Skip to main content

Pengertian Jaringan Komputer dan Manfaatnya

Pengertian Jaringan Komputer dan Manfaatnya - Jaringan komputer adalah salah satu mata pelajaran yang didapatkan dalam kuliah Teknik Informatika (JARKOM). Materi jaringan komputer meliputi banyak hal, mulai dari teori seputar jaringan komputer sampai pada cara membangun jaringan komputer.

Pengertian Jaringan Komputer dan Manfaatnya
Pengertian Jaringan Komputer dan Manfaatnya

Hari ini kita akan membahas tentang beberapa materi jaringan komputer mulai dari pengertian jaringan komputer, fungsi, tujuan, kelebihan dan kekurangan serta tidak lupa manfaat jaringan komputer secara umum.

Pengertian Jaringan Komputer 


Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang menghubungkan dua atau lebih komputer menggunakan media transmisi dengan aturan protokol komunikasi tertentu sehingga memungkinkan terjadinya kerjasama berbagi file dan komunikasi.

Dalam jaringan komputer, komunikasi bukan hanya terjadi antara komputer tapi juga komputer dengan perangkat lainnya seperti Printer, Monitor dan lain-lain.

Sesuai dengan pengertiannya, jaringan komputer adalah sebuah sistem. Kata sistem menunjukkan sebuah rangkaian yang tersusun secara rapi yang terdiri dari berbagai perangkat. Jaringan komputer membentuk suatu jaringan yang bersatu menjalankan suatu fungsi sesuai dengan tujuannya.

Keuntungan dari jaringan komputer sangat banyak. Salah satunya dapat menghemat perangkat komputer dari segi kuantitas. Contohnya adalah suatu jaringan komputer LAN (Local Area Network), di mana di dalam jaringan LAN suatu gedung terdapat 4 sampai 5 komputer dan hanya terdapat satu Printer. Namun Printer tersebut dapat digunakan oleh semua komputer.

Sejarah Jaringan Komputer Singkat


Perkembangan jaringan komputer dimulai pada tahun 1940-an ketika komputer MODEL I dikembangkan. Riset jaringan komputer ini dilakukan di Bell Laboratorium dipimpin oleh Prof. Howard Aiken dan timnya dari grup riset Universitas Harvard berhasil menemukan Batch Processing.

Selanjutnya, pada tahun 1950-an, penemuan Time Sharing System (TTS) membuat konsep jaringan komputer semakin nyata. Puncaknya terjadi pada tahun 1969 ketika DARPA berhasil menghubungkan beberapa komputer melalui proyek ARPANET.

Perkembangan jaringan komputer saat ini lebih mengarah ke arah kecepatan komunikasi data dan tujuan bisnis. Selengkapnya lihat di sejarah jaringan komputer

Manfaat Jaringan Komputer dan Kerugiannya


Jaringan komputer memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Secara umum, manfaat jaringan komputer bisa dikatakan adalah menghadirkan berbagai macam kemudahan, seperti berkomunikasi jarak jauh dan berbagi file dengan mudah.

Keuntungan dan manfaat penggunaan jaringan komputer telah dirasakan dalam berbagai bidang kehidupan dan pekerjaan. Bukan hanya bidang komputer itu sendiri tapi juga mulai dari bidang pendidikan, kesehatan, wisata, ekonomi dan budaya, merasakan betapa pemanfaatan jaringan komputer telah membawa perubahan ke arah yang lebih baik.

Meskipun fungsi jaringan komputer bisa dikatakan sentral bagi kehidupan generasi milenial hari ini, tapi ada juga dampak negatif dari jaringan komputer. Mulai dari keamanan data dan informasi rahasia yang rentan, informasi yang tidak benar, penyebaran worm, sampai ke pengaruh sosial media dalam kehidupan manusia.

Selengkapnya bisa ditemukan di 12 manfaat jaringan komputer dan kerugiannya

Jenis-jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Area Jangkauannya


Selanjutnya kita akan membahas seputar jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan area jangkauannya. Secara umum, kita mengenal 3 jenis jaringan komputer, yaitu LAN, MAN, dan WAN.

LAN (Local Area Network)


LAN adalah jaringan komputer dalam lingkup yang lebih kecil dan menghubungkan sejumlah kecil komputer dalam satu jaringan. Luas jangkauan dari LAN tidak lebih dari 1 km2.

Pada materi jaringan komputer, LAN adalah konsep yang banyak diterapkan dalam instalasi jaringan komputer di sekolah, gedung perkantoran, warnet, dan lain-lain.

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat salah satu cara membuat jaringan LAN menggunakan topologi jaringan Star dan gambarnya.

MAN (Metropolitan Area Network)


Metropolitan Area Network atau biasa disebut MAN bisa dikatakan kumpulan dari beberapa jaringan LAN. Umumnya, MAN mengubungkan beberapa komputer dalam lingkup wilayah yang jaraknya antara 10 km sampai 50 km. MAN biasanya dimiliki oleh suatu instansi atau perusahaan yang masih terletak di dalam satu kota. 

WAN (Wide Area Network)


Jaringan WAN adalah jaringan komputer yang mencakup seluruh dunia. Karena cakupan yang luas, tentu biaya yang dibutuhkan juga tidak sedikit. Ada banyak peralatan yang dibutuhkan dan tentu biayanya tidak murah.

Karena itulah, keterlibatan perusahaan telekomunikasi dalam suatu negara sangat diperlukan. Contohnya saja, di Indonesia ada Telkomsel sebagai operator seluler yang menjangkau sebagian besar pelosok negeri dan juga berfungsi sebagai internet service provider.

Jenis-jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Fungsinya


Yang selanjutnya adalah jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan fungsinya.

Client Server


Dalam jaringan internet yang menghubungkan beberapa komputer, konsep jaringan client and server ini banyak ditemukan. Komputer server berfungsi sebagai pusat informasi atau penghubung komunikasi dan transfer file antara komputer client.

Sedangkan komputer client adalah host-host yang terhubung ke jaringan komputer yang untuk dapat berkomunikasi harus melakukan request ke komputer server.

Peer to Peer


Berbeda halnya pada konsep client server yang memiliki informasi terpusat, konsep peer to peer adalah komunikasi secara langsung antara node-node dalam jaringan komputer. Di sini, setiap komputer dapat bertindak sebagai server dan client tergantung kebutuhannya.

Selengkapnya dapat dilihat di Jenis-jenis jaringan komputer dan fungsinya

Jenis-jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Media Transmisinya


Berdasarkan media transmisi atau penghubung antar komputer dalam jaringan, terdapat 2 jenis jaringan komputer, yaitu:

Jaringan Komputer Berkabel


Jaringan komputer berkabel adalah jaringan komputer yang media penghubungnya menggunakan kabel. Umumnya, kita akan banyak menemukan jaringan komputer berkabel saat instalasi jaringan LAN di dalam suatu gedung perkantoran atau sekolah.

Jaringan Komputer Nirkabel


Jaringan komputer nirkabel atau juga dikenal sebagai jaringan komputer tanpa kabel menggunakan teknologi wireless. Keuntungan penggunaan wireless adalah lebih hemat ruang (space) dan perangkat jaringan fisik.

Jenis-jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Topologi Jaringan yang Digunakan


Topologi jaringan adalah skema menghubungkan komputer dalam jaringan. Setidaknya ada 8 jenis topologi jaringan yang dapat dipilih saat instalasi jaringan komputer. Namun memilih topologi jaringan yang baik tentu harus berdasarkan kebutuhan akan jaringan, jumlah komputer yang akan dihubungkan, tujuan dan biaya serta pengembangan jaringan di masa yang akan datang.

Topologi-topologi jaringan komputer tersebut adalah:
  1. Topologi jaringan Bus
  2. Topologi jaringan Star
  3. Topologi jaringan Ring
  4. Topologi jaringan Mesh
  5. Topologi jaringan Tree
  6. Topologi jaringan Linier
  7. Topologi jaringan Peer to Peer
  8. Topologi jaringan Hybrid
Semua jenis-jenis topologi jaringan tersebut sudah dijelaskan satu per satu dalam blog Soksimon.com ini pada label Jaringan Komputer. Di dalam setiap artikel tersebut, terdapat gambar skema, ciri-ciri, kelebihan dan kekurangan topologi jaringan yang dibahas.

Perlu diketahui, topologi jaringan adalah hal dasar yang harus dipahami sebelum instalasi jaringan komputer. Fungsi topologi jaringan komputer adalah untuk memilih desain jaringan komputer terbaik dari segi kebutuhan, biaya dan tujuan pengembangannya.

Jenis-jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Sumber Informasi


Berdasarkan sumber informasi dan datanya, jenis-jenis komputer dibedakan atas 2, yaitu:

Jaringan Terpusat


Jenis jaringan komputer terpusat menggunakan konsep client server. Pada jarignan terpusat terdiri dari komputer klien dan peladen. Komputer peladen di sini adalah komputer server yang adalah komputer induk yang berisi informasi yang dapat diakses dari terminal.

Jaringan Terdistribusi


Jaringan komputer terdistribusi terdiri dari beberapa komputer induk di mana setiap komputer yang terhubung ke dalam jaringan komputer sistem terdistribusi juga bisa berperan sebagai server.

Itulah sedikit materi jaringan komputer yang meliputi pengertian jaringan komputer dan manfaatnya. Semoga bermanfaat!

  June 21, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close