Skip to main content

14 Pengertian SIG Menurut Para Ahli dan Secara Umum

Pengertian SIG Menurut Para Ahli dan Secara Umum - Apa itu SIG? SIG adalah singkatan dari Sistem Informasi Geografis dan salah satu mata kuliah yang membahas tentang peta. Ya, itu adalah pengertian SIG secara umum yang memberikan gambaran tentang SIG.

14 Pengertian SIG Menurut Para Ahli dan Secara Umum
14 Pengertian SIG Menurut Para Ahli dan Secara Umum

Dan hari ini kita akan membahas lebih lengkap tentang pengertian SIG menurut para ahli. Ada banyak sekali pendapat tentang SIG menurut ahli tapi hampir semuanya memiliki makna yang sama. Sebelumnya, kamu juga dapat melihat komponen-komponen sistem informasi geografis pada artikel sebelumnya.

Pengertian Sistem Informasi Geografis (SIG) Menurut Para Ahli


1. Menurut Aronaff (1989)


Pengertian SIG menurut Aronaff adalah sistem informasi yang didasarkan pada kerja komputer yang memasukkan, mengelola, memanipulasi, menganalisa data dan memberi uraian.

2. Menurut ESRI, 1990 Purnomo, Heri Tentang Teori Kompleks


Pengertian SIG menurut ESRI adalah sistem komputer yang menangani serta memakai data yang menggambarkan tempat-tempat di permukaan bumi.

3. Menurut Calkin dan Tomlison (1984)


Pengertian SIG menurut Calkin dan Tomlison adalah sistem komputerisasi data yang penting.

4. Menurut Petrus Paryono


Menurut Petrus Paryono, pengertian SIG adalah sistem yang berbasis komputer yang dapat digunakan untuk menyimpan, memanipulasi, dan menganalisis baik data maupun informasi geografis.

5. Menurut Burrough (1986)


Pengertian SIG menurut Burrough adalah alat yang bermanfaat untuk pengumpulan, penimbunan, pengambilan kembali data, serta penayangan data keruangan yang berasal dari kenyataan dunia.

6. Menurut Prahasta


Pengertian SIG menurut Prahasta adalah sejenis software yang memiliki fungsi pemasukan, penyimpanan, memanipulasi, menampilkan informasi keluaran geografis beserta atribut-atributnya.

7. Menurut Murai (1999)


Pengertian SIG menurut Murai adalah sistem informasi yang digunakan untuk memasukkan, menyimpan, memanggil kembali, mengelola, menganalisis dan menghasilkan data yang bereferensi geografis atau data geospasial untuk mendukung pengambilan keputusan dalam perencanaan dan penggunaan lahan, sumber daya alam, lingkungan, transportasi, fasilitas kota, dan pelayanan umum lainnya.

8. Menurut Alter


Menurut Alter, pengertian SIG adala sebuah sistem informasi yang mendukung pengorganisasian data sehingga dapat diakses dengan menunjuk daerah pada sebuah peta.

9. SIG Menurut Linden (1987)


Linden mengemukakan pendapatnya tentang pengertian SIG sebagai sistem untuk pengolahan, penyimpanan, pemrosesan atau manipulasi, analisis dan penayangan data secara spasial dengan muka bumi.

10. Definisi SIG Menuruf Berry (1988)


Pengertian SIG menurut Berry adalah sistem informasi, referensi internal, serta otomatisasi data keruangan.

11. SIG Menurut Gistut (1994)


Pengertian SIG menurut Gistut adalah sistem yang mendukung pengambilan keputusan spasial dan memiliki kemampuan untuk mengintegrasikan deskripsi-deskripsi lokasi dengan karakteristik-karakteristik fenomena yang ditemukan lokasi.

SIG yang lengkap mencakup metodologi dan teknologi yang diperlukan, yaitu data spasial, perangkat lunak dan struktur organisasi.

12. Menurut Kang-Tsung Chang (2002) 


SIG sebagai a computer system for capturing, storing, querying, analyzing, and displaying geographic data.

13. Menurut Bernhardsen (2002)


Pengertian SIG menurut Bernhardsen adalah sistem komputer yang berguna untuk memanipulasi data geografi. Sistem ini diimplementasikan dengan hardware dan software yang berfungsi dalam akusisi dan verifikasi data, kompilasi, penyimpanan dan perubahan serta pembaharuan data.

13. Menurut Iwan Setiawan (2011)


Pengertian SIG menurut Iwan Setiawan adalah suatu sistem yang beriorintasi kepada letak geografis di atas permukaan bumi berbasis komputer yang memiliki kemampuan mengelola, memanipulasi, dan menampilkan data-data spasial maupun data atribut.

14. SIG menurut Nico Nathanael (2019)


Pengertian Sistem Informasi Geografis menurut Nico Nathanael adalah sebuah sistem informasi yang mempunyai data spasial yang diambil berdasarkan letak geografis suatu wilayah untuk proses analisis, penyimpanan, dan visualisasi.

Dari definisi-definisi SIG menurut para ahli di atas, berdasarkan manfaat, komponen, dan tahapan kerja SIG, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa SIG adalah sebuah sebuah sistem informasi geografis yang komponen-komponennya meliputi hardware, software, data SIG, dan manajemen data melalui tahapan-tahapan kerja sehingga memiliki manfaat dan dapat menjadi sumber informasi geografis suatu wilayah.

Lihat juga Cara Inset Peta di ArcGIS

Demikianlah beberapa pengertian SIG menurut para ahli dan secara umum. Semoga bermanfaat!
  June 23, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close