Skip to main content

Apa Itu ODBC? - Open Database Connectivity (ODBC)

Apa Itu ODBC?


ODBC adalah singkatan dari Open Database Connectivity merupakan suatu standar terbuka untuk konektivitas antar mesin basis data (Wikipedia).

Apa Itu ODBC? - Open Database Connectivity (ODBC)
Apa Itu ODBC? - Open Database Connectivity (ODBC)

ODBC adalah API (Application Programming Interface) yang menjadi standar untuk mengkoneksikan antara aplikasi dengan sistem manajemen basis data (SMBD).

ODBC (Open Database Connectivity) merupakan seperangkat fungsi yang bisa melakukan koneksi database secara lokal maupun jarak jauh (remote).

Dengan ODBC, pengembang aplikasi memungkinkan untuk mengakses suatu data secara bersama-sama dari sejumlah database.

Driver ODBC ada yang langsung terinstall secara langsung bersama dengan sistem operasi Windows seperti Ms. SQL Server, Microsoft Access, dan lain-lain.

Namun ada juga driver ODBC yang harus diinstall untuk mengkoneksikan aplikasi dengan suatu database. Contohnya MyODBC yang digunakan untuk mengkoneksikan antara Xampp dan Visual Basic.

Selengkapnya bisa dilihat di Cara Koneksi Visual Basic dengan MySQL Xampp. Dalam tutorial tersebut, juga terdapat driver ODBC yang dapat didownload untuk membuat koneksi antara VB dan Xampp.

Tujuan dan Fungsi ODBC


ODBC dibuat dengan standar protokol yang dapat menghubungkan segala jenis database server sehingga ODBC dikembangkan dengan tujuan terbebas dari penggunaan bahasa pemrograman tertentu, sistem basis data tertentu maupun suatu sistem operasi sehingga dapat diakses oleh SMDB berbeda menggunakan kode sumber yang sama.

Adapun fungsi ODBC adalah sebagai berikut.
  1. ODBC menjadi jembatan untuk memudahkan user mengelola data serta menghubungkan pengolahan antara database yang mudah diakses.
  2. ODBC sebagai kontrol standard yang menghubungkan antar database yang tersedia driver ODBC.
  3. ODBC untuk mengakses sumber data, baik lokal maupun jarak jauh.

Komponen ODBC (Open Database Connectivity)


Berikut ini adalah beberapa komponen utama ODBC.
  1. ODBC API, yaitu sekumpulan panggilan fungsi, kode-kode kesalahan dan sintaksis SQL yang mendefinisikan cara data dalam sebuah DBMS diakses.
  2. Driver basis data ODBC, yaitu driver yang mampu memproses panggilan fungsi ODBC untuk sebuah DBMS tertentu.
  3. ODBC driver manager, yaitu bertugas untuk memuat driver basis data ODBC yang dibutuhkan oleh aplikasi.
  4. ODBC Cursor Library yang terletak antara ODBC driver dengan ODBC driver.
  5. ODBC Administrator yang digunakan untuk mengkonfigurasi SMBD sehingga bisa digunakan untuk sumber data aplikasi.
Kelebihan dari ODBC adalah menyediakan antarmuka yang konsisten tanpa memperhatikan jenis database server yang digunakan dan tidak terikat pada setiap database yang berjalan.

Namun ODBC juga memiliki kekurangan seperti perintah ODBC bisa saja tidak membaca beberapa field sehingga programmer harus menulis field apa yang harus ditampilkan.

Lihat juga Rangkuman Materi Belajar HTML dan CSS Lengkap

Itulah sedikit penjelasan yang menjawab tentang apa itu ODBC. Semoga pengertian ODBC, fungsi dan komponen utama ODBC ini bermanfaat!

  July 28, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close