Skip to main content

4 Penyebab Sinyal 4G Telkomsel Tidak Muncul dan Cara Mengatasinya

Penyebab Sinyal 4G Telkomsel Tidak Muncul dan Cara Mengatasinya - Pernah rasain bagaimana susah sinyal di desa terpencil? Itulah yang selalu saya alami selama belasan tahun. Kita harus mencari sinyal di tempat-tempat tertentu di dalam rumah. Meskipun sinyal Telkomsel sudah menjangkau pelosok negeri, tidak semua memiliki kualitas jaringan yang baik. Bahkan sinyal Telkomsel hilang hari ini untuk jaringan 3G dan hanya bisa digunakan di jaringan 4G.

4 Penyebab Sinyal 4G Telkomsel Tidak Muncul dan Cara Mengatasinya
4 Penyebab Sinyal 4G Telkomsel Tidak Muncul dan Cara Mengatasinya

Saya pikir gangguan Telkomsel hanya berlaku hari ini. Tapi ternyata tidak, sudah seminggu ini jaringan Telkomsel hilang. Tidak hilang juga, hanya saja koneksi internet sulit sekali di jaringan 3G tapi tidak di jaringan 4G. Data seluler 3G sebenarnya aktif tapi tidak ada lalulintas seperti biasanya.

Sementara di jaringan 4G (saya lihat di hp teman saya), koneksi internet tetap normal. Karena itulah, saya melakukan upgrade kartu Telkomsel 3G ke 4G di Grapari beberapa hari yang lalu. Itu juga yang menjadi salah satu penyebab sinyal 4G Telkomsel tidak muncul.

Penyebab Sinyal 4G Telkomsel Tidak Muncul


Hari ini saya akan berbagi beberapa penyebab jaringan 4G Telkomsel tidak muncul yang kemungkinan besar menjadi penyebab jaringan 4G Anda tidak muncul.

1. Kartu masih 3G dan belum upgrade ke kartu 4G Telkomsel


Selama ini saya menggunakan kartu 3G Telkomsel dan hanya mendukung jaringan 2G/3G/3,5G yang ditandai dengan simbol pada data seluler yang aktif, yaitu GPRS, EDGE, H, dan H+.

Dan di era kecepatan internet yang sudah mendukung 4G LTE, menggunakan kartu yang masih 3G dan belum 4G adalah sebuah ketinggalan besar. Dan itu juga yang mungkin menjadi sinyal dari Telkomsel untuk segera upgrade kartu ke 4G.

Bukan tanpa alasan, di daerah pelosok seperti di desa saya, jaringan 3G yang selama ini baik-baik saja, sudah seminggu ini sulit untuk digunakan internetan. Tapi di jaringan 4G Telkomsel, koneksi internet tetap stabil bahkan jauh lebih cepat.

Kalau kartu Telkomsel masih 3G maka sinyal 4G tidak akan muncul. Satu-satunya cara adalah dengan mengganti kartu menjadi 4G. Tapi kalau tidak mau nomor Anda berubah, maka Anda harus upgrade kartu lama Anda ke kartu 4G Telkomsel.

Selengkapnya bisa Anda temukan dalam 3 Cara upgrade kartu 3G ke 4G Telkomsel

2. Pengaturan jaringan di Hp belum 4G


Sudah upgrade kartu ke 4G tapi jaringan 4G juga masih belum muncul? Banyak yang lupa mengatur settingan 4G only atau 2G/3G/4G otomatis pada pengaturan smartphone androidnya.

Cara mengubah jaringan 3G menjadi 4G di hp android Samsung, Xiaomi, Vivo, Oppo dan berbagai vendor smartphone android lainnya dengan masuk ke menu pengaturan dan mengubah jaringan seluluer ke 4G otomatis.

Cara mengubah jaringan 3G ke 4G di hp Samsung

  1. Masuk ke Pengaturan
  2. Pilih Koneksi
  3. Pilih Jaringan Seluler
  4. Klik Mode Jaringan
  5. Terdapat 4 pilihan mode jaringan yang bisa Anda pilih, yaitu Hanya 2G, Hanya 3G, 2G/3G (Sambung otomatis), dan LTE/3G/2G (Sambung otomatis).
Sayanya tidak ada pilihan untuk mengunci jaringan 4G Samsung. Kita hanya bisa bergantung pada seberapa kuat jaringan 4G di lokasi kita agar bisa aktif. 


Banyak informasi di internet tentang kode mengaktifkan 4G di android agar jaringan 4G full, tapi tidak work di hp Samsung.

Dial ke *#*#4636#*#*

Namun tidak muncul Menu Set Preferred Network Type untuk mengaktifkan LTE Only atau LTE/CDMA/UMTS (Auto) untuk mengubah jaringan ke full 4G.

3. Hp tidak mendukung jaringan 4G LTE


Biasanya orang bilang hpnya masih jadul karena tidak mendukung 4G LTE. Kalau perangkat belum didukung 4G, maka sekalipun kartu sudah 4G dan tersedia jaringan 4G maka sinyal 4G Telkomsel tetap tidak akan muncul

Satu-satunya cara untuk menggunakan kuota 4G agar tidak terbuang percuma adalah dengan mengganti smartphone ke smartphone yang sudah mendukung jaringan 4G.

4. Lokasi Anda belum terjangkau jaringan 4G Telkomsel


Ini adalah masalah klasik yang jarang ditemukan. Karena hampir setiap pelosok wilayah sudah terjangkau jaringan Telkomsel. Namun memang sebagian belum dijangkau oleh jaringan 4G Telkomsel.

Itulah beberapa penyebab sinyal 4G Telkomsel tidak muncul. Setidaknya ada 4 hal itu yang menjadi penyebab besar kemungkinan sinyal 4G Anda tidak aktif.

Cara Mengatasi Sinyal 4G Telkomsel Tidak Muncul


Sinyal 4G Telkomsel tidak muncul sangat berbeda dengan data seluler Telkomsel tidak muncul. Biasanya data seluler tidak muncul disebabkan oleh hp yang error atau ada masalah jaringan Telkomsel hari ini.

Atau pun data seluler aktif dan ada kuota tapi tidak bisa internet Telkomsel, itu besar kemungkinan disebabkan oleh jaringan internet yang tidak stabil. Dan itulah yang saya alami beberapa hari belakangan sebelum upgrade kartu Telkomsel 3G ke 4G.

Bagaimana cara mengatasi sinyal 4G tidak muncul?

Simpel, lihat apa penyebabnya. Jika penyebabnya kartu Anda belum 4G, maka Anda harus upgrade di Grapari atau beli kartu perdana untuk upgrade ke 4G. Kalau penyebabnya lokasi Anda belum mendukung 4G, ya terpaksa Anda harus pindah ke lokasi yang sudah dijangkau 4G. Atau tunggu sampai 4G sampai ke wilayah Anda.

Kalau hp Anda tidak mendukung sinyal 4G, maka silahkan ke toko seluler untuk upgrade hp 3G ke 4G (Beli hp baru 😊). Tapi kalau hp sudah 4G LTE namun sinyal 4G Telkomsel belum muncl, bisa jadi settingan jaringan seluler Anda belum 4G dan masih 2G/3G.

Itulah cara mengatasi sinyal 4G tidak muncul berdasarkan penyebabnya. Telkomsel 4G memang memiliki koneksi internet tercepat yang anti lelet jika dibandingkan dengan jaringan 3G.

Sayangnya, paket Telkomsel 4G unlimited yang ketika baru pertama diperkenalkan saat ini sudah lenyap ditelan paket internet yang mahal. Mau beralih ke XL dan Indosat, tapi koneksinya di desa saya juga tidak bisa karena jaringannya belum stabil. Hal yang sama pada jaringan kartu 3G dan Axis yang sama sekali belum ada. Sementara Smartfren, ini bisa menjadi alternatif internet unlimited karena juga mendukung jaringan 4G.

Tapi untuk saat ini, saya masih pakai Telkomsel karena jaringannya lebih baik dan menjangkau hampir seluruh wilayah yang pernah dan akan saya jangkau kedepannya.

Sedikit informasi aja, setelah upgrade kartu 3G ke 4G, sinyal Telkomsel hilang timbul sudah tidak saya alami lagi. Hanya saja, kuota internet aja nih yang lebih boros setelah pakai 4G.

Lihat juga Tanpa kode rahasia, inilah cara mendapatkan paket internet Telkomsel murah kuota besar

Demikianlah artikel seputar penyebab sinyal 4G Telkomsel tidak muncul dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat!
  June 14, 2019
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close