Skip to main content

Topologi Hybrid : Pengertian, Karakteristik, dan Gambar Topologi Hybrid

Topologi Hybrid : Pengertian, Karakteristik, Gambar, Kelebihan dan Kekurangannya - Topologi Hybrid adalah topologi yang paling banyak diterapkan dalam perusahaan-perusahaan skala besar saat ini. Hal ini karena topologi Hybrid terbukti sebagai topologi jaringan terbaik yang ada saat ini. Namun sekalipun topologi Hybrid yang terbaik, bukan berarti kita harus selalu menggunakan topologi Hybrid.

Hal ini kembali lagi ke tujuan pengembangan jaringan komputer. Jaringan Hybrid juga memiliki kelebihan dan kekurangannya yang perlu diperhatikan agar kebutuhan akan jaringan tepat sasaran. Apa itu topologi Hybrid dan bagaimana cara kerjanya? Semuanya akan dijelaskan secara singkat di bawah ini dalam artikel pengertian topologi Hybrid, gambar, karakteristik serta kelebihan dan kelemahannya.


Pengertian Topologi Hybrid


Topologi Hybrid adalah topologi jaringan yang merupakan gabungan dari dua atau lebih topologi jaringan. Gabungan dari dua topologi jaringan dapat disebut topologi Hybrid jika kedua topologi tersebut berbeda.

Contohnya, gabungan dari topologi Mesh dan topologi Star disebut topologi Hybrid. Namun gabungan antara dua topologi yang sama, misalnya topologi jaringan Mesh digabungkan dengan jaringan Mesh, tidak dapat disebut sebagai topologi Hybrid.

Intinya, suatu topologi jaringan disebut topologi Hybrid jika topologi yang baru tersebut tidak membawa karakteristik khusus dari suatu topologi yang digabungkan secara umum. Jadi, hasil kombinasi dari topologi yang baru tersebut bisa dikatakan topologi Hybrid jika dibangun dengan standar yang berbeda dan tidak mengacu pada standar topologi jaringan lainnya.

Dilihat dari asal katanya, Hybrid yang berarti cangkokan, topologi Hybrid dibangun dari kombinasi topologi jaringan yang ada dengan tujuan menggabungkan kelebihan dan meminimalisir kekurangan.

Karakteristik Topologi Hybrid


Uniknya, topologi Hybrid tidak memiliki ciri-ciri atau karakteristik khusus. Hal ini karena topologi Hybrid merupakan gabungan dari topologi jaringan lainnya dengan karakteristiknya masing-masing pada suatu lingkungan.

Dalam membangun jaringan komputer dengan menggunakan topologi Hybrid, dibutuhkan alat-alat dan bahan topologi Hybrid yang cukup mahal seperti media Hub/Switch, Kabel TUP/STP dan konektor RJ45, Repeater/Bridge dan Router.

Cara Kerja Topologi Hybrid


Untuk menjelaskan dan memberi keterangan tentang topology Hybrid, harus disesuaikan dengan gambar dan jenis topology Hybrid. Jenis topologi Hybrid yang dimaksudkan adalah kombinasi dari topologi Hybrid itu sendiri.

So, diperlukan gambar topologi jaringan Hybrid untuk menjelaskan cara kerja topologi jaringan Hybrid. Karena setiap skema topologi jaringan Hybrid berbeda sesuai dengan jenis topologi yang digabungkan.

Seperti contoh skema topologi Hybrid yang satu ini cara kerjanya dapat dijelaskan berdasarkan skema itu sendiri.

Gambar Topologi Hybrid

gambar topologi jaringan hybrid
Gambar topologi jaringan hybrid - Pemasangan.com

Dari gambar di atas, kita bisa melihat topologi Hybrid yang adalah gabungan dari topologi Star, topologi Ring, dan topologi Bus.

Kelebihan dan Kekurangan Topologi Hybrid


Seperti pada jenis-jenis topologi jaringan lainnya, topologi Hybrid pun tidak lepas dari kelebihan dan kekurangannya. Ya, meskipun topologi Hybrid bisa dikatakan yang terbaik saat ini, tapi lucu juga jika kita membangun topologi jenis ini untuk membangun jaringan dalam skala yang lebih kecil yang sebenarnya lebih cocok dengan topologi lainnya.

Kelebihan Topologi Hybrid

  1. Bersifat fleksibel, seperti dapat menggabungkan dua atau lebih topologi jaringan yang ada tanpa perlu dirombak dari awal lagi.
  2. Kecepatan transfer data lebih stabil
  3. Masalah pada salah satu node tidak akan mengganggu kinerja jaringan 
  4. Pengembangan jaringan seperti penambahan node dapat dilakukan dengan mudah

Kekurangan Topologi Hybrid

  1. Instalasi membutuhkan banyak kabel dan perangkat lainnya seperti Hub sehingga tergolong mahal
  2. Instalasi membutuhkan waktu yang sedikit lebih banyak untuk memastikan setiap media transmisi bekerja dengan baik sesuai tujuan
  3. Pengolahan jaringan pada topologi Hybrid lebih rumit
  4. Perawatan jaringan cukup mahal
Topologi Hybrid adalah topologi jaringan yang terbaik saat ini dan populer digunakan. Terlebih oleh perusahaan yang mengakusisi perusahaan lainnya dimana pengembangan jaringan komputer yang luas diperlukan.

Jenis-jenis Topologi Jaringan Lainnya:

  1. 1. Topologi Linier dan Gambarnya
  2. 2. Topologi Peer to Peer dan Gambarnya
  3. 3. Topologi Tree: Pengertian, Ciri Khas, dan Kelebihan Serta Kekurangannya
Demikianlah artikel seputar topologi Hybrid yang meliputi pengertian, cara kerja dan gambar, karakteristik, kelebihan dan kekurangan topologi Hybrid. Semoga keterangan dan penjelasan di atas dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang topologi Hybrid. Terima kasih.
  June 12, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close