Skip to main content

Sejarah Jaringan Komputer: Jenis-jenis dan Manfaat Jaringan Komputer

Sejarah Jaringan Komputer - Internet yang kita kenal saat ini tidaklah lahir dalam semalam. Namun melalui sejarah dan proses perkembangan yang panjang. Hal ini dimulai dari konsep-konsep sederhana menghubungkan komputer yang membentuk jaringan yang kemudian melahirkan komputer yang dapat terhubung ke seluruh dunia melalui jaringan internet.

Sejarah Jaringan Komputer: Jenis-jenis dan Manfaat Jaringan Komputer
Sejarah Jaringan Komputer: Jenis-jenis dan Manfaat Jaringan Komputer

Hari ini kita akan membahas pengertian, jenis-jenis, manfaat, tujuan, dan sejarah jaringan komputer lengkap. Selain itu juga, akan dijelaskan sedikit tentang materi perkembangan sejarah jaringan komputer di Indonesia.

Pengertian Jaringan Komputer


Apa itu jaringan komputer? Pengertian jaringan komputer adalah kumpulan komputer yang saling terhubung dan membentuk suatu sistem yang dapat bekerjasama (berkomunikasi dan berbagi file dan hardware) menggunakan protokol komunikasi.

Berbagi sumber daya yang dimaksud seperti Printer, CPU, dan hardware lainnya. Dalam membangun jaringan komputer, secara khusus jaringan LAN (Local Area Network), dibutuhkan komponen-komponen hardware komputer lainnya.

Jenis-jenis jaringan komputer dibedakan atas berbagai klasifikasi. Salah satunya yang paling utama dipelajari adalah klasifikasi berdasarkan cakupan area jaringan komputer, yaitu:
  1. LAN (Local Area Network)
  2. MAN (Metropolitan Area Network)
  3. WAN (Wide Area Network)
  4. WLAN (Wireless Local Area Network)
Selengkapnya dapat dilihat dalam artikel sebelumnya tentang Macam-macam jaringan komputer dan pengertiannya


Tujuan dari jaringan komputer adalah untuk mencapai tujuannya seperti meminta dan memberikan layanan. Karena itulah, secara garis bersar hubungan antara dua atau lebih komputer terdiri dari dua jenis komputer, yaitu client dan server. Client yang bertindak sebagai pihak yang meminta layanan sementara server adalah pihak yang memberikan layanan ke client.

Manfaat Jaringan Komputer


Manfaat jaringan komputer memang sangat terasa terlebih di era 21 ini. Tanpa jaringan internet dan komputer tidak saling terhubung, bisa dikatakan sebagian besar pekerjaan di seluruh dunia akan lumpuh.
  1. Mempermudah file sharing.
  2. Penyebaran Informasi lebih luas dan cepat.
  3. Biaya pengiriman informasi lebih murah.
  4. Jaringan LAN (Local Area Network) bermanfaat dalam melakukan komunikasi data yang lebih aman
  5. Dalam dunia bisnis, peran E-Commerce sangat diperlukan masyarakat masa kini. 
  6. Jaringan komputer menjadi penghubung jarak jauh dengan adanya chatting dan social media.

Sejarah Jaringan Komputer


Tahun 1940-an Penemuan Batch Processing


Tahun 1940-an, sebuah proyek untuk mengembangkan komputer MODEL I dilakukan di Bell Laboratorium. Riset ini bertujuan untuk memanfaatkan komputer agar dapat digunakan bersama-sama yang pada akhirnya melahirkan program yang bisa dijalankan dengan metode antrian.

Riset yang dilakukan oleh grup riset dari Universtas Harvard dengan proyek dipimpin oleh Prof. Howard Aiken ini berhasil menemukan Batch Processing.

Tahun 1950-an Penemuan Time Sharing System (TTS)


Tahun 1950-an untuk pertama kalinya, bentuk jaringan komputer diaplikasikan dan menjadi awal dari konsep jaringan komputer.

Saat itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu atau dikenal dengan istilah Time Sharing System atau TTS.

TTS merupakan sistem yang membuat komputer dapat bertindak sebagai host maupun server.

Tahun 1969 Proyek ARPANET Oleh DARPA


Tahun 1969 adalah sejarah penting perkembangan internet. Pada masa itu, Amerika dan Soviet terlibat perang dingin yang pada akhirnya memaksa Amerika Serikat untuk mengadakan riset untuk mengantisipasi serangan Soviet.

Pada tahun 1969, Departemen Pertahanan Amerika Serikat, DARPA (U.S Defense Advanced Research Projects Agency) mengadakan riset untuk menghubungkan beberapa komputer agar membentuk sebuah jaringan.

Proyek DARPA ini dikenal dengan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) yang juga menjadi awal dari lahirnya jaringan komputer global internet di kemudian hari.

Tahun 1970, jaringan komputer sudah terbentuk melalui hubungan lebih dari 10 komputer yang bisa saling berkomunikasi.

Seiring berjalannya waktu dan pekerjaan yang semakin banyak dan harga komputer yang sangat mahal kala itu, diciptakanlah konsep proses distribusi atau Distributed Processing pada tahun 1970.

Distributed Processing memungkinkan beberapa host komputer dapat mengerjakan sebuah tugas untuk melayani terminal-terminal yang tersambung di masing-masing host.

Tahun 1972, Roy Tomlinson menyempurnakan temuannya berupa program Email atau surat elektronik untuk bertukar informasi melalui jaringan komputer yang sebelumnya telah dibuat untuk ARPANET. Pada tahun ini juga, resmi diperkenalkan simbol "at" (@).

Namun pada masa itu, ARPANET masih bersikap tertutup sehingga setiap komputer yang ingin terhubung harus mendaftar ke ARPANET.

Barulah pada tahun 1973, jaringan komputer ARPANET berkembang ke luar Amerika yang akhirnya diberi nama internet. Jaringan ARPANET pertama kali yang ke luar Amerika Serikat ke University College di London.

Pada tahun itu, Vinton Cerf dan Bob Kahn adalah ahli komputer yang pertama kali memunculkan gagasan untuk menciptakan International Network (Internet) dalam pertemuan di University Sussex.

Tiga tahun berselang, hari bersejarah yang selalu diingat ketika pada 26 Maret 1976, Ratu Inggris mengirim surat elektronik dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern.

Tahun berikutnya, 100 komputer telah tergabung dalam jaringan ARPANET dan terus berkembang.

Tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol (TCP)


Pada tahun 1982, ditemukan protokol jaringan TCP yang dikenal dengan IP yang adalah standarisasi jaringan komputer. Dengan munculnya TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol), komputer dapat terhubung ke dunia luar dalam lingkup jaringan global.

Pada tahun 1984 muncul DNS (Domain Name System) yang adalah kumpulan dari alamat-alamat web yang berbeda. Alamat-alamat tersebut dapat dikunjungi oleh komputer yang sudah terhubung ke jaringan internet.

Pada tahun 1988, Jarkko Oikaren dari Finlandia membuat seuah program newsgroup yang populer bernama IRC (Internet Relay Chat) yang menjadi awal lahirnya chatting.

Tahun 1990-an, ARPANET resmi ditutup. Dari jaringan yang semula hanya menghubungkan komputer di Standford Research Institue, University of California Los Angeles, University of California Santa Barbara, dan University of Utah berkembang pesat menjadi jaringan yang menghubungkan 300.000 komputer.

Tahun 1990-an lahirnya WWW (World Wide Web)


Pada tahun 1991, penemuan bersejerah dalam perkembangan internet terjadi. Tim Berners Lee berhasil membuat World Wide Web (WWW).

World Wide Web adalah sebuah ruang informasi yang yang berisi semua halaman web yang dapat diakses melalui jaringan internet.

Tim Berners Lee dianggap sebagai orang yang paling berjasa dalam perkembangan jaringan internet karena berhasil menemukan teknologi dasar sebuah website di internet, yaitu HTML, URL dan HTTP.

Tahun 1992, komputer yang terhubung sudah lebih dari sejuta unit.

Pada tahun 1994, layanan Yahoo untuk chatting menjadi populer dan Netscape Navigator yang berfungsi sebagai peramban untuk browsing.

Sampai saat ini, perkembangan dunia internet terus melaju ke arah masa depan dengan koneksi internet yang lebih cepat. Dan tentu saja, fokus utama internet saat ini adalah dunia bisnis di bidang E-Commerce dan periklanan.

Sejarah Jaringan Komputer di Indonesia


Nama-nama seperti RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, dan lain-lain adalah orang-orang yang berperan dalam perkembangan internet Indonesia dari tahun 1992 sampai 1994.

Jaringan IntraNet di lingkungan kampus yang membentuk LAN di sejumlah kampus dan lembaga pemerintahan menjadi awal dari perkembangan internet di Indonesia.

Puncaknya pada tahun 1994 saat IndoNet yang dipimpin oleh Sanjaya mulai beroperasi. IndoNet merupakan ISP (Internet Service Provider) komersial pertama di Indonesia.

Untuk sejarah perkembangan jaringan komputer di Indonesia masih belum lengkap karena belum ada referensi yang benar-benar terpercaya. Karena itu, tunggu update aja!

Lihat juga 8 Jenis Topologi Jaringan Lengkap dengan Gambar dan Pengertiannya

Demikianlah sedikit materi jaringan komputer tentang sejarah jaringan komputer dunia dan Indonesia, jenis-jenis, tujuan dan manfaat jaringan komputer. Semoga bermanfaat!

  June 16, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close