Skip to main content

Penyebab Sakit Gigi Berlubang Kambuh Lagi dan Obatnya

Penyebab sakit gigi berlubang kambuh dan cara mengobatinya sampai tuntas - Gigi nyut-nyutan bisa sangat mengganggu dan biki jengkel. Dan bagi yang sudah pernah mengalami sakit gigi pasti tahu rasanya. Ternyata penyebab gigi berlubang kambuh bisa disebabkan oleh cara penanganan yang tidak sampai tuntas ke akar permasalahan.

Penyebab Sakit Gigi Berlubang Kambuh Lagi dan Obatnya
Penyebab Sakit Gigi Berlubang Kambuh Lagi dan Obatnya

Menggunakan obat sakit gigi paling ampuh sekalipun ternyata tidak cukup untuk menyembuhkan sakit gigi secara total. Lama-kelamaan, sakit gigi berlubang akan kambuh lagi.

Mengapa sakit gigi terus-menerus kambuh dan tidak bisa sembuh total?

Obat sakit gigi umumnya hanya meredahkan rasa ngilu di gigi berlubang tanpa mengatasinya sampai ke akar. Ketika obat peredah sakit gigi tersebut hilang maka kemungkinan besar kamu akan mengalami sakit gigi lagi jiga melakukan kesalahan yang membangkitkan sakit gigi berlubang.

Penyebab sakit gigi berlubang kambuh


Penyebab sakit gigi berlubang kambuh bisa karena mengomsumsi makanan dan minuman dingin. Hal ini disebabkan karena perawatan gigi berlubang yang tidak maksimal. Salah satunya jika gigi masih memiliki celah lubang sehingga resiko sakit gigi kambuh tentu masih sangat besar.

Proses pembentukan gigi berlubang sebenarnya sering disepelehkan. Namun akibatnya bisa memicu sakit gigi yang berkepanjangan.

Sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi selain bisa mengubah warna gigi menjadi kuning juga akan bisa memunculkan plak gigi.

Sisa makanan di sela-sela gigi akan diproses oleh bakteri di mulut yang kemudian menjadi asam yang penyebab timbulnya plak.

Plak jika terus diabaikan akan berubah menjadi karang gigi. Sementara itu, plak juga mengandung bakteri yang terus-menerus mengikis email gigi yang pada akhirnya membuat gigi berlubang.

Jika gigi berlubang terus-menerus dibiarkan akan berakibat gigi berlubang bertambah besar yang bisa menjadi sarang bakteri.

Sakit gigi yang kambuh bisa dirasakan sampai ke kepala dan mata yang bisa membuat rasa perih dan ngilu yang tak tertahankan.

Selain gigi berlubang, penyebab sakit gigi kambuh bisa juga karena gusi bengkak. Gusi bengkak biasanya disebabkan oleh benturan atau pun penyakit gusi.

Mengatasi sakit gigi yang kambuh dan mengobatinya sampai tuntas


Gigi yang sakit dan nyut-nyutan pasti sangat menyiksa. Karena itu, perawatan pertama pada gigi yang sakit adalah dengan meredahkan sakit gigi berlubang.

Ada 2 cara meredahkan sakit gigi berlubang. 

  1. Meredahkan sakit gigi dengan kompres es yang dibungkus kain.
  2. Meredahkan sakit gigi dengan berkumur air hangat yang dicampur garam. Namun jangan terlalu sering melakukan cara menredahkan sakit gigi dengan air garam karena bisa merusak email gigi.

Cara mengobati sakit gigi kambuh sampai tuntas


Menggunakan obat sakit gigi untuk mengatasi sakit gigi berlubang ternyata kurang efektif. Selain akan kambuh kembali, juga bisa berakibat pada pembiaran yang terus menerus.

Untuk mengatasi sakit gigi sampai tuntas, maka ada 2 cara yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Menambal gigi berlubang dapat mencegah sakit gigi berlubang kambuh


Tambal gigi menjadi salah satu solusi yang biasanya ditempuh untuk mengobati gigi berlubang agar tidak kambuh kembali.

Untuk melakukan penambalan gigi sebaiknya ke praktek dokter gigi langsung agar dilakukan perawatan gigi berlubang sebelum ditambal.

2. Mencabut gigi berlubang yang adalah akar penyebab sakit gigi


Jika tambal gigi berlubang sudah tidak dapat dilakukan karena kerusakan gigi berlubang yang sudah parah, maka tidak ada cara lain selain mencabut gigi berlubang penyebab sakit gigi.

Perawatan gigi berlubang memang sebaiknya ke dokter untuk mendapatkan perawatan terbaik. Selain aman, proses penyembuhan sakit gigi juga lebih cepat dan bisa mencegah agar tidak kambuh lagi.

Selengkapnya di Akibat Berbahaya Jika Gigi Berlubang Tidak Dicabut

Penyebab gigi berlubang dan cara mencegahnya


Gigi berlubang umumnya disebabkan oleh faktor sering mengomsumsi makanan manis dan jarang menggosok gigi. Gigi berlubang akan cepat sensitif dan menyebabkan rasa sakit.

Karena itu, cara terbaik yang harus ditempuh adalah mengetahui penyebab gigi berlubang dan cara mencegahnya

1. Jarang menggosok gigi


Penyebab gigi berlubang adalah membiarkan sisa-sisa makanan menempel di gigi dan menjadi plak tempat bersarangnya bakteri yang dapat membuat gigi keropos.

Karena itu, diperlukan perawatan gigi agar tetap putih dengan rajin menggosok gigi menggunakan pasta gigi yang direkomendasikan. Pasta gigi fluoride merupakan pasta gigi yang cocok untuk gigi berlubang.

Sikat gigi juga sebaiknya dilakukan di pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur.

2. Melakukan perawatan memutihkan gigi yang salah


Ada banyak cara memutihkan gigi dan menghilangkan karang gigi secara alami dan cepat di internet. Namun pengaplikasiannya terhadap gigi bisa menjadikan gigi sensitif.

BSeperti memutihkan gigi dengan baking soda yang beresiko mengikis email gigi yang akhirnya lebih mudah membuat gigi berlubang.

Rusaknya email gigi memiliki gejala umum seperti ngilu ketika mengomsumsi makanan dan minuman dingin.

Karena itu, jangan lakukan perawatan memutihkan gigi yang alami tanpa baca review-review terlebih dahulu dan melakukan konsultasi ke dokter gigi.

3. Tidak menggunakan Mouthwash yang membuat bakteri masih bersarang di mulut dan gigi berlubang


Mouthwash atau obat kumur anti bakteri mengandung antiseptik yang bisa membunuh bakteri di mulut yang menyebabkan plak. Menggosok gigi saja dengan pasta gigi tidak bisa membunuh sampai tuntas bakteri-bakteri penyebab gigi berlubang.

4. Sikat gigi yang tidak sampai bersih


Banyak yang hanya menyikat gigi secara asal-asalan dan salah. Seharusnya, sikat gigi dilakukan dengan cara bulat dari atas ke bawah secara vertikal.

Cara ini lebih efektif untuk membersihkan sela-sela gigi dari sisa-sisa makanan penyebab plak. Untuk melengkapi perawatan gigi putih alami, maka penggunaan dental floss (benang gigi) juga sangat direkomendasikan.

5. Mengomsumsi makanan pantangan sakit gigi


Penyebab sakit gigi kambuh lagi biasanya disebabkan oleh mengomsumsi makanan pantangan sakit gigi.

Ada beberapa makanan yang tidak boleh dikomsumsi oleh orang yang memiliki gigi berlubang sensitif. Selain bisa memicu sakit gigi juga bisa memperparah lubang besar pada gigi berlubang.

Seperti misalnya makanan yang mengandung gula tinggi. Karena itu, kurangi komsumsi makanan dengan kadar gula tinggi untuk menjaga kesehatan gigi.

Lihat juga 9 Cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras secara alami

Itulah penyebab sakit gigi berlubang kambu lagi dan obatnya lengkap dengan tips mencegah gigi berlubang untuk menghindari sakit gigi. Semoga bermanfaat.

By kontributor in Soksimon.com
  June 13, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close