Skip to main content

4 Tahapan Kerja SIG (Sistem Informasi Geografis)

Tahapan Kerja SIG - Bagaimana tahapan kerja SIG yang benar? Urutan kerja SIG meliputi sebuah sistem yang menunjukkan langkah-langkah dan proses sistematis yang harus dikaji lebih mendetail agar mencapai tujuan.

4 Tahapan Kerja SIG (Sistem Informasi Geografis)
4 Tahapan Kerja SIG (Sistem Informasi Geografis)

Manfaat SIG dalam bidang lingkungan hidup memang sangat banyak. Salah satunya, dengan menggunakan urutan proses kerja sistem informasi geografi kita dapat memprediksi daerah rawan bencana longsor, banjir dan lain-lain.


Tahapan Kerja SIG (Sistem Informasi Geografis)


Saat ini, tahapan kerja sig lebih mudah dan sederhana karena mendukung sistem informasi dan dan pemanfaatan software dan hardware komputer. Jika kamu pernah menggunakan software SIG seperti ArcGIS, maka kamu pasti sudah memiliki gambaran tentang tahapan kerja SIG.

Gambaran sederhana tentang tahapan kerja SIG adalah memproses dan mengelola data mentah menjadi sebuah informasi menggunakan aplikasi SIG.

Langsung saja, berikut tahapan kerja sig yang antara lain meliputi tahap:

1. Tahap Memasukkan Data (Input Data)


Proses awal tahapan kerja SIG adalah masukan data. Data dalam SIG terdiri atas data spasial dan kategori. Untuk sumber data spasial meliputi peta analog, hasil penginderaan jauh, data lapangan, dan lain-lain.

Data spasial ini adalah data masukan dalam SIG yang meliputi data-data vektor, data raster, dan data atribut.

Kepada data-data tersebut kemudian dilakukan digitasi dan editing dasar lengkap dengan pemberian atribut.

2. Tahap Pengolahan Data


Tahapan yang kedua adalah pengolahan data SIG. Dalam tahap ini, langkah-langkah manajemen data keruangan, pengambilan dan analisis data dilakukan.

Proses yang akan dilalui pada tahap ini adalah pengarsipan dan pemodelan data. Pemodelan bertujuan untuk menyimpan kondisi-kondisi tertentu yang dapat berguna untuk memprediksi keadaan yang terjadi di masa lalu atau pun keadaan yang akan datang.

Dalam tahap ini, data-data non spasial dikelola dengan melibatkan database management system (DBMS).

Lihat juga Komponen-komponen SIG (Sistem Informasi Geografis)

3. Tahap Analisis Data dan Manipulasi


Tahap selanjutnya adalah analisis data dan manipulasi data yang berkaitan dengan operasi pengukuran keruangan. Analisis data berkaitan dengan analisis daerah penyangga (Buffering) dan analisis tumpang susun (Overlay).

4. Tahap Keluaran (Data Output)


Proses tahapan kerja SIG yang terakhir adalah menayangkan hasil analisis data geografis secara kualitatif berupa deskripsi dan secara kuantitatif berupa bentuk bilangan.

Pada tahap ini dilakukan transformasi skala, generalisasi, dan mengatur tampilan seperti tahap Layout peta di aplikasi ArcView.

Hasil keluaran SIG bisa berupa peta analog, data digital, tabel laporan dan lain-lain.

Setelah data tahapan kerja SIG selesai, hasil keluaran tersebut akan banyak dimanfaatkan oleh pengguna SIG terkait.

Itulah beberapa tahapan kerja SIG. Untuk lebih jelasnya, langsung pada praktik 5 tahap cara membuat peta di ArcGIS yang menunjukkan contoh langkah-langkah proses kerja SIG.

Lihat juga Pengertian SIG Menurut Para Ahli

Demikianlah artikel tentang tahapan kerja SIG. Semoga bermanfaat!
  June 23, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close