Skip to main content

10 Penyebab Gigi Berlubang: Dari Plak Sampai Kebiasaan Buruk

10 Penyebab Gigi Berlubang: Mulai dair Plak Sampai Faktor Usia - Ada banyak masalah gigi yang kerap menghantui manusia. Di antaranya adalah gigi berlubang. Gigi berlubang merupakan suatu kondisi dimana gigi sudah tidak lagi utuh sebagaimana idealnya. Sehingga, hal ini membuat kualitas dan ketahanan gigi tidak sempurna. Ada banyak faktor penyebab gigi berlubang yang penting untuk diperhatikan.

10 Penyebab Gigi Berlubang Mulai dari Plak Sampai Faktor Usia
10 Penyebab Gigi Berlubang Mulai dari Plak Sampai Faktor Usia

Ada banyak tanda-tanda gigi berlubang yang wajib dipahami. Di antaranya adalah kondisi gigi yang cenderung sensitif. Selain itu, gigi juga terasa sakit karena mengalami nyeri ringan. Khususnya jika dipakai untuk mengkonsumsi aneka makanan yang terlalu manis, dingin atau panas. Ciri yang lainnya adalah bagian permukaan gigi yang merah, putih atau hitam.

Beberapa Penyebab Gigi Berlubang yang Sering Dialami Manusia


Munculnya gigi berlubang bukanlah tanpa sebab. Ada banyak faktor yang menyebabkan gigi seseorang menjadi berlubang. Mulai dari faktor makanan, minuman hingga kebiasaan sehari-hari. Maka dari itu, memahami berbagai sebab gigi berlubang ini sangat penting. Berikut adalah beberapa sebab gigi berlubang yang wajib dipahami.

1. Kondisi Mulut yang Kering Dapat Mengakibatkan Gigi Berlubang


Penyebab pertama gigi berlubang yang sering terjadi adalah karena keadaan mulut seseorang yang cenderung kering. Orang yang kandungan air liurnya relatif rendah memiliki risiko kerusakan gigi yang lebih besar. Hal ini disebabkan karena air liur menjadi zat yang sangat penting sehingga bagian permukaan gigi senantiasa bersih. Selain itu, asam di mulut juga akan ternetralisir.

Dalam dunia kedokteran, ada beberapa jenis obat yang menyebabkan produksi air mulut menjadi berkurang. Di antaranya adalah obat radioterapi, antipsikotik, antihistamin dan lain sebagainya. Oleh karenanya, jika Anda menjalani pengobatan tertentu yang memicu timbulnya mulut kering, sebaiknya jagalah kebersihan mulut dengan maksimal. Tujuannya agar mulut mendapat hidrasi dengan baik.

2. Adanya Plak di Gigi yang Dibiarkan Akan Membuat Gigi Koropos dan Berlubang


Mulut manusia mengandung beragam bakteri yang tumbuh lewat minuman dan makanan seperti gula. Jika kandungan tersebut tidak dibersihkan dari gigi, maka bakteri akan menyerangnya dan kemudian memproduksi asam. Lambat laun, ini akan membentuk suatu plak bakteri. Plak memiliki tekstur yang cenderung kasar. Dan plak yang mengalami penumpukan pada gigi akan membentuk suatu karang gigi.

Lama kelamaan, zat asam yang terdapat di dalam plak akan mengikis enamel atau mineral gigi. Sehingga, lubang gigi akan terbentuk. Alhasil, kerusakan pada gigi tersebut akan senantiasa berkembang. Dan apabila dibiarkan, ini akan menyebabkan sakit gigi yang sangat parah.

3. Terbiasa Ngemil Makanan Kecil adalah Salah Satu Penyebab Gigi Berlubang


Selain disebabkan oleh adanya plak pada gigi, gigi berlubang juga disebabkan karena kebiasaan ngemil. Penting untuk diketahui bahwa aneka makanan kecil atau camilan yang umum dikonsumsi ternyata memiliki kandungan zat asam. Dan zat asam tersebut dapat menyebabkan terjadinya kerusakaan gigi. Salah satunya adalah gigi berlubang.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak kalangan ahli yang memberi saran agar seseorang yang hobi ngemil rajin menggosok gigi. Selain itu, usahakan untuk mengurangi ngemil agar kebersihan dan kesegaran mulut menjadi lebih terjaga.

4. Penyebab Gigi Berlubang Karena Bakteri Jahat


Selain beberapa sebab yang telah disebutkan di atas, ada sebab gigi berlubang yang lain seperti karena pengaruh bakteri jahat. Bakteri yang memicu gigi berlubang sangat sulit untuk dihilangkan. Adapun jenis bakteri yang menyebabkan gigi berlubang sangat beragam. Di antaranya adalah bakteri Lactobacillus Acidophilus yang biasa hidup pada permukaan gigi. Bakteri ini menjadi sebab rusaknya gigi.

Selain itu, ada juga bakteri lain yang umum menyerang permukaan halus pada sisi gigi. Umumnya, bakteri ini menyentuh bagian gigi yang berdekatan. Adapun lubang gigi dari bakteri ini tidak dapat dilihat dengan visual. Tidak hanya itu, ada juga bakteri Odontomyces Viscoses yang umumnya hidup di bagian belakang lidah.

5. Pola Makan yang Kurang Sehat Menjadi Penyebab Gigi Berlubang


Penyebab gigi berlubang yang selanjutnya adalah karena pola makan. Penting untuk diketahui bahwa ada beebrapa jenis makanan atau minuman yang memicu risiko kerusakan gigi. Khususnya jenis makanan yang mengandung karbohidrat. Di antara jenis makanan yang kerap memicu kerusakan gigi adalah permen, minuman bersoda, gula, cokelat dan sebagainya.

Selain itu, juga aneka makanan yang terbuat dari tepung seperti biskuit, roti, keripik dan masih banyak lagi yang lainnya. Tidak hanya itu, ada juga beragam obat-obatan yang memiliki kandungan gula. Oleh karena itu, sebaiknya hindari aneka makanan yang mengandung gula agar terhindar dari gigi berlubang.

6. Kebersihan Mulut yang Tidak Terjaga


Selain beberapa sebab di atas, gigi berlubang juga disebabkan karena kebersihan mulut yang tidak terjaga. Misalnya dengan tidak menggosok gigi secara teratur, maka risiko kerusakan gigi yang ia alami akan semakin besar. Oleh karena itu, cara terbaik untuk atasi hal ini adalah dengan menyikat gigi setidaknya dua kali dalam sehari.

Manfaat menyikat gigi tidak hanya mencegah gigi berlubang, namun juga membantu menyegarkan dan membersihkan mulut dan gigi.

7. Kebiasaan Merokok Menjadikan Gigi Kuning dan Tidak Sehat


Sebab berikutnya adalah karena kebiasaan merokok. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang tergolong perokok aktif memiliki risiko terserang gangguan gigi berlubang yang lebih tinggi. Faktor utama dari hal ini adalah karena kandungan yang terdapat pada tembakau. Dimana kandungan tersebut bisa menganggu produksi air liur yang notabene sangat penting dalam menjaga kebersihan gigi.

8. Kecanduan Konsumsi Alkohol Dapat Merusak Gigi


Selain beberapa faktor yang disebutkan di atas, gigi berlubang ada kalanya juga disebabkan karena seseorang terbiasa mengkonsumsi alkohol. Sehingga, orang yang kecanduan alkohol memiliki risiko rusak gigi yang lebih besar. Khususnya untuk gigi berlubang. Penyebabnya adalah karena kandungan alkohol sendiri yang menyebabkan rusaknya enamel pada gigi.

9. Gusi yang Surut


Ada kalanya seseorang dengan usia tertentu mengalami fenomena gusi surut. Gusi surut ini ternyata bisa menyebabkan adanya pembentukan pada sekitar akar gigi. Akan tetapi, ia tidak dilindungi oleh enamel gigi. Seseorang dengan kondisi semacam ini memiliki risiko kerusakan gigi yang tinggi.

10. Cara Menyikat Gigi yang Salah


Penyebab gigi berlubang yang lain adalah karena proses menyikat gigi yang tidak benar. Sikat gigi yang salah dapat menyebabkan kerusakan email gigi. Oleh karena itu, sebaiknya sikat gigi dari kanan ke kiri atau sebaliknya dengan memakai sikat yang lembut. Dan yang tidak kalah penting adalah ganti sikat gigi baru setidaknya tiga bulan sekali.

Gigi berlubang dapat berdampak bahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu, upaya pencegahan sangat penting diperhatikan sejak dini.

Bagi kamu yang memiliki gigi berlubang, kamu bisa melihat artikel lainnya tentang tips gigi dalam perawatan gigi berlubang dan cara mengatasinya.

Lihat juga Perawatan Gigi Berlunag: Cabut atau tambal gigi berlubang? Mana yang lebih efektif?

Demikianlah artikel tentang 10 penyebab gigi berlubang dari plak sampai faktor usia. Semoga bermanfaat!

By kontributor in Soksimon.com
  June 14, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close