalian dengan Mudah

Tapi sebenarnya, Matematika itu sangat sederhana. Yang menjadi permasalahan umum siswa tidak suka dengan Matematika karena banyak yang menganggap soal Matematika itu tidak berguna atau tidak tepat. Padahal, belajar Matematika itu sangat penting, seperti untuk menganalisa, belajar berpikir kreatif yang tentu sangat dibutuhkan dalam kehidupan dan dunia bisnis.

Nah, apakah Matematika sesulit yang kita bayangkan? Mungkin saja. Tapi sebenarnya, Matematika itu sangat sederhana. Kita hanya perlu mulai dari perhitungan, yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian yang adalah dasar dari Matematika.

Cara Cepat Belajar Perkalian


Hari ini, saya akan berbagi sedikit tips dan trik cara cepat belajar perkalian. Ya, perkalian menjadi salah satu hal dasar yang harus dipahami dalam Matematia.

Banyak sekali siswa, bukan hanya di SD tapi sampai SMA yang masih kesulitan dalam menguasai perkalian, bahkan perkalian yang dasar pun. Jangankan perkalian desimal atau perkalian bilangan pecahan, perkalian bilangan biasa pun kesulitan jika sudah mencapai angka puluhan.

Pada kesempatan ini, saya akan berbagi sedikit tips dan trik cara cepat belajar perkalian yang sebaiknya diterapkan pada anak SD.

Langsung saja, berikut beberapa cara cepat belajar perkalian untuk anak SD yang sangat penting untuk diketahui.

1. Belajar Penjumlahan


Awal mula dari perkalian sebenarnya adalah penjumlahan.

2 x 3 = 6

Sama dengan

2 + 2 + 2 = 6

Karena itu, ketika kita bisa menguasai penjumlahan dengan baik dan cepat, maka belajar perkalian pun akan terasa lebih mudah. Contohnya, 7 x 7 = 49 adalah perkalian yang mudah dihafal. Saat ada pertanyaan 8 x 7 maka secara cepat, saya akan menambahkan 49 + 7 = 56.

Selain itu, tidak ada cara lain untuk belajar perkalian dengan cepat. Kuasai perjumlahan dan perkalian akan lebih mudah.

Lihat juga tabel penjumlahan 1 sampai 10 - 20

2. Kurangi Melihat Tabel Perkalian


Tabel Perkalian 1-10
Tabel Perkalian 1-10

Bagi anak SD, umumnya kita selalu mulai belajar perkalian dengan menggunakan sempoa atau pun melihat tabel perkalian 1 sampai 10. Namun akan lebih baik jika belajar perhitungan Matematika menggunakan sempoa karena melatih cara berpikir.

Hal ini berbeda dengan tabel perkalian yang membuat siswa lebih menghafal perkalian. Padahal, kunci belajar perkalian dengan cepat adalah memahami dan bukan sama sekali dengan menghafal.

3. Belajar Perkalian dengan Jari


Saya sering melihat buku Matematika tentang rahasia perkalian lebih cepat dari kalkulator, rahasia perkalian dengan jari, dan berbagai rahasia Matematika lainnya.

Belajar perkalian dengan jari memang cukup menantang bagi mereka yang baru belajar. Saat masih SMP, saya melihat seseoarng yang bisa perkalian dengan cepat menggunakan jari-jemarinya dan itu membuat saya sangat tercengang. Setelah tahu, ternyata biasa saja 😊

Ada banyak trik perkalian cepat dengan jari. Yang paling mudah menurut saya adalah belajar perkalian 9 dengan jari. Selain itu, trik perkalian cepat dengan jari yang paling berguna adalah perkalian 6 sampai 9.

Untuk bisa perkalian 6 sampai 9 dengan jari, kita harus belajar dulu perkalian yang lebih kecil, yaitu perkalian 2 sampai 4. Perkalian 2 sampai 4 harus bisa dikuasai dengan cepat sehingga bisa belajar perkalian 6 sampai 9 dengan jari.

4. Hafal Perkalian dengan Angka Spesial


Sesuai dengan poin nomor 1 di atas, untuk bisa perkalian cepat, kita harus tahu tentang penjumlahan. Setelah itu, kita dapat menghafal baik-baik perkalian angka spesial, seperti perkalian dengan angka 5 atau perkalian dengan angka yang sama.

Contohnya:

1 x 1 = 1
2 x 2 = 4
3 x 3 = 9
4 x 4 = 16
5 x 5 = 25
6 x 6 = 36
7 x 7 = 49
8 x 8 = 64
9 x 9 = 81
10 x 10 = 100

Contoh lainnya:

1 x 5 = 5
3 x 5 = 15
6 x 5 = 30
7 x 5 = 35
9 x 5 = 45

Angka-angka spesial tersebut membuat kita lebih cepat dalam menjawab soal perkalian. Tekniknya, dengan menggunakan penjumlahan.

Misalnya, kita sudah tahu kalau 6 x 6 = 36 maka 7 x 6 sama dengan 36 + 6 = 42.

5. Belajar perkalian bersusun


Di kelas 1 dan 2 SD, kita biasanya menemukan soal-soal Matematika perkalian dengan bilangan puluhan. Sampai SMA pun masih banyak teman-teman, termasuk saya dulu biasanya bingung dengan perkalian bersusun yang digunakan untuk mengali bilangan dengan angka puluhan sampai ratusan.

Karena itu, bagi kamu yang mau menjawab soal perkalian dengan cepat dan tepat, maka perkalian bersusun juga adalah hal yang paling dasar yang perlu kamu pahami.

Lihat juga Tabel Kebenaran Logika Matematika: Negasi, Konjungsi, dan Disjungsi

Demikianlah cara cepat belajar perkalian dengan mudah untuk anak SD. Semoga bermanfaat!

  July 23, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close