Skip to main content

12 Manfaat Jaringan Komputer Secara Umum di Berbagai Bidang

Manfaat Jaringan Komputer - Setelah kemarin kita membahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan fungsi jaringan komputer, hari ini kita akan membahas tentang manfaat jaringan komputer secara umum di berbagai bidang kehidupan.

12 Manfaat Jaringan Komputer Secara Umum di Berbagai Bidang
12 Manfaat Jaringan Komputer Secara Umum di Berbagai Bidang

Kita pasti sudah mengetahui manfaat jaringan komputer dalam kehidupans sehari-hari. Jaringan komputer sudah menjadi salah satu hal yang paling penting saat ini, entah di itu di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lain-lain. Jangankan jaringan komputer yang hilang, media sosial seperti Facebook atau pun Google saja yang tutup maka dipastikan banyak orang yang akan sulit beradaptasi.

Pengertian Jaringan Komputer


Jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling terhubung menggunakan protokol komunikasi melalui media transmisi tertentu sehingga dapat saling berkomunikasi dan berbagi file.

Secara umum, tujuan jaringan internet adalah untuk membangun komputer yang dapat saling terintegrasi dengan sharing file sesuai dengan kebutuhan.

Untuk membangun sebuah sistem tersebut, kita membutuhkan alat-alat jaringan komputer dengan fungsi masing-masing.

Perkembangan jaringan komputer sampai bisa booming dengan koneksi transfer file dengan kecepatan tinggi dan cakupan wilayah jaringan yang luas menjadi bukti bahwa manfaat jaringan komputer sangatlah banyak.

Sejarah jaringan komputer dimulai sejak tahun 1940-an ketika ditemukan Batch Processing. Namun secara jaringan komputer modern dimulai dari riset ARPANET oleh Departemen Pertahahan Amerika Serikat atau lebih dikenal dengan sebutan DARPA. Sampai akhirnya ditemukannya WWW (World Wide Web) oleh Tim Berners Lee yang merupakan sejarah penting perkembangan internet di dunia.

Sementara sejarah jaringan komputer di Indonesia tidak lepas dari perkembangan internet dan intranet.

Selengkapnya bisa ditemukan di sejarah jaringan komputer lengkap (Dunia dan Indonesia)

Jenis-jenis Jaringan Komputer


Jenis-jenis jaringan komputer dibedakan atas 5 jenis kategori. Mulai dari jenis jaringan komputer berdasarkan area wilayah jangkauannya seperti LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), dan WAN (Wide Area Network) sampai ke jenis-jenis topologi jaringan.

Dalam artikel jaringan komputer di blog Soksimon.com ini, ada 8 jenis topologi jaringan komputer yang dijelaskan secara detail dan rinci. Mulai dari topologi Bus, Star, Mesh, Ring, Tree, Linier, Hybrid dan Peer to Peer.

Selengkapnya bisa ditemukan di jenis-jenis topologi jaringan: pengertian, gambar, kelebihan dan kekurangannya.

Manfaat Jaringan Komputer


Manfaat jaringan komputer secara umum memang sudah banyak dijelaskan. Tapi hari ini saya membuat artikel manfaat jaringan komputer ini untuk catatan dan juga untuk menambah koleksi artikel seputar jaringan komputer.

Apa saja manfaat jaringan komputer?

Berikut manfaat jaringan komputer dan penjelasannya yang harus dipahami.

1. Manfaat Jaringan Komputer Untuk Resource Sharing


Jaringan komputer memungkinkan penggunaan sumberdaya bersama-sama oleh beberapa komputer (Resource Sharing).

Contohnya satu printer dapat diakses 4 sampai 5 komputer dalam suatu jaringan LAN (Local Area Network). Dengan demikian, kita bisa menghemat penggunaan alat-alat komputer seperti Printer yang harganya tidak murah untuk jenis Printer berkualitas.

2. Jaringan Komputer Memiliki Reabilitas Tinggi


Manfaat jaringan komputer memiliki reabilitas yang tinggi artinya komputer yang saling terhubung bisa dimanfaatkan sebagai media penyimpanan data untuk meminimalisir kehilangan data penting.

Kita dapat menyimpan data-data penting di beberapa komputer sehingga ketika satu komputer bermasalah, data-data di komputer lainnya tetap aman.

3. Jaringan Komputer Lebih Hemat Biaya


Penggunaan jaringan komputer lebih murah dan hemat biaya. Dilihat dari peran jaringan komputer di dalam kehidupan sehari-hari memang tidak salah jika dikatakan jaringan komputer lebih hemat biaya.

Komputer yang terhubung ke jaringan komputer dapat saling berkomunikasi dan berbagi file bahkan dalam area yang tidak bisa dijangkau dalam waktu 1 hari perjalanan saja.

4. Jaringan Komputer Menjadikan Komunikasi Lebih Cepat


Kinerja jaringan komputer secara umum internet dari hari ke hari semakin memiliki kinerja yang lebih baik. Jika dulu jaringan komputer bertujuan untuk memudahkan komunikasi, saat ini tujuan jaringan komputer lebih dari itu. Saat ini jaringan komputer lebih ke arah kecepatan transfer data dan akses.

Namun mempersingkat waktu bukanlah fungsi dan manfaat jaringan komputer. Karena waktu tidak dapat dipersingkat dan jaringan komputer hanya berfungsi untuk mengefisienkan waktu.

5. Jaringan Komputer Lebih Aman Untuk Bertukar Data dan Informasi


Manfaat jaringan komputer selanjutnya adalah menjaga data-data lebih aman. Sebagai contoh, jaringan LAN (Local Area Network) yang memiliki koneksi sesama PC di dalam perusahaan lebih aman karena tidak dapat diakses dari luar.

Selain itu, untuk skala global, jaringan komputer lebih aman dalam berkomunikasi jika dibandingkan dengan surat menyurat yang terkadang tidak sampai ke tujuan pengiriman atau pun prosesnya sangat lama.

6. Manfaat Jaringan Komputer di Bidang Bisnis E-Commerce


Dengan jaringan komputer, proses belanja menjadi lebih cepat dan hemat biaya. Kehadiran website-website E-Commerce memungkinkan seseorang untuk berbelanja berbagai produk kebutuhan dalam hidup langsung hanya dengan bermodalkan smartphone dan laptop yang terhubung ke jaringan komputer internet.

Jangankan melalui toko online lokal, belanja dari luar negeri pun dimudahkan dengan hadirnya online shop internasional seperti Aliexpress, Amazon, Alibaba, Ebay dan lain-lain. Dengan toko online internasional tersebut, seseorang yang ingin membeli produk dari Amerika dan China bisa dilakukan di Indonesia.

7. Manfaat Jaringan Komputer di Bidang Sosial


Dengan hadirnya berbagai media sosial, berkirim informasi dan chatting ke orang-orang terdekat sampai orang-orang yang jauh lebih mudah dilakukan.

Mulai dari Facebook, Instagram, sampai WhatsApp, komunikasi dengan keluarga jauh dan tetap membangun relasi yang baik dengan orang-orang yang jauh dan teman lama bisa dilakukan dengan mudah.

8. Manfaat Jaringan Komputer di Bidang Ekonomi Bisnis Online


Kehadiran jaringan komputer telah membuka peluang usaha oleh banyak orang. Di era 21 ini, orang-orang berlomba untuk membangun startup yang selain memberikan banyak manfaat untuk masyarakat juga memberikan manfaat untuk ekonomi negara.

Bukan hanya startup, berbagai bisnis online lainnya juga muncul akibat hadirnya jaringan komputer. Mulai dari menjadi Blogger, Youtuber, Fleelancer, dan berbagai bisnsi online lainnya. Bahkan bisnis-bisnis yang tadinya konvensional berubah menjadi bisnis go online yang melipatgandakan profit.

9. Manfaat Jaringan Komputer di Bidang Forum Diskusi


Jaringan komputer telah membangun social media networking bukan hanya dalam satu lingkup komunitas kecil satu daerah, tapi juga dalam lingkup dunia global.

Dengan jaringan komputer, mereka yang memiliki tujuan yang sama bisa berkomunikasi dengan mudah melalui forum diskusi yang tentu saja menghemat biaya transportasi.

10. Manfaat Jaringan Komputer di Bidang Pariwisata dan Budaya


Sektor wisata menjadi salah satu yang paling beruntung dengan munculnya jaringan komputer. Tempat-tempat wisata yang selama ini seakan-akan terisolir menjadi tempat wisata yang ramai melalui informasi yang cepat beredar di internet.

Selain itu, jaringan komputer juga bisa dimanfaatkan untuk Mmelestarikan budaya. Sejarah budaya-budaya yang selama ini hanya bisa ditemukan di museum-museum dapat didokumentasikan melalui website yang bisa diakses oleh orang-orang dari berbagai penjuru dunia.

11. Manfaat Jaringan Komputer di Bidang Pendidikan


Manfaat jaringan komputer yang terakhir adalah bisa menambah wawasan pengetahuan. Bidang pendidikan juga merupakan bidang yang mendapat banyak perhatian dengan hadirnya jaringan komputer.

Berbagai pelajaran bisa diakses dengan mudah melalui jaringan komputer. Karena itulah, banyak orang yang mengatakan tidak ada alasan untuk bodoh di era 21 ini dimana pengetahuan bisa diperoleh dari mana saja.

12. Manfaat Jaringan Komputer di Bidang Kesehatan


Saat ini, tidak sedikit masyarakat yang bertanya seputar masalah kesehatan dan kecantikan ke Google dari pada dokter spesialis. Hal ini dikarenakan masalah kesehatan dan penyakit yang dialami adalah masalah umum yang bisa diatasi tanpa dokter hanya dengan ramuan herbal dan cara alami.

Selain itu, biaya yang lebih murah, praktis dan dapat dilakukan sendiri membuat pemanfaatan jaringan komputer di bidang ini cukup populer. Dan jangan salah, bukan hanya orang awam di bidang kesehatan yang menyediakan informasi tentang kesehatan di website kesehatan tapi juga dokter-dokter spesialis juga memanfaatkan jaringan internet sebagai ajang promosi, baik untuk pembelian produk, jasa konsultasi maupun praktik langsung.

Namun perlu diingat bahwa informasi di internet harus diperhatikan kebenarannya terutama berkaitan dengan kesehatan dan kecantikan. Karena banyak tutorial di internet yang hanya membahas cara praktis tanpa memperhatikan sebab akibat dan efek yang akan ditimbulkan.

Kerugian Jaringan Komputer


Namun dibalik manfaat jaringan komputer yang sangat menguntungkan tersebut, kita juga tidak bisa buta dengan kerugian yang ditimbulkan oleh jaringan komputer.

Berikut ini adalah kerugian jaringan komputer yang perlu diperhatikan.
  • Jaringan komputer membuat informasi rahasia menjadi rentan menjadi pengetahuan umum oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Bukan hanya berkaitan dengan peretasan oleh hacker tapi apapun yang ditulis di media sosial dan internet menjadi butki yang tidak bisa dihapus begitu saja.
  • Jaringan komputer juga telah membuat ancaman virus komputer lebih nyata. Jika awalnya penyebaran virus hanya melalui koneksi langsung dengan perangkat komputer yang terhubung satu sama lain, saat ini penyebaran virus komputer juga banyak melalui media internet.
  • Dan kerugian jaringan komputer yang benar-benar nyata di era ini adalah dunia hiburan. Hiburan bisa dikatakan menjadi salah satu manfaat jaringan komputer. Namun hal itu bisa berbalik menjadi kerugian ketika jaringan komputer menghambat aktivitas sosialisasi dan juga meningkatkan kemalasan.

    Bahkan banyak meme yang mengatakan bahwa media sosial yang bertujuan untuk tetap terhubung dengan orang-orang yang berjauhan telah menjauhkan orang-orang yang dekat.
Manfaat dan kerugian jaringan komputer adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Karena itu, setiap orang dituntut untuk bijaksana dalam menghadapi perkembangan teknologi terutama internet.

Lihat juga Pengertian Topologi Jaringan Bus Dan Ciri-cirinya

Demikianlah artikel seputar manfaat jaringan komputer di berbagai bidang lengkap dengan kelebihan dan kekurangan jaringan komputer. Semoga bermanfaat!
  June 21, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close