Skip to main content

Aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG)

Aplikasi Sistem Informasi Geografis (GIS) - Peta adalah salah satu materi dasar dalam mata kuliah SIG. Di sini kita akan belajar cara membuat peta dan berbagai hal menarik lainnya berkaitan dengan SIG. Untungnya saat ini, kita telah sangat terbantu dengan hadirnya aplikasi-aplikasi SIG yang bisa membuat pekerjaan lebih mudah dan cepat.

Aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG)
Aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG)

Ada banyak aplikasi SIG dari gratis sampai berbayar. Seperti aplikasi atau software GIS gratis QGIS (Quantum GIS), SAGA GIS, Whitebox GAT, GRASS GIS dan gVSIG serta berbagai aplikasi SIG lainnya yang bisa didownload di beberapa situs web di internet.

Selain itu, ada banyak juga aplikasi sistem informasi geografis berbasis android, web dan lain-lain yang bisa didownload di playstore. Sebagian besar aplikasi SIG berbasis android digunakan dengan aplikasi SIG lainnya, seperti aplikasi Google Map, GPS (Global Potisioning System), Google Earth, GPS Test android dan lain-lain.

Nah, dalam pembuatan proyek sistem informasi geografis, software terbaik yang paling sering digunakan adalah ArcGIS.

Aplikasi ArcGIS ini adalah aplikasi yang sering digunakan untuk membuat proyek seperti peta dan lain-lain. ArcGIS desktop terdiri dari 5 aplikasi utama, yaitu aplikasi ArcMap, ArcCatalog, ArcGlobe, ArcScene dan ArcToolbox.

Dalam blog ini, akan banyak dibahas tentang cara menggunakan aplikasi sistem informasi geografis ArcGIS, yaitu ArcMap. Dengan aplikasi ArcMap dibantu oleh aplikasi-aplikasi android lainnya, kita bisa memetakan suatu wilayah dan membuat peta berdasarkan kategori yang diinginkan.

Proses pembuatan peta dengan aplikasi ArcMap ini sangat mudah dan simpel. Pertama-tama, kamu harus donwload dan install aplikasi ArcGIS di laptop Windows Anda.

Agar lebih mudah, kita sebaiknya melihat contoh cara menggunakan aplikasi SIG, ArcMap di artikel 5 Tahap cara membuat peta di ArcMap (ArcGIS).

Perlu diketahui, bahwa fungsi aplikasi SIG ini hanya bertujuan untuk mempermudah kita dalam melakukan pemetaan dan membuat peta. Sama seperti fungsi aplikasi pada umumnya.

Jadi, ketika Anda menggunakan aplikasi ini dan melakukan tahap digitasi, georeferencing sampai tahap terakhir, tidak perlu kaku. Intinya, aplikasi ArcGIS hanya mempermudah kita mengelola data spasial SIG.

Lihat juga 14 Pengertian SIG menurut para ahli

Demikianlah aplikasi sistem informasi geografis atau SIG. Silahkan pelajari cara menggunakan aplikasi SIG ArcGIS ini. Semoga bermanfaat!
  July 01, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close